Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Head And Shoulders Di Kota Batam
Sari
Head and Shoulders adalah merek sampo anti-ketombe yang cukup populer di berbagai kota, termasuk di Batam. Kota Batam memiliki perusahaan yang bernama PT Sumber Sari yang terletak di JL Yos Sudarso, No. 2, Batam. Perusahaan merupakan distributor resmi Head and Shoulders di Batam. Jumlah keputusan pembelian masyarakat kota Batam atas produk Head and Shoulders mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Permasalahan yang mengakibatkan penurunan pada penjualan dikarenakan, kualitas produk dalam segi kandungan mengandung SLS. Brand image produk berada jauh di posisi nomor 10 pada pendataan TOP Brand Index. Inovasi kemasan pada produk memiliki desain botol yang klasik dan konsisten membuatnya mudah diidentifikasi, tetapi kurangnya variasi dalam desain. Populasi penelitian menggunakan data jumlah penduduk Kota Batam Kecamatan Lubuk Baja sebesar 84.533 penduduk. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan rumus Lemeshow sehingga mengetahui sampel sebanyak 100 responden. Hasil menyatakan bahwa kualitas Produk, brand image dan inovasi produk secara parsial dan simultan membawa pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: kualitas produk; citra merek; inovasi; keputusan pembelian.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adil. (2023). Analisis Iklan Unik Brand Head and Shoulders yang Curi Perhatian Banyak Orang. Https://Bithourproduction.Com/Blog/Iklan-Unik-Brand-Head-and-Shoulders/.
Aji Saputra, J., & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Bentuk Kemasan Terhadap Minat Beli Produk Tahu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4(1), 138–146.
Azizah, Y. N., Rizal, M., & Mahardani, A. S. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Lifestyle Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone. Jurnal Riset Manajemen, 13, 4546–4555.
Badan Pusat Statistik. (2023). Https://Batamkota.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/2/NjYjMg==/Penduduk-Kota-Batam-Hasil-Sensus-Penduduk-Menurut-Kecamatan-Dan-Jenis-Kelamin.Html.
Dean Mavilinda, E. S., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tolak Angin Pada Masa Pandemi Di Surakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 213–221. https://doi.org/10.31846/jae.v10i2.460
Dirwan, & Firman, A. (2023). The Impact of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 266–277.
Kenton, W. (2024). Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Industry: Definition, Types, and Profitability. Https://Www.Investopedia.Com/Terms/f/Fastmoving-Consumer-Goods-Fmcg.Asp.
Leonardi, A. C. (2024). The Influence of Advertising , Brand Image , and Product Quality on Purchase Decisions of Skincare Beauty Products in Medan. 24(April), 75–88.
Montolalu, A. N., Tumbel, T. M. ;, & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. In Productivity (Vol. 2, Issue 4).
Rifai, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In A. Rifai (Ed.), Suka Press (Cetakan Pe). Suka Press.
Sahir, S. H. (2021). Metode Penelitian (T. Koryati, Ed.; Edisi 1). KBM Indonesia.
Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420
Syerin, E., Mavilinda, D., & Susanti, A. (2022). The Influence Of Product Quality, Product Innovation And Brand Image Towards The Purchase Decision Of Reject Angin During The Pandemic In Surakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 213–221.
Wijaya, A. F. B., Surachman, S., & Mugiono, M. (2020). The Effect Of Service Quality, Perceived Value And Mediating Effect Of Brand Image On Brand Trust. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 22(1), 45–56. https://doi.org/10.9744/jmk.22.1.45-56
Wulandari, R., & Miswanto, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Green Product. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5139
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8544
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional