Pengaruh Media Sosial Dan Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Dengan Variabel Moderating Faktor Psikologis Produk Seblak Pada Gen Z

Tiwi Eviliani, Zulkarnain Nasution, Mulya Rafika

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial dan Experiental Marketing Terhadap Minat Beli dan Variabel Moderating Faktor Pisikologis produk seblak pada Generasi Z. Variabel moderating adalah variabel yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel moderating adalah variabel yang mempunyai pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antar variabel. Sifat atau arah hubungan antara variabel-variabel dependen kemungkinan positif atau negatif tergantung pada variabel moderating, oleh karena itu variable moderating dinamakan pula sebagai contingency variabel. Hubungan antara variable-variabel independen dengan variable –variabel dependen kemungkinan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain, salah satu diantaranya adalah variable moderating. Penelitian ini menguji hubungan antaravariabel dengan mengolah data menggunakan software SMARTPLS untuk menguji hipotesis yang telah diajukan cakupan penelitian ini meliputi identifikasi factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di toko thrifthing tersebut


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfatiha, Raja Ainaya, and A. B. (2020). "Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Alfirahmi, A. (2019). FENOMENA KOPI KEKINIAN DI ERA 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.410

Andini, A. (2020). (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Repository STIE Indonesia, 12(2004), 6–25.

Anshori.pdf. (n.d.).

Atteng, S. P., Asih, R. S., Aliyyatussaadah, I., Kamila, R., & Nana, F. M. A. (2021). Tren Kuliner Seblak Sebagai Faktor Pendukung Perekonomian Masyarakat di Era Milenial. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(3), 73–78. https://doi.org/10.56393/decive.v1i3.289

Biki, A. (2022). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, 1–23.

Bowo, F. A. (2024). Systematic Literature Review : Menyelami Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumen di Sektor Usaha Kecil. 4(1), 909–921.

Desrina, I. (2022). Pengaruh Media Papan Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Materi Pecahan Sederhana Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 46 Seluma. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022

Erwantiningsih, E. (2023). Pengaruh Experiental Marketing Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Fadillah, Rido, Lora Triana, and R. S. (2016). “Analisis Bauran Pemasaran dan Minat Beli Ulang Konsumen Kopi pada Rimbun Espresso & Brew Bar Kota Padang.” Journal of Socio-economics on Tropical Agriculture (Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Tropis)(JOSETA) 2.1 (2020). Fadillah, Rido, Lora Triana, and Ri. 1, 1–23.

Fatimah, D. (2020). Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2016 Iain Kediri. 15(1), 21–38. http://etheses.iainkediri.ac.id/1693/

Galang, T. (2021). Pengaruh youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk. 2021.

Gersom Hendarsono, S. S. (2013). Analisa Pengaruh Experiental Marketing terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/524

Gunawan, A. P. (2024). URGENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENDIDIKAN KADER ULAMA MUHAMMADIYAH. Αγαη, 15(1), 37–48.

herinama, agustinus agustinus, and yuli setiawan. (2024). “Pengaruh Viral Marketing, Experiential marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang produk Mixue Ice Cream & Tea Pada gen Z.” Αγαη, 15(1), 37–48.

Hidayat.pdf. (n.d.).

Hidayat, D. R., Basith, A. A., & Faqih, M. Z. Al. (2019). Hoax ( Synonyms: Paractical Joke, Joke, Jest, Prank, Trick ).

Imani, R. P. (2022). FENOMENA PEMASARAN KONTEN MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH, CUSTOMER EXPERIENCE DAN ETNOSENTRISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KEDAI KOPI KENANGAN DI DKI JAKARTA. 2022.

Jatmiko, Rohmat Dwi, and S. N. A. (2012). Analisis experiential marketing dan loyalitas pelanggan jasa wisata (Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Экономика Региона, 2, 32.

Melati, Addriani Sukma, Deni Yanuar, and N. S. (2024). Dampak E-WOM dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Somethinc pada Gen Z. Αγαη, 15(1), 37–48.

Miranti, A. R. (2023). Eksplorasi Repurchase Intention Oleh Generasi Milenial Di E-Commerce (Studi. 2023.

Mranani, Novelia Asita, and S. D. L. (2022). "Hubungan Kelompok Acuan, Perceived Value, Perceived Quality Dan Media Sosial Terhadap Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepeda Pushbike (Studi Pada Komunitas Pushbike Surabaya). 9, 356–363.

Muhammad, F. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS DI MAJA HOUSE RESTAURANT BANDUNG. 2019.

Munawar, Asep, and N. S. (2018). Munawar, Asep, and Nono Supriatna. “Pengaruh sikap dan motivasi terhadap minat berwirausaha siswa.” Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 2.1 (2018): 14-23. 3(2), 91–102. http://etheses.iainkediri.ac.id/1693/

Nadya, N. (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(2), 133–144. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i2.17

Nafiah, Kuwat Lailatun, and M. T. (2021). "Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Brand Image Dan Experiential Marketing. 1, 6.

Pratama, R. M. (2024). Pengaruh Agile Leadership Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Job Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. 1–104. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/63533

Rahatmawati, Yuni Istanto - Istiana Adisti, D. S.-R. A.-T. (2020). pemasaran melalui media sosial pada usaha kecil. ZAHIR PUBLISHING.

Ramdani, Heni Cahya, Saptono Rahayu, and R. F. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Minat dan Daya Beli PelangganPengaruh Sosial Media Marketing terhadap Minat dan Daya Beli Pelanggan. 9, 356–363.

Saleh, A. A. (2018). "Pengantar psikologi.

Sarasi, V., Primiana, I., Kaltum, U., & Bernik, M. (2021). Model Sensitivitas Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Keberlangsungan Usaha UMKM Di Kota Bandung. Operations Excellence Journal of Applied Industrial Engineering, 13(3), 365. https://doi.org/10.22441/oe.2021.v13.i3.034

Septyadi, Muhammad Abdul Kohar, Mukhayati Salamah, and S. N. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. 9, 356–363.

Shiratina, Aldina, et al. (2020). "Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Supriyadi, Supriyadi, Wahyu Wiyani, and Ginanjar Indra Kusuma Nugraha. “Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian.” Jurnal bisnis dan manajemen 4.1 (2017). (2017). 1, 2017.

Syahputra, Suharsono, and A. L. A. ". (2019). "Pengaruh Kualitas Layanan dan Experiential Marketing terhadap Niat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar). Universitas Negeri Surabaya. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Syailendra, Siera, et al. (2024). "Strategi Bisnis Umkm Untuk Naik Kelas Pasca Covid-19. Αγαη, 15(1), 37–48.

Ukm, B., & Halal, B. (2024). Pemanfaatan Instagram sebagai Strategi Pemasaran Warung Seblak. 2(3), 173–185.

Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). BUDAYA BELANJA ONLINE GENERASI Z DAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME). Scriptura, 12(1), 58–71. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.58-71

Yuliawan, Eko, and M. G. (2016). "Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan nasabah pada pt bank mandiri cabang medan balai kota. 4(June), 2016.

Zaenudin, O. S., & Harto, B. (2024). Mengungkap Peran Media Sosial dalam Shopping Lifestyle Generasi Z: Insight Kualitatif dari Pengalaman Belanja Online. Innovative: Journal Of Social Science …, 4, 5624–5641. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9811%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/9811/6921

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter