Pengaruh E-Wom, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elformula Pada Tiktok Shop Di Kota Batam

Trina Anana Rustam, Martina Tamaida Sitanggang

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh E-WOM, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Elformula melalui TikTok Shop di Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah non-probability sampling, dengan sampel sebanyak 204 responden yang merupakan konsumen Elformula yang pernah berbelanja di TikTok Shop. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner dalam bentuk google form. Untuk menganalisis data, digunakan perangkat lunak SPSS 25, yang mencakup pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji regresi, pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian sebesar 29,5% pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 30,2%, dan pengaruh kualitas produk sebesar 51,2% terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis  diperoleh bahwa variabel E-WOM, promosi dan kualitas produk memberikan pengaruh secara positif dan serentak terhadap keputusan pembelian produk Elformula pada TikTok Shop di Kota Batam.

 

Kata kunci: E-WOM, Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alam, D. R., Hismi, Sahrul, & Suyatna, R. G. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Mahasiswa UPG Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Manuhara, 2(1), 313–323.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Dewi, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bina Buana Semesta. JEBI) Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 16(1), 19–25. www.jurnal.stiebi.ac.id

Fenny Krisna Marpaung, Markus Willy Arnold S, & Asyifa Sofira, S. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), ISSN. http://ejournal.lmiimedan.net

Indahlya, A., Bachri, S., Sutomo, M., & Dwiwijaya, K. A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, ContentMarketing, Dan Electronic Word of Mouth TerhadapKeputusan Pembelian Di Tiktok Shop(Studi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako). Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen (JREM), 15(4), 1–19. https://jurnalhost.com/index.php/jrem/article/view/868/1077

Lukito, W. A., & D, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. 1(2), 90–95.

Maryam Batubara, Purnama Ramadani Silalahi, Sri Aderafika Sani, Rima Rizki Syahputri, V. L. (2022). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Pengaruh Promosi , Kualitas Produk dan Harga terhadap Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931

Nurfadila, B., & Rustam, T. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Trans Retail. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 149–155.

Purbohastuti, A. W. (2021). The Marketing Mix Effectiveness On Indomaret’s Consumer Purchase Decision. Sains Manajemen, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2707

Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024 | Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara/Fasilitator Digital Marketing, Internet marketing, SEO, Technopreneur dan Bisnis Digital. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Rustam, T. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Spare part pada Bengkel Aneka Motor Kabupatan Padang Pariaman. Owner, 3(2), 320. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.159

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8477

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter