Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gerai Gendis Di Kalianda
Sari
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui adanya pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada Gerai Gendis di Kalianda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling, sampel yang digunakan sebanyak 95 responden sedangkan alat analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui koefisien determinasi (AIdjusted R Squaire) = 0,306 dapat dikatakan bahwa 30,6% variabel kualitas produk (X1), lokasi (X2), citra merek (X3) mempengaruhi terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan sisanya 69,4% disebabkan pengaruh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 14,822 sedangkan F tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,70 ternyata F hitung lebih besar dari F tabel maka Ho atau hipotesis nol ditolak sehingga diambil kesimpulan variabel kualitas produk (X1), lokasi (X2) dan citra merek (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada Gerai Gendis di Kalianda. Hasil analisis uji t diketahui variabel kualitas produk (X1), lokasi (X2) dan citra merek (X3) masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
Kata Kunci: Kualitas Produk, Lokasi, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdilah, & Jugianto. (2015) dalam Wulandari, (2019). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (1st ed.).
Adhi, Estu Wicaksono. (2018). Pendugaan Umur Simpan Ekstrak Antosianin Dari Ekstrak Kulit Melinjo Merah (Gnetum Gnemon L.) Pada Berbagai Suhu Simpan. (Universitas Semarang). Diakses dari https://eskripsi.usm.ac.id/detail-D11A-104.html.
Agus Wijaya. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Asosiasi Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal BisnisTerapan, Volume 02 Nomor 01 (Juni, 2018) 1-16.
Amilia, & Asmara. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2018.
Asep Kurniawan. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Assauri, Sofjan. (2019). Manajemen Pemasaran, Ed. 1. Cet.17. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Dokumen, (2023), Gerai Gendis. Kalianda Lampung Selatan.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas DiPonogoro.
Hanggita, Arrifa Tio. (2018). Analisis Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Jasa Pada UMKM Di Kecamatan Paciran.Vol 8 No 2. Jurnal.
Isfiand. Amirudin dan .M.Amin. (2019). Dengan judul penelitian “Pengaruh variasi produk, harga, dan customer experience terhadap keputusan pembelian ulang keramik mulia tile pada Pt. Surya Asia Abadi Di Pekanbaru”. Jurnal Akuntansi,Kewirausahaan dan Bisnis, Vol.4 No.3,pp 114-129.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: PT Indeks.
Liliana Dewi, Wihan Sindarko (2018). Pengaruh Keragaman dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen La Cherie. Jurnal.
Mohammad Rizan, Basrah Saidani, Yusiyana Sari (2012) Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal.
Patton, QM (1987). Cara menggunakan metode kualitatif dalam evaluasi. Newsbury Park, London, New Delhi: Sage Publications.
Puspitasari, Dian Eka, Welly Nailis (2018). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KFC Dermaga Point Palembang). Jurnal.
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 73-83.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutiyono dan Brata (2020). “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-commerce Shoppe di Jakarta”. Jurnal Business Management Analysis. Vol. 4, No. 2 Oktober 2020, Hal. 200- 218.
Tjiptono, Fandy. (2019). "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Penerbit Andi.
Trisnanto, Adhy. (2007). Cerdas Beriklan. Cetakan Pertama. Yoigyakarta: Galangpress.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8403
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional