Peranan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Toko Regaku

Emanuel Michael Bayudhirgantara, Arif Hidayat

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk di Toko Regaku. Strategi pemasaran merupakan kunci terpenting untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan awareness terhadap produk yang ditawarkan dalam konteks bisnis ritel yang semakin kompleks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dalam rangka penerapan strategi pemasaran di Toko Regaku. Tinjauan literatur mencakup konsep dasar strategi pemasaran, peran strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Untuk menggambarkan dampak strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan, metodologi penelitian meliputi desain penelitian survei dan analisis data kualitatif. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas strategi pemasaran Toko Regaku, rekomendasi praktis bagi pemilik bisnis, dan kontribusi teoretis terhadap pengembangan konsep pemasaran. Implikasi dari temuan ini dapat membantu Toko Regaku dan bisnis serupa lainnya mengoptimalkan strategi pemasaran mereka bersaing secara global, dan memperkuat hubungan konsumen.

Kata Kunci : Strategi pemasaran, penjualan produk, dampak strategi pemasaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Staregy). Dalam Manajemen Pemasaran.

Hariyadi, W., Paramarta, W. A., Septiani, S., Putera, D. A., Rahmat, T., Haerany, A., Rukmana, A. Y., Schouten, F. S., Hidayat, A., Bayudhirgantara, E. M., Patimah, T., Laswitarni, N. K., Sidjabat, S., & Sunarno, N. (2023). Manajemen sumber daya manusia (SDM) strategik. Get Press.

Hazmi, H., Hidayat, A., & Ekawati, R. (2024). Kepuasan pelanggan di Kedai Torang Galaxy Bekasi. YUME: Journal of Management, 7(3), 616-626.

Hidayat, A., & Bayudhirgantara, E. M. (2023). Pengaruh manajemen sumber daya manusia Tridharma perguruan tinggi terhadap peningkatan mutu dosen PTS. Journal on Education, 6(1), 5070-5086.

Hidayat, A., Rustomo, R., & Tohari, T. (2024). Pengaruh promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sarana Tani Indonesia Makmur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5149-5155.

Jamaludin, M., Haikal, F., Dahliana, D., Sari, M., Alipia, H. P., Dewi, A. P., Wulandari, I., Herwati, R., WD, P., Noor, M., & Aldi, M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Kerupuk Udang Masyarakat Desa Sei Ijum Raya. Media Abdimas, 1(3). https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v1i3.2575

Larasati, A., Yana, Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk ayana store pati. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4).

M. Anang Firmansyah. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Dalam Buku Pemasaran Produk dan Merek (Nomor August).

Manggu, B., & Beni, S. (2021). analisis penerapan segmentasi, targeting, positioning (stp) dan promosi pemasaran sebagai solusi meningkatkan perkembangan umkm kota bengkayang. Sebatik, 25(1). https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., & Firmansyah, H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Dalam Insania (Nomor September).

Sendi, M., & Vuspitasari, B. K. (2021). strategi promosi dalam meningkatkan penjualan produk maria snack. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2). https://doi.org/10.46229/b.e.e..v3i2.321

Wardhana, A. (2022). Strategi Digital Marketing. Dalam Strategi Digital Marketing (Nomor February).

Yhuli. (2022). Strategi Marketing Online. Dalam Website Marketing SEO.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.8364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter