Faktor – Faktor Penghambat Penggunaan E- Commerce pada Usaha Mikro Kecil di Kota Makassar
Sari
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pertama adalah faktor perspektif perusahaan yang terdiri dari variabel risiko, karakteritik konsumen, kurangnya tenaga ahli dibidang IT dan kontribusi pemerintah. faktor kedua adalah faktor perspektif financial and regulations, yang terdiri dari variabel keuangan Perusahaan, besarnya biaya penggunaan teknologi dan banyaknya aturan. faktor ketiga adalah faktor perspektif eknis yang terdiri dari variabel keahlian IT, risiko konsumen durasi pengiriman barang ke konsumen, keamanan transaksi, akses internet dan kendala infrastruktur. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor dominan penghambat penggunaan e-commerce pada UMK di Kota Makassar adalah perspektif perusahaan.
Kata Kunci: E-commerce, Usaha Mikro dan Kecil.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ahmadi dan Hermawan.(2013). E-Business & E-Commerce. Andi : Yogyakarta.
Arda, Mutia. Pulungan, Delyana R. (2019). Faktor Pendorong dan Penghambat Pengadopsian E-Commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Medan.Jurnal SNK vol.1. Medan
Daga, R., & Renaldy, R. (2019). Faktor yang mempengaruhi terjadinya retur surat perintah pencairan dana (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makassar I). Jurnal Mirai Management, 4(2), 243-262.
Daga, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Mengambil Kredit Kepemilikan Rumah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Panakkukang Makassar.
Daga, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Makassar.
Hartman, A. (2002). Net Ready.1st edition ed. United States: McGraw- Hill Companies.
Kirzner, M. I. (2013). Competition and Entrepreneurship.New York: Liberty Fund.
Longenecker, J., & Moore, C. (2010).Small Business Management: An Entrepreneurial Emphasis. New York: SWC Publishing.
Primasari, Dona. Dkk. (2018).Analisis Penggunaan E-Commerce Terhadap Peningkatan Permintaan Kuantitas Produk Pada UMK Di Kabupaten Banyumas (Suatu Pendekatan Teori Technology Acceptance Model). Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. November 2018 No. ISBN: 978 - 602 - 1643 – 617. Purwokerto
Permadi, Dodi. Leonidas, Dani. Guslan, Darfial. 2018. Indentifikasi Faktor-Faktor Penghambat Implementasi E-Commerce Oleh Pelaku UMK Di Kota Cimahi.Jurnal Competitive, Vol. 13 ISSN 0216-2539. Cimahi
Quaddus, M., & Achjari, D. (2015).A Model For Electronic Commerce Success.Elsevier (Telecomunication Policy), (26), 127 – 152.
Sulianta.F. (2009).Web Marketing. PT Elex Media : Jakarta.
Widarjono, Agus. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi Pertama. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Zaied, A. N. H. 2012. Barriers to E-Commerce Adoption in Egyptian SMEs. Egypt: I.J. Information Engineering and Electronic Business, Zagazig University. No. 3:9-18.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (E-Commerce)
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.843
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional