Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Dan Amenitas Terhadap Minat Berkunjung Pada Pantai Sanggar Kalianda Lampung Selatan

Helsy Erlinda, Tamam Tamam

Sari


Sektor pariwisata di Indonesia memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pantai Sanggar di Lampung Selatan merupakan salah satu destinasi wisata dengan potensi besar, didukung oleh keindahan alam, aksesibilitas yang mudah, dan berbagai fasilitas pendukung. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh atraksi, aksesibilitas, dan amenitas terhadap minat berkunjung kembali ke Pantai Sanggar, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi penelitian adalah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sanggar, dengan sampel sebanyak 112 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atraksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dengan nilai thitung = 2,811 > ttabel = 1,65882. Aksesibilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dengan nilai thitung = 3,380 > ttabel = 1,65882., Amenitas terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dengan nilai thitung = 3,063 > ttabel = 1,65882. Secara simultan, ketiga variabel (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dengan nilai Fhitung = 22,252 > Ftabel = 2,69. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas memiliki dampak signifikan terhadap minat berkunjung kembali pada Pada Pantai Sanggar Kalianda Lampung Selatan, baik secara parsial maupun simultan.Temuan ini memberikan wawasan bagi pengelola destinasi wisata untuk meningkatkan Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas demi mendorong wisatawan untuk kembali berkunjung.

Kata Kunci : Minat berkunjung kembali, Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas.

                        


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrariladchi, H., & Adiwibiwo, B. (2018). Pengembangan Strategi Public Relations Menggunakan Pendekatan Marketing Mix dan Sostac terhadap Produk Pariwisata. Inter Komunika, vol. 3, no. 2, 2018, 219-229.

Aprilicia, N. N., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Attraction, Accessibility And Service Terhadap Interest To Visit Dan Dampaknya Terhadap Visiting Decision Pada Mall Plaza Mulia Samarinda. Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention, and event Management Vol 4 No 2.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Camilleri, M. A. (2018). The Tourism Industry: An Overview. In Travel Marketing. Tourism Economics and the Airline Product , (Chapter 1, pp. 3-27).

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Firmansyah, A. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2013). Multivariate Data Analysis Seventh Edition. England: Pearson.

Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Irawan, M., Sayekti, L., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pasa Wisata Wego Lamongan. Ecopreneur, 122-131.

Isdarmanto. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.

Khotimah, K., & Astuti, P. (2022). Pengaruh Aksesibilitas dan physical Evidence Terhadap Revisit Intention Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Bocor Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali.

Kotler, P., & Keller, L. (2017). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Pretice Hall, Inc.

Laing, H., Kuntariati, U., & Estikowati. (2022). Pengaruh Atraksi Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang Kabupaten Malinau Kalimantan Utara. Jurnal Tesla: Perhotelan -Destinasi Wisata -Perjalanan Wisata, 1-6.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Magribi, L., & Suhardjo, A. (2004). Aksesibilitas dan Pengaruhnya terhadap Pembangunan di Perdesaan: Konsep Model Sustainable Accessibility Pada Kawasan Perdesaan Di Propinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Transportasi, 151.

Manaroinsong, J. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Ekonomi dan Bisnis. Tondano: CV R.A.DE.Rozarie.

Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjun Wisata Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Ilmu Manajemen, 1151-1160.

Miarsih, G., & Anwani. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Religi MAsjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Jorunal of Tourism and Economic, 120.

Muchtar, S. A. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Muksin, I. K. (2016). Daya Tarik Wisata (Vol.4, Issue1). Denpasar: Universitas Udayana.

Muzaki, F. (2019). Pengaruh Pendapatan dan Tingkat Harga Jual Produk Terhadap Daya Beli Masyarakat Muslim ( Pada UD Santoso di Klaten Desa Tegalrejo Kec. Rejotangan Kab. Tulung Agung. 40=41.

Nabila, A., & Widiyastuti , D. (2018). Kajian Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas untuk Pengembangan Pariwisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Nasution, & Rahma, L. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Kota Berastagi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Nasution, A. (2003). Perencanaan dan Pengendalian Prodksi. Jakarta: Gamawidya.

Nuraeni, B. S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi.

Nurbaeti, Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora , 269-278.

Pasaribu, A., & Ismayuni, T. (2023). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Taman Eden 100. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Pendit, N. S. (2002). Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramitha.

Qodriyah, H., Kusumawardhani, W., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Ektikowati. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Harga, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Malang Smart Arena. Jurnal Dharmawangsa, 752-762.

Rahantoknam, S., Tondobala, L., & Taror, R. c. (n.d.). Pemanfaatan Ruang Para Pedagang di Pasar Tradisional Bahu, Manado dan Pengaruhnya terhadap Kondisi Aksesibilitas Kawasan. Manado: , Universitas sam Ratulangi Manad.

Rossadi, L., & Widayati, E. (2018). Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal Of Tourism And Economic.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Saway, W. V., Alviana, S., Estikowati, & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Pariwisata Budaya. Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya, 1-8.

Setyowati, H., & Liliyan, A. (2022). Pengaruh E-WOM, Fasilitas, Daya Tarik Wisata, dan Harga terhadap Minat Berkunjung Taman Satwa Taru Jurug. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 24-31.

Soewarni, I., Sari, N., Santosa, E., & Gai, A. (2019). Dampak Perkembangan Pariwisata terhadap Ekonomi Masyarakat di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji – Kota Batu. Jurnal Planoearth, 52-57.

Stanton, W. J. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernsasi, 165-182.

Sudarmanto, E., Sari, D., Tjahjana, D., & Wibowo, E. (2021). Manajemen Konflik. Makassar: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Bandung: ALFABETA.

Sumarwan. (2014). Perilaku Konsumen. Ghaila Indonesia.

Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 46-56.

Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 592-605.

Suwena, I., & Widyatama, I. (2010). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana University Press.

Winarno. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews edisi 4. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Witt, S., & Moutinho, L. (1994). Tourism Marketing and Management Handbook. University of Wisconsin - Madison: Prentice Hall.

Yazid. (2008). Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.

Yoeti, A. O. (2008). Ekonomi Pariwisata. Kompas Media Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8346

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter