Pengaruh Harga Terhadap Tingkat Penjualan Pada Apotek Wisna Di Kota Gunungsitoli
Sari
Penelitian ini dilaksanakan pada Apotek Wisna di Kota Gunungsitoli. Peneliti menemukan tingginya harga pada Apotek Wisna dibandingkan para persaing, hal ini berdampak terhadap penurunan tingkat penjualan yang dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga terhadap tingkat penjualan dan seberapa besar harga mempengaruhi tingkat penjualan pada Apotek Wisna. Metode peelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan penyebaran kuisioner dengan menggunakan 70 orang konsumen Apotek Wisna sebagai responden. Dari hasil pengujian data menggunakan aplikasi SPSS versi 26, berdasarkan uji koefisien determinan menujukan bahwa variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y sebesar 0,089. Berdasarkan uji t menunjukan Harga (X) memiliki t-hitung sebesar 2,571 > t-tabel sebesar 1,668 dan pada tingkat signifikan sebesar 0,012 < 0,05. Sehingga diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak Ha diterima.
Kata Kunci: Harga, Tingkat Penjualan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agusri. (2019). Pengaruh harga terhadap volume penjualan pada Mebel Sinar Barokah Tanjung Karangan Kabupaten Muara Enim. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(3), 192-203.
Akbar, M., & Ahsanu, N. (2021). Pengaruh strategi bersaing terhadap tingkat volume penjualan sparepart pada PT. Morita Tjokro Gearindo di Jakarta. Jurnal Abiwara, 2(2), 41-48.
Aries Veronica, E., Ernawati, R., Muhamad Abas, M.Kes, Yusriani, D., & Hadawiah, N. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Cahyono, Y., Suryani, P., & Yanti, A. J. (2023). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian motor Honda Scoopy di Dealer Wahana Cisoka Kabupaten Tangerang. Journal Intelektual, 2(1), 94-102.
Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.
Fahmeyzan, D., Siti, S., & Desventri, E. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro Desa Senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosis. Jurnal VARIAN, 2(1), 31-36.
Firdausya, F. A., & Indawati, R. (2023). Perbandingan uji Glejser dan uji Park dalam mendeteksi heteroskedastisitas pada angka kematian ibu di Provinsi Jawa Timur tahun 2020. Jurnal NERS, 7(1), 793-796.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Gaghana, C. N., et al. (2017). Pengaruh harga terhadap peningkatan penjualan produk semen Tiga Roda pada PT. Robcaga Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. E-Jurnal Universitas Sam Ratulangi.
Grace, M., et al. (2021). Strategi pemasaran: Konsep, teori dan implementasi. Tangerang Selatan: Pascalbook.
Gunawan, A. (2023). Hubungan persediaan dengan penjualan pada laporan keuangan Koperasi Bukit Muria Jaya tahun 2021-2022. Jurnal Pengembangan Bisnis dan Manajemen, 23(43), 95-109.
Handayani, V. A., & Haryanto, Y. D. (2022). Penerapan aplikasi uji hipotesis (One-Tail dan Two-Tail) pada data simulasi. Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 3(2), 168-174.
Haribowo, R. (2022). Analisis pengaruh brand image dan celebrity endorser terhadap purchase decision produk bakery Bittersweet by Najla. Management, 3(October), 3220-3230. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/1170
Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Iskandar. (2018). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: GP Press.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 2, Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Jilid 1, Edisi ke-12). Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyani, S. R. (2021). Metodologi Penelitian. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Neisia, T. C., et al. (2018). Pengaruh harga terhadap penjualan produk motor Yamaha Mio pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 35-45.
Novitasari, D., & Samari. (2021). Upaya peningkatan volume penjualan di masa pandemi Covid-19 melalui optimalisasi promosi, harga, dan saluran distribusi pada Pusat Oleholeh Gudange Tahu Takwa. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 6(1), 55-63.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Surabaya: ISBN Media Sahabat.
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Ritonga, W. (2020). Pemasaran. Jakarta: PT. Muara Karya (IKAPI).
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia (IKAPI).
Saputra, F., & Isnain, A. R. (2023). Rancang bangun sistem informasi pengelolaan data alumni di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 60-66.
Sembiring, T. B. R., et al. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik). Karawang: CV Saba Jaya Publisher.
Sinaga, D. (2022). Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif. Jakarta: UKI PRESS.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyono, W., & Haryanto, Y. D. (2023). Uji verifikasi data permukaan dan indeks udara atas hasil model WRF dengan data observasi stasiun meteorologi Sultan Hasanuddin (Studi Kasus: 6 Desember 2021). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 10–22.
Swastha, B. (2020). Manajemen Penjualan (Ketiga). BPFE-Yogyakarta.
Syahbudin, R., Tinneke T., & Anneke P. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Umah Duren Cabang Ahmad Yani. Jurnal Productivity, 4(6), 717-723.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ANDI: Yogyakarta.
Watulingas, D. P., B. H. J., & Yunita M. (2022). Pengaruh brand image, brand trust dan price terhadap keputusan pembelian konsumen Maybelline di Gerai Mantos 2 Manado. Jurnal EMBA, 10(4), 659-670.
Wulandari, F., & Heriyanta B. U. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan membeli handphone Realme di Matahari Singosaren. Journal of Business and Management, 7(1), 88-97.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8356
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional