Pengaruh Brand Image, Inovasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Di Kota Batam

Winnie Frisia, David Humala Sitorus

Sari


Penelitian ini dilakukan agar mengetahui pengaruh brand image, inovasi, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 0rang yang diperoleh dengan menggunakan rumus lemeshow. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pengguna atau konsumen yang telah melakukan pembelian produk pada Tokopedia, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner berbasis skala Likert yang disebarkan melalui Google Form. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, inovasi dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam.

Kata Kunci: Brand Image; Inovasi;Kepercayaan; Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adzhani Hammam, S., & Robert, E. K. (2021). THE EFFECT OF USER EXPERIENCE, BRAND IMAGE, AND TRUST ON PURCHASE DECISION IN SOCIAL COMMERCE FACEBOOK. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 15, 19. www.jatit.org

Anan, C., & Sukati, I. (2023). PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI BUKALAPAK DI KOTA BATAM.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Asnawi, A., Arfani, M., Priyanto, P., Kamariyah, S., & Dwijosusilo, K. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Website (Webqual) terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api melalui Aplikasi KAI Access di Surabaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 7(1), 17–34. https://doi.org/10.25139/jiabi.v7i1.6550

CNN Indonesia. (2024). IPSOS: Shopee Live Pilihan Utama Brand Lokal & UMKM Jualan Online. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240611204057-625-1108687/ipsos-shopee-live-pilihan-utama-brand-lokal-umkm-jualan-online

Damayanti, E. R., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 162–176.

Databoks. (2024a). Transaksi GoTo Rp606 Triliun pada 2023, Ini Segmen Bisnis Terkuat. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/pasar/statistik/cd899afe6fecad5/transaksi-goto-rp606-triliun-pada-2023-ini-segmen-bisnis-terkuat#:~:text=PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk,on-year%2Fyoy).

Databoks. (2024b). Tren E-Commerce 2023, Kunjungan ke Shopee dan Blibli Meningkat. Katadata Media Network. ataboks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/f056a701023f0fe/tren-e-commerce-2023-kunjungan-ke-shopee-dan-blibli-meningkat

Djuko, N. S., Umar, Z. A., & Niode, I. Y. (2024). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap KeputusanPembelian Di Aplikasi Shopee. Journal Of Social Science Research, 4 No. 3, 7235–7248.

Fachry Fadhlurrohman, M., Supartono, & SBR, K. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Inovasi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Department Store Grand Mall Bekasi. Sains Manajemen : Jurnal Manajemen Unsera, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.6686

Karinina, S. T., & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Promosi, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada (Studi Kasus Di Tiban Indah). eCo-Buss, 5(3), 831–843. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.618

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Solikhah, E. W., & Garad, A. (2024). Influence of E-Wom, Innovation, E-Trust, and Website Attractiveness on Purchase Decision. Jurnal Manajemen Teknologi, 23(1), 19–37. https://doi.org/10.12695/jmt.2024.23.1.2

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Top Brand. (2024). Top Brand Index Fase 2 2024. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8534

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter