Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador Iklan Produk Pantene Oleh Keanu AGL Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Masyarakat Cibitung-Wanasari Kp. Selang Cau Rt.002/Rw 013)

Nelsyah Nurfadilah Rahayu, Rani Ramdayani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand image dan Brand Ambassador terhadap minat beli konsumen produk pantene di kp. Selang cau wanasari cibitung. Minat beli sebagai kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan keputusan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini data primer yaitu dengan menyebarkan kuisoner melalui google dari dengan sampel sebanyak 92 responden. Kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 26.Berdasarkan hasil uji analisis regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien citra merek sebesar 0,448, koefisien duta merek sebesar 0,605 Dari hasil penelitian variabel citra merek dan duta merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen produk pantene di kp. Selang cau wanasari cibitung.

 

Kata Kunci: Brand image;Brand ambassador; Minat beli konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A, P., & MM, C. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand image Terhadap Keputusan. Manajemen, 12(1), 12.

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Aguilika, D. (2022). Pengaruh Iklan, Brand image dan Brand Ambassador terhadap Minat Beli Konsumen Shopee. 8(2), 1–7.

Agustina, G. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia ( Studi Kasus Mahasiswa Stie Stan Im Bandung ). Jurnal Manajemen STIE STAN – Indonesia Mandiri.

Andriani, N. (2023). Manajemen Merek Strategi dan Pengembangannya. Pubarlingga : Eureka Media Aksara, 1–61.

Diki Abdul, H. and W. S. E. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Thai Tea di Uky Tea Bandung. (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis)., i, 16–45.

Fahira Muhammad, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Skin Care Pada Klinik Kecantikan Ms Glow Bekasi. Metode Penelitian, 32–41. http://repository.stei.ac.id/5410/

GHOZALI. (n.d.). Menurut Ghozali (2013:94).

GOOD, G. (2015). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April), 30–51.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Lestari, V. W., & Nurhadi. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia di Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.35797/jab.13.1.9-16

Liendy, E. J. (2022). Pengaruh Brand image Dan Online Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen KOI Thé Sunter Mall. New Scientist, 165(2229), 57.

M Mariani. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

MAYRA, G. (2013). Rangkuman Bab Satu Sampai Delapan Buku Manajemen Pemasaran Philip Kotler Dan Kevin Lane Keller. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Moh.Heru Budi santoso, & Fani Diah Anggraini. (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Masker Mouson Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Student Research, 1(1), 414–422. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1073

N Hidayat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli ( Studi Kasus Pada Smartphone Samsung Di Neo Komunika). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 1–7. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/download/507/337

Nevilia, K. R., Kusuma, I. G. N. A. E. T., & Atmaja, N. P. C. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand image, dan brand Trust terhadap Minat Beli pada Coffeshop Ruang Bebas Kopi di Denpasar. Values, 4, 115–130.

Nofitasari, V., Sutarjo, A., & Sunreni. (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Promosi Penjualan, Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli. Jurnal Matua, 5(3), 150–161.

Pangestu, Y. E., Darmawan, A., & ... (2022). Pengaruh Digital Skill Terhadap Keamanan Data (Studi Kasus Pada Kepala Keluarga Di Gunung Anyar Jaya Tengah RT 007/RW 004 Kota Surabaya). … Nasional Hasil Skripsi, 3–7. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/download/1010/475

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Raudah, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Mental Accounting pada Remaja di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 130–141.

Sasambe, G., Massie, J. D. D., & Rogi, M. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Freshmart Superstore Bahu Manado Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Covid19 (Studi Pada Konsumen Freshmart Superstore Bahu Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 186–195. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.48358

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 3(1), 4.

Sulistyawati, B. S., Nur Istiqomah, F., Mustofa, H., Diski, K. M., Viana, N., Melati, S., & Rahadhini, D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Wardah Cosmetics Surakarta. Jambura, 6(2), 770–778. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Susanti, I., & Handayati, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Batik Jetis Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 842. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2748

Teddy, A., Dinda, A., & Zuliestiana, S. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung the Influence of Brand image, Price, and Product Quality on Purchase Decisions Through Gofood Application in Bandung City. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.

Wulandary, A. F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Niat Beli BTS Meal Kelapa Gading Jakarta Utara dengan Viral Marketing sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.968

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Zainuddin Iba, A. W. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pd




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter