Analisis Kepuasan Pelanggan Tentang Kualitas Barang, Harga, Tempat Dan Pelayanan Pada Bengkel Motor Edi Rizki Di Desa Sei Lumut Kecamatapan Panai Hilir

Ismayani Rambe, Rizki Syahputra, Daslan Simanjuntak

Sari


Memaksimalkan kepuasan pelanggan merupakan cara utama dalam agar pelanggan tetap bertahan di Bengkel Edi Rizki, Sei Lumut, Kecamatan Panai Hilir. Kepuasan pelanggan disebabkan oleh berbagai faktor, seperti, mutu barang, harga, lokasi, dan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas barang, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan dalam kaitannya dengan kepuasan pelanggan, baik secara individu maupun secara keseluruhan di Bengkel Edi Rizki. Sampel penelitian berjumlah Sebanyak 78 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas barang, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan pada Bengkel Motor Edi Rizki di Sei Lumut, Kecamatan Panai Hilir, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, keempat variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 81,5% terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian, peningkatan mutu barang, penetapan harga kompetitif, serta pelayanan optimal secara bersamaan dapat menumbuhkan kepuasan pelanggan di Bengkel Edi Rizki. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armaniah et al (2019) pengaruh kualiats pelayanan,harga dan Lokasi terhadap kepuasan pelanggan di bengkel gowata 2 motor bangkaln (DOCTORALNDISSERTATION, STKIP BANGKALAN).

Putri utari (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Gowata Sakti Motor.

Taufiqurroman T (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan Lokasi terhadap kepuasan pelangan di bengkel karisma 2 motor bangkalan ( doctoral dissertation STKIP BANGKALAN ).

Siti Nurhalimah, Leonardo Budi Hasiholan, SE, MM dan Dra Cicik Harini, MM (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Garasi di Ungaran)

Maharani (2024) pengaruh kualitas produk persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Planet Ban Raya Dalung.

Darnelly, fira fitriani,Dll ( 2020 ) Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya, dan Lokasi, pada Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus di AHASS Honda Motor Service, Lamlagang, Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8522

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter