Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Produk Erigo
Sari
Erigo merupakan brand fashion lokal yang melonjak pada sekitar tahun 2015. Meskipun telah menjalankan strategi Relationship Marketing, namun pada kenyataannya tidak membuat pelanggan produk Erigo menjadi puas dan loyal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh secara langsung antara Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan, pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung antara Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi Kepuasan Pelanggan. Sampelnya sebanyak 72 responden yaitu pengguna produk Erigo di Kabupaten Purwakarta. Partial Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dianalisis dengan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh secara langsung yang positif signifikan antara Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan, terdapat pengaruh secara langsung yang positif signifikan antara pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan ada pengaruh secara langsung yang positif signifikan antara pengaruh Relationship terdapat terhadap Loyalitas Pelanggan, serta terdapat pengaruh secara tidak langsung yang positif signifikan antara Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi Kepuasan Pelanggan.
Kata Kunci: Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.545
Dibia Atmaja, P., & Yulianthini, N. N. (2020). Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis | 258. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2). https://www.cnbcindonesia.com/
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN POSKOPI ZIO JOMBANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2).
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran (Konsep, Teori, dan Implementasi) (D. A. Putri, Ed.). Pascal Books.
Karina, M., & Purnama Sari, D. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mustika Ratu Pada Gerai Dan+Dan Jakarta. Kompleksitas : Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis, 10(2). www.topbrand-award.com
Larasati, A. P., & Oktafani, F. (2020). The Influence Of Customer Experience And Brand Awareness On Gojek Customer Loyalty In Bandung 2019. E-Proceeding of Management, 7.
Mela Ardelia, D., & Maolana Hidayat, A. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Harga dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone di Indonesia. Jurnal Mirai Management, 8(1), 252–263.
Nuk, O., & Adnya, I. G. B. A. (2021). The Effect of Relationship Marketing and Employee Loyalty on Customer Satisfaction at a Supermarket Store Papaya Fresh Gallery Bali 2020. Arthaniti Studies, 1(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4615752
Pangastuti, A., Santoso, E., & Hartono, S. (2022). Jurnal Manajemen Usni Pengaruh Relationship Marketing, Service Quality Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Sor Sawo Ponorogo). Jurnal Manajemen USNI, 7(1), 21–32. https://doi.org/10.54964/manajemen/E-ISSN
Pieter, R., & Meliana, V. (2022). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Foodpedia Pasar Baru Jakarta Pusat. KALBISIANA : Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(4).
Pratama, Z. A. S. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. CV Alfabeta.
Supertini, N. P. S., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya Di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1.
Usu, M. Y. M., Fanggidae, R. P. C., Kurniawati, M., & Bunga, M. (2023). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Telkomsel Indonesia Tbk Cabang Mbay). Glory: JurnalEkonomi&IlmuSosial, 4(2), 319–333.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8425
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional