Pengaruh Variasi Produk, Gaya Hidup, Promosi Diskon, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat

Husin Husin, Hayanuddin Safri, M. Ali Al Ihsan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana berbagai faktor seperti variasi produk, pilihan gaya hidup, promosi diskon, dan digital marketing memengaruhi keputusan pembelian pelanggan pada Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat. Populasi sampel untuk penelitian ini terdiri dari semua pelanggan Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probability sampling, khususnya purposive sampling, dengan total ukuran sampel 60 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik yang meliputi observasi, kuesioner, dan pengujian sistem. Pendekatan analisis yang digunakan adalah kuantitatif yang memanfaatkan perangkat lunak SPSS. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa variasi produk tidak memengaruhi keputusan pembelian secara individuk akan tetati dapat memengaruhi secara kolektif. Sementara gaya hidup tidak memengaruhi keputusan pembelian dengan sendirinya, gaya hidup memang berpengaruh jika dipertimbangkan bersama dengan faktor-faktor lain. Demikian pula, promosi diskon tidak memengaruhi keputusan pembelian secara independen, tetapi berkontribusi secara kolektif terhadap keputusan pembelian pelanggan. Di sisi lain, digital marketing memengaruhi keputusan pembelian pelanggan baik secara individu maupun kolektif pada Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,734 atau 73,4%, maka ini menunjukkan bahwa 73,4% keputusan pembelian pelanggan didefinisikan dengan variabel variasi produk, gaya hidup, promosi diskon, dan digital marketing, dan sisanya 26,6% dipengaruhi oleh elemen lainnya yang belum dibahas pada penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2023). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254

Faulina, T., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Bhintang Ponsel Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 560–578.

Haeruddin Ari, & Ediyanto, T. D. P. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening …. … Seminar Nasional Unars, 1, 125–133.

Joko Widodo, Mukhamad Zulianto, M. W. B. S., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.17979

Juli, P. R., Suardhika, I. N., & Hendrawan, G. Y. (2021). Pengaruh Inovasi Produk , Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angelo Store Ubud Bali. Jurnal Values, 2(2), 373–385.

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524

Nurhalim, A. D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Indonesia Terhadap Zara. Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 26–41. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i2.204

Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921

Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Riska Oktavian, & Luthfi Hadi Aminuddin. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Sepeda Eks Bike Dolopo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 333–346. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.1031

Saputro, widyanto aji, & Laura, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian yang Di Moderasi Oleh Citra Perusahaan. Media Manajemen Jasa, 8(2), 1–11.

Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Jurnal Cakrawangsa Bisnis, 1(1), 17–28.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8428

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter