Urgensi Pelatihan Kepemimpinan Kepala Sekolah Perspektif Permendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021

Christian Yasaro Gea, Ayler Beniah Ndraha, Yamolala Zega, Aferiaman Telaumbanua

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pelatihan kepemimpinan kepala sekolah dalam perspektif Permendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SD Negeri 078440 Lolomboli, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pengelolaan sumber daya manusia, sarana prasarana, serta pembinaan guru. Namun, terdapat berbagai kendala dalam implementasi pelatihan kepemimpinan, seperti keterbatasan akses terhadap pelatihan, kurangnya dukungan infrastruktur, serta minimnya evaluasi pasca-pelatihan. Pelatihan yang efektif terbukti meningkatkan motivasi dan kompetensi guru serta menciptakan lingkungan akademik yang lebih kondusif. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan efektivitas pelatihan kepemimpinan yang mencakup akses digital, pendampingan berkelanjutan, serta kebijakan yang lebih mendukung. Kesimpulannya, pelatihan kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor kunci dalam menciptakan pendidikan berkualitas dan berkelanjutan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH.

Afif, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa.

Agustian. (2016). Profil Kepala Sekolah.

AGUSTIAN, I., SAPUTRA, H. E., & IMANDA, A. (2019). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJAMEN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI PT. JASARAHARJA PUTRA CABANG BENGKULU.

Agustian, S. (2022). Kebijakan Pendidikan Dasar Perspektif Karakteristik Peserta Didik.

Alaslan, A., Hasan, L., Sari, M. W., Sari, V. N., Mahaly, S., Amane, A. P. O., Ningsih, D. A. W. S., Sukma, M., Hartati, Rismanto, D., Ilhami, S. D., & Mardika, N. H. (2023). KEPEMIMPINAN. CV. Gita Lentera.

Anam, C. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening.

Anggraini, M., Samosir, F. S., & Nihaya, W. (2022). Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Sekolah (Melalui Kajian Teori-teori Kepemimpinan yang Sesuai Diterapkan untuk Sekolah). Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.61253/abdicendekia.v1i1.30

APRIYANTI, dkk. (2019). MASYARAKAT KEMBANG SERI KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH.

Ariani, D. (2023). Manajemen Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam di SMA Negeri Hamparan Pera.

Arif, Sukuryadi, & Fatimaturrahmi. (2017). PENGARUH KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT.

Asri, Sasongko, R. N., & Connie. (2022). REALITA PENGANGKATAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA.

Aufa, N. D. N., Aisyah, A., & Lestari, D. (2023). Relevansi Pelatihan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan.

Aufa, N. D. N., & Lestari, D. (2023). Relevansi Pelatihan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan.

Ayudia, I., Darwiyanti, A., Dumiyati, Purnomo, D., Herlina, Hamda, E. F., Rosyid, A., Azizah, H. N., Suyuti, Heriansyah, Sampe, F., Susilowaty, N., Soleah, S., & Rafli, M. F. (2022). Manajemen Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Babullah, R., Istikhori, Neneng, Natadireja, U., & Nurafifah, S. (2024). Urgensi Kepemimpinan yang Unggul Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.

Bakti, H. E., & Ar, H. (2016). KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.

Cahya, A. D., Ramahdani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Cahyono, B. T. (2021). Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur | Cahyono | EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1586/pdf

Dikbud, A. (2022, Juni 9). PERMENDIKBUD RISTEK NOMOR 40 TAHUN 2021 TENTANG PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH. DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. https://dindikbud.demakkab.go.id/index.php/2022/06/09/permendikbud-ristek-nomor-40-tahun-2021-tentang-penugasan-guru-sebagai-kepala-sekolah/

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep dasar kebijakan pendidikan.

Ghazali, I., Wibawa, Z. T., Fauzi, M. L. N., & Anggraini, S. N. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN.

Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SUATU KAJIAN LITERATUR REVIEW ILMU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA.

Habibi, S. (2020). Manajemen strategi dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan perguruan tinggi.

Hanim, Z., sari, D. septiana, & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatka efektivitas Kinerja Guru.

Hartati, S., & Murtafiah, N. H. (2022). Pelatihan dan Pengembangan Sumber daya Manusia Dalam Lembaga pendidikan Islam.

Hartono, H. D. (2020). Urgensi Kepemimpinan Inovatif.

Helmy, Z., & Jamil, A. S. (2020). Restrukturisasi Sistem Pelatihan Kepemimpinan dalam Membentuk Calon Pemimpin Masa Depan: Pendekatan Studi Literatur.

Husaini, & Fitria Happy. (2019). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.

IRFAN. (2019). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SDIT BAITURRAHMAN BUNTOK.

Israpil. (2018). KUALITAS TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH DI KOTA BAU BAU SULAWESI TENGGARA.

Kumara, I. W. S. E., & Utama, I. W. M. (2016). PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MEDIASI KEPEMIMPINAN PADA HOTEL SATRIYA COTTAGES KUTA-BALI.

Lestari, S. (2016). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI SISWA.

Mahirun, Suryani, & Nasution, N. B. (2021). Kepemimpinan Trnasformastif Sebagai Model pengembangan sumber daya manusia yang kreatif.

Margo, F., & Rukmana, M. (2023). Manajemen Sekolah. Selat Media.

Maryono. (2015). SISTEM REKRUITMEN, SELEKSI, PENEMPATAN DAN PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH.

Maulana, A. (2022). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Jasa.

Muhammadiyah, M., Pramono, S. A., Ramli, A., & Leuwol, F. S. (2023). Pelatihan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga.

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938

Nabilla, C., & Listiani, T. (2023). Analisis kebutuhan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kota Bandung.

Nelly, Nasrah, S., & Simaremare, A. (2023). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (STUDI KEPUSTAKAAN) Nelly1 , Sayni Nasrah2.

NITARAMADANI. (2016). Makalah Kepemimpinan | PDF. https://id.scribd.com/document/325419844/makalah-kepemimpinan

Nugroho, Y. A. B. (2019). PELATIHAN DAN PENGEMABNGAN SDM.

Nuraindah, N., Sufianti, E., & DRP, A. (2024). Evaluasi Efektivitas pelatihan.

Nurwanda, A., & Badriah, E. (2020). ANALISIS PROGRAM INOVASI DESA DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL OLEH TIM PELAKSANA INOVASI DESA (PID) DI DESA BANGUNHARJA KABUPATEN CIAMIS.

Parawu, H. E. (2020). MENILIK URGENSI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KINERJA APARATUR KECAMATAN.

Pratiwi, D., Putra, S., Darwiyanti Yunitasari Agwin, Nansi Wencislaus Sirjon, Saptadi, N. T. S., Purwana Blasius Perang Rudi, Bulan, A., Atin, W. N. S., Missouri, R., Leda, K. R. J., Mudatsir, Maulani, R. S. N. G., & Alwi, M. (2024). Kebijakan Pendidikan.

Pratiwi, I. (2017). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CALL DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI. 1.

Prihantini, Kadiyo, Sariani, N., Rahayu, R., Hilir, A., Sofyan, Winarti, P., Indrawati, Sofa, M., Anwari, A. M., Muhibullah, M., & Dalimunthe, B. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH: Dalam Pembinaan Nilai, Moral dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik. EDU PUBLISHER.

Puspita, S., & Nurhalim, A. D. (2021). Pentingnya Analisis Kebutuhan Pelatihan Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam organisasi.

R, A. H. A., Yaqin, M. A., & Rahman, K. N. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Sekolh.

Rahmadani. (2021). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU.

Rasyad, A. (2021). MODEL TATA KELOLA PELATIHAN YANG EFEKTIF BERBASIS PENDEKATAN FLEKSIBILITAS, KOLABORATIF, DAN PARTISIPATIF.

Rifa’i, A., & Fachruddin, I. (2024). Jurnal Interaksi Vol.01No.01Tahun 2024| 87IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN,KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGIREPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2021TENTANG PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH.

Rohmah, S. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI SMA BIMA AMBULU JEMBER.

Sabariah, Rahmah, N., Gunawan, W., Rahmi, A., & Danu, R. (2024). ANALISIS PERAN KPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KEPUASAN KINERJA GURU.

Safrijal, & Thahura, F. (2023). Kepemimpinan Dalam Pendidikan.

Said, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah.

Saleh, S., & Rifa’i, M. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS AL MANAR TEMBUNG.

Samsu. (2021). Dalam METODE PENELITIAN (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methodos, serta Reserch & Development).

Sevenlight. (2024). Pentingnya Program Penguatan Madrasah Melalui Pelatihan. balitbang.go.id. http://bdkpalembang.kemenag.go.id/artikel/pentingnya-program-penguatan-madrasah-melalui-pelatihan

Sihombing, P., & Verawati, D. M. (2020). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS PD BPR BANK BAPAS 69 MAGELANG).

Soesilo, T. T. (2022, Januari 6). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. BPMP Kalimantan Timur. https://bpmpkaltim.kemdikbud.go.id/2022/01/peraturan-menteri-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi-nomor-40-tahun-2021-tentang-penugasan-guru-sebagai-kepala-sekolah/

Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building).

Sulistyowati, Rahmad, Gofur, A., Jasiah, Syabrina, M., Syar, N. I., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Implentasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya.

Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekola dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam.

Susanti, E. (2023). “Pengangkatan Guru Menjadi Kepala Sekolah: Peraturan dan Persyaratan Terbaru.” https://bpmpbengkulu.kemdikbud.go.id/pengangkatan-guru-menjadi-kepala-sekolah-peraturan-dan-persyaratan-terbaru.

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana.

Trivaika, E., & Subekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android.

Utomo. (2023). Pentingnya Manajemen Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar.

Wahyudi. (2021). Analisis Implementasi Permendikbud No. 6 Tahun 2018 Tentang Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Wulandari, M., Mulyadi, D., & Sungkono. (2024). Analisis Penerapan Metode Pelatihan dan Pengemabangan Karyawan Untuk Menignkatakan Kompetemsi Pegawai DPMPTSP Karawang.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8368

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter