Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Minuman Ringan Bersoda Merek Coca – Cola Di Kalianda)

Aldy Yansyah, Saodin Saodin

Sari


Industri minuman ringan menjadi salah satu industri potensial bagi perekonomian negara. Banyaknya jenis minuman ringan yang beredar dipasaran memicu adanya persaingan kompetitif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fenomena yang terjadi pada pangsa pasar produk minuman Coca-Cola yang mengalami peningkatan signifikan pada tahun sebelumnya, sehingga dapat menyaingi produk kemasan bersoda lainnya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fenomena yang terjadi pada pangsa pasar produk minuman Coca-Cola yang mengalami peningkatan signifikan pada tahun sebelumnya, sehingga dapat menyaingi produk kemasan bersoda lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian minuman Coca-Cola, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian minuman Coca-Cola, pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian minuman Coca-Cola dan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Coca-Cola. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 100 responden yang pernah membeli minuman Coca-Cola minimal satu kali. Data diperoleh dengan menyebar angket yang telah disusun secara terstruktur kepada responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berupa Acidental Sampling. Untuk mencari Uji Validitas menggunakan r Product Moment, sedangkan Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan dengan Uji Asumsi Klasik. Metode Analisis yang digunakan untuk menjawab penelitian ini adalah Uji Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi dan Uji Instrumen menggunakan model Uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan maupun parsial antara variabel kualitas produk dan iklan terhadap keputusan pembelian Coca-Cola di Kalianda. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,510 menunjukan bahwa 51% keputusan pembelian sehingga dapat diuraikan pada variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, dan iklan. Sedangkan sisanya 49% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel laiinya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Iklan, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, D. (2014). Aaker On Branding: 20 Principles That Drive Success. PT. Gramedia. Jakarta.

Agung Joko susilo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada Agung Motor, Smki- EconomicVol.01, No.7.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: penerbit Alfabeta.

Armstrong, Kotler (2015). “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition”, England: Pearson Education, Inc. Alma, Buchari 2014.

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grapindo.

Baby vita bonita, Greis M. Sendow, Arrazi Hassan jan. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Indosat IM3 pada PT. Indo Harmoni Manado, jpmanajemendd170645.

Bagong Suyanto dan Sutinah, (2011). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

D.R., Hartono, S., & Istiqomah. (2017). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Probiotik Merek Yakult (Studi Kasus Pada Konsumen Yakult di Kampung Botokan. Pajang Laweyan Surakarta). Fakultas Ekonomi Manajemen, UNIBA, Surakarta.

Fandy Tjiptono, (2018). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian), Yogyakarta: Andi,

Ferdyanto Fure, Joyke Lapian, Rita Taroreh. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. J.CO Manado, vol.3, No.1.

Fure, F., Lapian, J., & Taroreh, R. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di J.CO Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3 No: 1.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.

Imantoro, F., Suharyono & Sunarti. (2018). Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mie Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 57 No.1 April.

J. Paul Peter & jerry c. Olson (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga.

Kotler dan Keller, (2019). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketig, 17th Edition. England: Pearson.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle of Marketing, 15th Edition.New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Managament, 16th Edition, Pearson Prentice Hall Published, New Jersey.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Manajemen 15. New Jersey: Perarson.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. (2011). Advertising Edisi 8. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Negara, A.A., Arifin, Z., & Nuralam, I.P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei pada Pembeli di Gerai Starbucks di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 61 No: 2.

Philip Kotler and Gery Amstrong, (2018). Principles of Marketing, 14 th ed., New Jersey: Prentice-Hall Published.

Prajati, Galih. (2013). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Sabun Wajah Merek Pond’s White Beauty (Studi Kasus Pada Mahasiswi Administrasi Bisnis Polsri). Palembang: Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Priccila Natalia dan Mumuh Mulyana. (2014). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 2 No. 2, 2014 pp. 119-128 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7860.

Priyanto, Duwi. (2017). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Jakarta, Penerbit Andi.

Purnomo, T (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Herbalife di Surabaya. Agora, Vol 6. No: 1, (2018) 17.

Redi Panuju, (2019). Komunikasi Pemasaran, Surabaya: Prenamedia Group.

Rendra Widyatama, (2017). Pengantar Periklanan, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Rhenald Kasali, (2017). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rofiq, A & Hufrom, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Powernoise Store (Studi Kasus Pada Konsumen Powernoise Store Malang). e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Siti Nurhayati. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta, Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 2, sep. 2017. ISSN 2252-5483.

Suparyanto & Rosad. (2015). Manajamen Pemasaran. IN MEDIA: Bogor.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapaan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. Ph.D. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi.

Wijayanti, Titik. (2017). Marketing Plan dalam Bisnis (Third Edition). Elex Media Komputindo.

Zulaicha, S & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Bata. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter