Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi
Sari
Tujuan utama penelitian ini adalah meneliti apa yang membuat perbedaan pada hasil operasional dan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisi beberapa kesenjangan dalam pemahaman kita tentang strategi keuangan yang tersedia bagi perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI dalam subsektor produk perawatan tubuh yang melaporkan laporan keuangan mereka secara berurutan dari tahun 2019 hingga 2023 dengan melihat bagaimana leverage dan ukuran perusahaan memengaruhi nilai perusahaan melalui profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas dapat memediasi hubungan antara nilai perusahaan dan leverage. Profitabilitas juga dapat memediasi hubungan antara nilai perusahaan dan ukuran perusahaan. Ketiga faktor ukuran bisnis, profitabilitas, nilai perusahaan, dan leverage semuanya memiliki hubungan positif satu sama lain.
Kata Kunci: Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI:
Aditya, I., Hasanah, N., Mardi, & Armeliza, D. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia. Jurnal Wahana Akuntansi, 16(2), 124–152. https://doi.org/10.21009/wahana.16.021
Ardiana, E., & Chabachib, M. (2018). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI pada Tahun 2012-2016). Diponegoro Journal of Management, Vol. 7 No. 2, 161–174.
Christian, P. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. 19.
Ghozali, I. (2021). Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS. Universitas Diponegoro.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi: Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Gramedia Pustaka Utama.
Istamarwati, & Djoko Suseno, Y. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. JAMASADA: Journal Of Human Resource Management, Vol. 11 No. 1, 148–162.
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Revisi). PT. Raja Grafindo Persada.
Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftah, M. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 3 No. 1, 30–36.
Sartono. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). BPFE - Yogyakarta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-building Approach (7th ed.). Wiley.
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87 No. 3, 355–374.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8312
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional