Pengembangan Platform Bisnis Digital Terintegrasi Berbasis Komunitas Sebagai Perwujudan Costumer Relationship Management
Sari
Akibat wabah Covid-19, omset penjualan kafe turun bahkan beberapa diantaranya tutup. Penerapan New Normal juga tidak langsung membuat pendapatan kembali normal, apalagi penerapan protokol kesehatan. Olehnya, penting untuk menemukan cara dalam menambah dan mempertahankan konsumen serta tetap bertahan. Salah satunya adalah memberikan layanan agar mendapatkan konsumen baru dengan menciptakan loyalitas konsumen dalam sebuah komunitas sebagai bentuk Costumer Relationship Management (CRM).
Penelitian ini berbentuk Research & Development, menggabungkan Model Waterfall Pressman dengan Borg & Gall yang disesuaikan tujuan pengembangan. Metode penelitian meliputi wawancara langsung, observasi, dan studi literatur dan aplikasi untuk menunjang analisis dan perbandingan antara teori yang relevan dengan praktek. Luaran berupa website yang terintegrasi dengan media sosial, aplikasi percakapan dan video sharing. Pemodelan berbentuk diagram konteks dan aplikasi dikembangkan dengan WordPress, Facebook, Instagram, Telegram dan Youtube.
Kata Kunci: Bisnis; CRM; Digital; Kewirausahaan; Komunitas.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agunawan, A., Hazanah, N., & Ahmad, F. (2020). Pengembangan Platform “Nobel Gadde2 Na” Sebagai Perwujudan Academic Entrepreneurship Pada Inkubator Bisnis STIE Nobel Indonesia. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), 145–153. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2599
Borg and Gall. (1983). Educational Research: An Introduction. New York and London: Logman.
bukausaha.com. (2020). Apa itu Bisnis Digital? Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan - BukaUsaha. https://bukausaha.com/bisnis-digital/
Chatterjee, S., Chaudhuri, R., Vrontis, D., Thrassou, A., Ghosh, S. K., & Chaudhuri, S. (2020). Social customer relationship management factors and business benefits. International Journal of Organizational Analysis, 29(1), 35–58. https://doi.org/10.1108/IJOA-11-2019-1933
Dedeoğlu, B. B., van Niekerk, M., Küçükergin, K. G., De Martino, M., & Okumuş, F. (2020). Effect of social media sharing on destination brand awareness and destination quality. Journal of Vacation Marketing, 26(1), 33–56. https://doi.org/10.1177/1356766719858644
Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Vol. 1). Aswaja Pressindo.
Gil-Gomez, H., Guerola-Navarro, V., Oltra-Badenes, R., & Lozano-Quilis, J. A. (2020). Customer relationship management: Digital transformation and sustainable business model innovation. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 33(1), 2733–2750. https://doi.org/10.1080/1331677X.2019.1676283
Komunitas. (2020). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Komunitas&oldid=18109525
Latief, F. (2019). Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Triple Play PT. Telkom. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.104
Roger S. Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 161.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta-Bandung.
Yunita, H., & Farida, I. (2020). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Pelanggan (Studi Kasus:Apotik Sentosa Duta Tangerang). Jurnal RASSI, 5(1), 65–72.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.854
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional