Pengaruh Fasilitas Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Agrowisata Kebun Anggur Jagad Farm Binjai
Sari
Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Agrowisata Kebun Anggur Jagad Farm Binjai. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10.174 orang pengunjung dan menggunakan Rumus Hair ,et al. Dalam teknik pengambilan sampel sebanyak 130 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fasilitas dan electronic word of mouth secara simultan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil ini dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 488,397 > 3,07 dengan level of significant diperoleh nilai 0,000 < 0,05 (Sig.<alpha). Uji koefisien determinan menunjukkan nilai sebesar 0,885 yang berarti bahwa variabel Fasilitas dan Electronic Word Of Mouth berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung yaitu sebesar 88,5% dan sisanya 11,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan secara parsial Fasilitas mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung dengan nilai Thitung = 29,606 > Ttabel = 1,657 dan Electronic Word Of Mouth berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung dengan nilai Thitung = 14,087 > Ttabel = 1,657. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada Fasilitas dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Agrowisata Kebun Anggur Jagad Farm Binjai, Kec.Binjai Utara, Kota Binjai.
Kata Kunci : Agrowisata, Fasilitas, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Berkunjung
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abubakar, R. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Ardiansyah, K. et al. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata , Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Pantai Siangau Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 11(1), 1–13.
Arrazi, ilham muhammad, & Nugraha, hari susanta. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Kawasan Kota Lama Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 890–899.
Arrizki, M. Z. et al. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Brand Image, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi pada Wisata Alam Posong di Kabupaten Temanggung). Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 3(5), 18–35.
Farhan, M. S., & Ira, M. C. (2022). Pengaruh Sarana Wisata, Terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusa, 5(9), 9820–9827.
Ginting, A. P. et al. (2022). Agrowisata Kebun Anggur Sebagai Potensi Unggulan Desa Patalan , Kabupaten Bantul , Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Atma Inovasia, 2(5), 482–489.
Hardina, M. S., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Taman Sari di Yogyakarta. CAKRAWANGSA BISNIS, 2(1), 85–100.
Kalalo, S. N. A. et al. (2022). PENGARUH PRODUK WISATA, PERSEPSI HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI CAMP JAMES REMBOKEN. Jurnal EMBA, 10(4), 382–392.
Khairunnisa, M., & Ritonga, N. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PANTAI UJONG BLANG KOTA LHOKSEUMAWE. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 84–94.
Maharani, E. et al. (2020). MANAJEMEN PARIWISATA (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis) (1st ed.). Penerbit Widina.
Massie, J. D. D. et al. (2023). PENGARUH EWOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATA DI KOTA TOMOHON. Jurnal EMBA, 11(2), 78–89.
Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(2), 74–81.
Sembiring, T. B. et al. (2024). BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN (TEORI DAN PRAKTIK). CV Saba Jaya Publisher.
Setianingsih, K. W., & Rahayu, T. S. M. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OWABONG DI PURBALINGGA. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 3(1), 48–61.
Sihabudin. (2019). Pengaruh Marketing Public Relation dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung ke Wonderland Adventure Waterpark. Open Journal System, 13(8), 1537–1545.
Tantriana, D., & Widiartanto. (2019). PENGARUH AKSESIBILITAS , EXPERIENTIAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( eWOM ) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI CUSTOMER SATISFACTION. 1–11.
Utama, & I, G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Penerbit ANDI.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8402
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional