Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumsen Di Toko Baju Padang Sei Berombang Labuhanbatu

Dedek Atika Putri, Basyarul Ulya, Jeni Sukmal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Baju Padang Sei Berombang, Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei dan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk yang baik dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, sedangkan pelayanan yang baik dapat menciptakan pengalaman positif yang meningkatkan loyalitas dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi strategi pemasaran di toko retail dan merekomendasikan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan demi mempertahankan kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Toko Baju, Survei.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, A., & Anggriani, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(4), 378860.

Agnes, B., Trisnawati, N., & Pradipta, A. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Serta Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine di Tiktokshop. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 152-159.

Ananto, R., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Purna Jual Lampu Merk Hori Terhadap Keputusan Pembelian PT. Fokus Dayautama Di Jakarta Timur. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 2720-2729.

Andika, R., Kusnadi, E., & Wiryaningtyas, D. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Sembako Barokah Dibesuki Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(4), 692-712.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224.

Christine, C. E., Fitriano, A., Halim, R., & Steven, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Karya Furnindo Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 1002-1010.

Girsang, L. R., & Ilona, V. O. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Kopi Starbuck Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(1), 338-348.

Khusna, N. F., Fadilah, M. R., Herlangga, D., & Farhan, M. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Komunikasi Antar Konsumen, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Parfum Vitalis Di Cikarang. Jisosepol: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 168-175.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Lini, N., Efendi, B., Purwanto, H., & Yudianto, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(2), 23-30.

Maryati, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Napitu, R., Sriwiyanti, E., & Munthe, R. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Miyukie Florist Pematangsiantar. Jurnal Ekonomi Integra, 12(2), 154-165.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Pertiwi, H. A., Jaelani, J., Susilowati, H., & Hargyatni, T. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Soga (Studi Pada Kampung Batik Laweyan Surakarta). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 18(1), 1191-1203.

Purnama, O. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop “Gula Kopi”. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 8(3), 281-293.

Putri, S. D. A., Anggraeni, S., & Agustin, E. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Donsu (Donat Susu) Cibaduyut. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 5(1), 190-202.

Rukmana, M., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Convenience Goods Pada Konsumen Swalayan Kud Pakis. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(03).

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, store atmosphere, dan e-wom terhadap proses keputusan pembelian (survei terhadap konsumen zenbu-house of mozaru paris van java, bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148-158.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Pearson Prentice Hall.

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Situmorang, E. D. B., Gultom, R., Nadapdap, K., & Sihite, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Amanda Brownies. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 6(1), 38-49.

Solomon, M. R. (2018). Consumer behavior: Buying, having, and being (12th ed.). Pearson Education.

Yunefa, A., & Sabardini, S. E. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan iklan terhadap keputusan pembelian produk lipstik Emina di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter