Peran Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Inpres Tataaran II
Sari
Tujuan penelitian untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan: Kompetensi Kepribadian guru yang mantap dan stabil, arif dan dewasa, menjadi teladan serta berakhlak mulia dalam pembentukan karakter siswa di SD Inpres Tataaran II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, menyajikan data, serta menyimpulkan atau verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan Kehadiran, triangulasi, verifikasi data. Hasil penelitian yaitu guru di SD Inpres Tataaran II telah menunjukkan kepribadian yang mantap dan stabil dengan memperlakukan siswa secara adil, sabar, mampu mengendalikan emosi dan memberikan arahan dengan kata-kata yang bijak dan sopan. Guru di sekolah ini juga mempunyai akhlak mulia serta jadi teladan bagi siswa dengan mengajak mereka beribadah serta berbuat kebaikan melalui tindakan nyata, bukan hanya sekadar memberikan perintah. Kepribadian guru yang arif serta dewasa yaitu mampu mengontrol diri serta bijaksana dalam setiap tindakan.
Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru , Pembentukan Karakter Siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus, Wibowo. 2013. Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter membangun Perilaku Positif anak Bangsa. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arianti, R., Ningsih, A. R., & Walef, S. M. (2020). Pelatihan Pembekalan Etika, Disiplin, dan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa STKIP Rokania Dalam Persiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(2), 27-33.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Prasilia, H., Sintia, D., & Wulandari, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(1), 141-151.
Azzet, Akhmad Muhaimin.2014.Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia.Yogyakarta:Ar Ruzz Media.
E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.
Junaid, I. (2016). Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Pariwisat. Kepariwisataan, 10(1), 59-74.
Jusriadi, Peranan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Kota Watampone, Tesis, Program Pasacasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2013.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mauludi,Ali. 2012. Memahami Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: Alim‟s Publishing.
Miles, M. B. dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis data kualitatif.
Mulyasa, E. (2005). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja
Nasional, D. P. (2005). Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurhasih,Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Shulthan, 2017.
Poerwandari, Kristi. (2015). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Manusia. LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Rasu, Y. M., Katuuk, D. A., Rotty, V. N., & Lengkong, J. S. (2021). Pengembangan Profesional Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manado. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 117-123.
Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan tantangannya pada abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29-34.
Reber, A. S. (2010). Kamus Psikologi. (Alih Bahasa: Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rotty, V. N., Isir, A., & Kocu, A. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 157-164.
Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.
Salahudin Anas dan Irwanto Alkrienciehie, 2013. Pendidikan Kartakter (Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa) Bandung : Pustaka Setia
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.
Samani, Muchlas, Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sari, IK, Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi nilai pendidikan dalam membangun karakter siswa di sekolah dasar jampalan kecamatan simpang empat kabupaten asahan provinsi sumatera utara. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling , 4 (1), 1-11.
Sudarma, M. (2013). Profesi guru: dipuji, dikritisi, dan dicaci. PT RajaGrafindo Persada.
Sukmadinata, 2005. Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Tanamal, D. T., Fadhil, M., & Yunus, A. (2024). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Educational Research, 3(1), 393-406.
Timbuleng, N., Lengkong, J., & Dapa, A. N. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN Unggulan 1 Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 1080-1096.
Zubaedi. 2012. Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8421
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional