Analisis Fasilitas, Kepercayaan Dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pojok Kuliner UMKM di Bandara Kualanamu

Rini Andriani, Annisa Febrina

Sari


Penelitian ini dilakukan pada Pojok Kuliner UMKM Bandara Kualanamu dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh fasilitas, kepercayaan dan lokasi usaha terhadap kepuasan konsumen. Populasi adalah konsumen yang datang berkunjung dan mengkonsumsi kuliner di Pojok Kuliner dengan rata-rata per bulan sebanyak 980 konsumen yang datang mengunjungi 10 stand UMKM yang ada di Bandara Kualanamu, sehingga tiap stan terdapat sekitar 98 konsumen yang datang per bulannya, pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 91 responden. Jenis data digunakan yaitu data primer dan sumber data digunakan yaitu data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, survei dan observasi. Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian bahwa fasilitas, kepercayaan dan lokasi usaha secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pojok Kuliner UMKM Bandara Kualanamu. Terdapat korelasi yang cukup antara fasilitas, kepercayaan dan lokasi usaha dengan kepuasan konsumen. Nilai R2 = 0,304 artinya kepuasan konsumen di Pojok Kuliner UMKM dapat dijelaskan oleh fasilitas, kepercayaan dan lokasi usaha sebesar 30,4% dan sisanya 69,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Fasilitas, Kepercayaan, Lokasi Usaha, Kepuasan Konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akri, P., Edyson., dan Suyono. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di CV. Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan. Vol.1. No.1. Desember. Hal: 74-86.

Ambarita, R., dan Siagian, M. (2024). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Keamanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Online Lazada. Economics and Digital Business Review. Volume 5. Issue 1. Hal: 435-447. ISSN: 2774-2563 (online).

Andari, M.P., dan Mulyantomo, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Hotel Pandanaran Semarang). Majalah Ilmiah Solusi. Vol.18. No.3. Juli. Hal: 77 88. P-ISSN: 1412-5331. E-ISSN: 2716-2532.

Anhar., Haryanti, I., dan Hamidah, N.K. (2024). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Receh Coffee. Indonesian Journal of Mul tidiscipl inary on Social and Technology. Vol . 2 .No. 3. pp: 52-58. P- ISSN: 2986-6790. e- ISSN: 2986-6782.

Arianto, N. dan Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri produk Pakaian Sablon). Kompetitif: Jrunal Pemasaran. Vol.4. No.2. Februari. Hal: 254-268. ISSN (Prnt): 2598-0823. ISSN (Online): 2598-2893.

Faruk, A., dan Warsitasari, W.D. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan. E-ISSN: 2809-8544. Vol.1. No.10. Hal: 2287-2300.

Ghozali, Imam. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Cetakan IX. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harmen, H., Siburian, B., Pitaloka, D., Dongoran, D., dan Amelia, B. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Layanan Komunikasi terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. KAMPUS AKADEMIK PUBLISING: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen. Vol.2. No.6. Juni. e-ISSN: 3025-7859. p-ISSN: 3025-7972. Hal 612-625. DOI: hƩps://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1556.

Hendayana, Y., dan Sari, A.M.E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna JNE Express Pondok Gede. Jurnal Meediastima. Vol. 27. No. 2. Oktober. pp.153-169.

Jayusman, H., Khotimah, S., dan Damanik, G.O.S. (2022). Pengaru Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Oikos Café Pangkalan BUN. Magenta, Vol. 10, No. 2, Maret 2022, Hal. 93-100.

Mahendra, P.I., dan Fitri, M.A. (2023). Pengaruh Fasilitas, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Kusuma Putri Hijau Bengkulu Utara. Jurnal Enterpreneur dan Manajemen Sains (JEMS). Vol. 4. No.2. Juli. e-ISSN: 2721-5415. Hal: 645-657.

Maulidiah, E.P., Survival., Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas terhadap Kualitas Pelayanan serta Implikasi pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economia. Vol.2. No.3. Maret. E-ISSN: 2963-1181.

Milawati, N., Widuri, T., dan Mahyudi, B. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di MR. Bob Kampung Inggris Pare. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis. Volume 1. Nomor 3. Oktober. Hal 140-148. p-ISSN: 2809-1655. e-ISSN: 2809-1981.

Narizki, R.H., dan Ardi, B.K. (2021). Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Mijen Semarang. Artikel Dharma Ekonomi. No.54. Th. XXVIII. Oktober. Hal: 49-58.

Niazi, H.A., Sriyanto, A., dan Chasan, D. (2023). Pengaruh Lokasi, Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 3. Juni. e-ISSN: 2988-5000. p-ISSN: 2988-4101. Hal 97-109.

Ningrum, P.K., dan Suharsini, A. (2022). Determinan Pendapatan UKM di Pasar Bekonang. JUREMI: Jurnal Riset Ekonomi. Vol.2. No.2. September. ISSN: 2798-6489 (cetak). ISSN: 278-6535 (online). Hal: 247-260.

Nugroho, N.T., dan Utami, I.W. (2020). Pengaruh Modal, Lokasi Usaha, dan Kondisi Tempat Bergadang Terhadap Pendapatan Pedagang (Studi Kasus pada Pasar Kartasura Kabupaten Sukoharjo). EXCELLENT: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan. Vol.7. No.1. Hal: 69-75. ISSN: 1979 2700.

Persada, I.N., Permatasari, D., Mulawarman., dan Amang, A. (2023). Pengaruh Komunikasi, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan CV. TV Kabel Madani Service. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK). Vol.2. No.2. Juli. p–ISSN: 2964-8858. e-ISSN: 2963-3087. Hal: 341-352.

Priansa, D.J. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Binis Komtemporer. Cetakan Kesatu. Anggota IKAPI. Bandung: CV. Alfabeta.

Priyastama R. (2020). Buku Sakti Kuasai SPSS. Cetakan I. Yogyakarta: Start Up.

Priyatno, Duwi. (2019). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Edisi I. Yogyakarta: CV. ANDI.

Ramadhan, W.F., Putra, S.S., dan Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Magia Coffee Fatmawati di Jakarta Selatan. MSEJ: Management Studies and Enterprenueruship Journal. Vol.4. No.6. Hal: 8988-8995.

Setiawan, I.N., Dwiantasi, s., dan Heriawan, B. (2024). Pengaruh Fasilitas, Lokasi, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Edunomika. Vol.8. No.3. Hal: 1-17.

Siregar, N., Elfikir, M., dan Daulay, R.P. (2022). Pengaruh Lokasi. Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat). SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi. Vol.3. Issue.1. E-ISSN: 2745-6153.

Sonya, D.P., dan Suhardi. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Panasera di Batam. Jurnal eCo-Buss. Vool. 5. No.1. Agustus. P-ISSN: 2622-4291. E-ISSN: 2622-4305.

Sopiah., dan Sangadji, E.M. (2020). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis disertasi Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi I. Yogyakarta: CV. ANDI.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian. Edisi I. Cetakan I. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Desertasi. Cetakan ke-2. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhardi, Y., Zulkarnaini., Burda, A., Darmawan, A. dan Klarisah, A.N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Sekolah Olahraga Binasehat Bekasi). Jurnal STEI Ekonomi (JEMI). Volume 31. Number 02. Desember 2022. Hal: 31 41. P-ISSN : 0854-0985. e-ISSN : 2527-4783.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8475

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter