Pengaruh Brand Image dalam Memediasi Product Quality dan Quality Service terhadap Minat Beli (Studi Kasus Kopi Deplok Bu Asih di Sidomukti Gresik)
Sari
Tingginya konsumsi kopi ini turut mendorong keberlanjutan sejumlah produsen kopi lokal yang mampu bersaing di pasar. Stakeholder atau konsumen kopi tersebut dapat diperoleh dari minat beli konsumen yang meningkat dari tahun ke tahun, sehingga perlu strategi penjualan untuk meningkatkan brand image serta kualitas produk. Maka dari itu, tujuan daripada penelitian ini ialah ingin mengetahui pengaruh brand image dalam memediasi produk quality dan service quality terhadap minat beli, yang mana dilakukan studi kasus di Kopi Deplok Bu Asih, Sidomukti, Gresik. Penggunaan metode dalam penelitian yakni menerapkan metode kuantitatif dengan jenis penelitian metode korelasional, menggunakan metode Particial Least Square (PLS), diketahui jumlah responden akhir adalah 96 responden. Dapat dilihat dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa brand image tidak berpengaruh terhadap minat beli, product quality berpengaruh positif terhadap brand image, product quality berpengaruh positif terhadap minat beli, quality service tidak berpengaruh terhadap brand image, quality service berpengaruh positif terhadap minat beli, product quality tidak berpengaruh terhadap minat beli melalui brand image sebagai variabel intervening dan quality service tidak berpengaruh terhadap minat beli melalui brand image sebagai variabel intervening.
Kata Kunci: Brand Image, Product Quality, Quality Service, Minat Beli.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahyar, Hardani, and Dhika Juliana Sukmana. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif SERI BUKU HASIL PENELITIAN View Project Seri Buku Ajar View Project.
Cahyani, Indah Eka. 2024. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Konsumen Produk Kosmetik Wardah).” IAIN Salatiga.
Hermawan, Sigit, and M. Si Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif.
Japarianto, E., & Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention to Buy Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–9.
Jufrizen, J., R. Daulany, M. Sari, and M. I. Nasution. 2020. “Model Empiris Peningkatan Kepuasan Dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram.” Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen 10.
Lukitaningsih, Ambar, Nonik Kusuma Ningrum, and Farid Alif Muttaqin. 2023. “Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere, Product Quality Dan Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pelanggan Mie Gacoan Yogyakarta).” Ekonomis: Journal of Economics and Business 7.
Melinda, Veny, Nyimas Artina, and Retno Budi Lestari. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Brand Ambassador, Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Nature Republic Di Kota Palembang.
Parsini, Ni Made, Ida ayu Sugianingrat, and Komang Ary Pratiwi. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Restoran The Little Korean Kitchen Di Munggu, Badung.” Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata 4.
Santika, Ketut Joni, and Kastawan Mandala. 2019. “Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang.” E-Jurnal Manajemen 8.
Schiffman, L., and L. Kanuk. 2018. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Suchita, Natasya, Zulkarnain, and Edyanus Halim. 2024. “Analisis Kualitas Produk, Citra Merek Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Brand Skincare Somethnic Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Economica 12.
Simanjuntak, Gerry Mogan. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Perceived Price, Dan Branding Image Terhadap Niat Beli Konsumen TV Dari Jepang Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syari’ah 6.
Teressa, Benedicta, Jovita Intan Lukito, Adriana Aprilia, and Fransisca Andreani. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya”.
Wanda, Eva, and Hari Susanto. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko LAriez48 Di Sampit.” E-Journal Profit.
Yonatan, Agnes Z. 2024. “Survei GoodStats: Kopi Jadi Bagian Dari Kehidupan Masyarakat Indonesia.” Retrieved November 16, 2024 (https://goodstats.id/article/survei-goodstats-kopi-jadi-bagian-dari-kehidupan-masyarakat-indonesia-D5iBT).
Zikri, Ahmad, and Muhammad Ikhsan Harahap. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera.” Jurnal Ilmu Komputer 2:923–26.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8353
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional