Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Synergy Di Kota Batam

Renaldy Renaldy, Inda Sukati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana dampak kualitas produk, citra merek, dan distribusi terhadap keputusan pembelian Synergy di Kota Batam. Mereka yang terlibat dalam penelitian ini adalah individu yang telah menggunakan produk tersebut setidaknya lebih dari sekali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 100 konsumen produk synergy sebagai sampel penelitian, yang dipilih menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data regresi linear berganda kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 18% terhadap keputusan pembelian Synergy di Kota Batam, citra merek memiliki pengaruh sebesar 45,3% terhadap keputusan pembelian Synergy di Kota Batam, dan distribusi memiliki pengaruh sebesar 14,4% terhadap keputusan pembelian Synergy di Kota Batam. Menurut hasil pengujian koefisien determinasi (R2) bahwa secara keseluruhan, kualitas produk, citra merek, dan distribusi berpengaruh sebesar 36,6% terhadap keputusan pembelian Synergy di Kota Batam. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, citra merek, dan distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian Synergy di Kota Batam.

 

Kata kunci: Kualitas Produk; Citra Merek; Distribusi; Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 25–31.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1).

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Arista, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Skincare Somethinc Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arliandhini, F. A., & Resawati, R. (2023). Effect of Product Quality and Promotion on Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 17(2), 390–398. https://doi.org/10.55208/jebe.v17i2.444

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.

Astutik, V. P., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek , dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus pada konsumen produk Skincare MS. GLOW di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Dan Sains, 7(2). https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.581

Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2023). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Snack. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2). https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254

Baroto, M. I., & Artanti, Y. (2023). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions of NU Green Tea. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(12). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i12.5224

BPS. (2024). Kota Batam Dalam Angka. Badan Pusat Statistik.

Edi, W. (2017). Analisa Peramalan Penjualan Dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Cakra Anugrah Arta Alumind Medan. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1).

Foster, T. S., & Gardner, W. J. (2022). Managing Quality: Integrating The Supply Chain. Wiley.

Fu, Q., Liu, L., & Shang, W. (2023). Bilateral transshipment between competing retailers. Naval Research. https://doi.org/10.1002/nav.22105

He, J., & Zhang, F. (2022). Dynamic brand positioning: a firm-customer synergistic strategy of brand meaning cocreation in a hyperconnected world. European Journal of Marketing, 56(10), 2774–2803. https://doi.org/10.1108/EJM-10-2021-0813

Heikal, M. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Harian Waspada Medan. E-Mabis, 18(1). https://doi.org/10.29103/e-mabis.v18i1.284

Hernawaty, & Wijaya, S. (2022). Pengaruh Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian. Majalah Bisnis & IPTEK, 15(1), 15–28. https://doi.org/10.55208/bistek.v15i1.245

Imron, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pabrik Keripik Pisang “Metro Snack” Kota Metro)”. Universitas Muhammadiyah Metro.

Indra, I. M., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. CV Budi Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.

Maftuchach, V., & Putri, N. A. (2022). The Influence of Brand Image and Product Quality on the Purchase Decision of Pixy Powder Products. Literatus, 4(1), 301–322.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pustaka.

Nugroho, S. A., & Haritanto, W. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Statistika (Teori, Implementasi & Praktik dengan SPSS). Andi Offset.

Ovan, & Saputra, A. (2020). Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Susanto, E. E. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Pratyaharani, H. P., Suroso, A. I., & Ratono, J. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Bayi Bagi Ibu Milenial. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 846–855. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.846

Priyatno, D. (2023). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS dan Analisis Regresi Data Panel Dengan Eviews. Andi.

Purnomo, A. R. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. CV Wade Group.

Putri, M. A., Rosmayani, & Rosmita. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Saluran Distribusi Usaha Kecil Menengah (Ukm) (Survei Pada Kue Bangkit “Syempana” Di Kota Pekanbaru). Jurnal Valuta, 4(2), 116–137.

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuesioner. CV Adanu Abimata.

Rua, O. L., & Santos, C. (2022). Linking brand and competitive advantage: The mediating effect of positioning and market orientation. European Research on Management and Business Economics, 28(2). https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2021.100194

Safitri, I., Lestarani, D., Imtikhanah, R. D. N. W., & Akbarini, N. R. (2024). Teori Pengukuran dan Evaluasi. CV Ruang Tentor.

Sanusi, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Saputra, A. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Di Kota Batam. Scientia Journal_Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(5).

Saputra, S., & Hernandez, L. (2024). Influence Brand Trust, Word of Mouth, Price, Brand Image, Product Quality, and Location against the Purchase Decision on Coffee Shop in Batam City. IIJSE, 7(1).

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1171–1184.

Suardhita, N., Rafik, A., & Sugeng, I. S. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Merek Wardah. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3.

Sunarsih, & Ernawati, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk Dan Hatga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Teh Iindonesia Cabang Bima. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3).

Tahir, R., Harto, B., Rukmana, A. Y., Subekti, R., Waty, E., Situru, A. C., & Sepriano. (2023). Transformasi Bisnis di Era Digital (Teknologi Informasi dalam Mendukung Transformasi Bisnis di Era Digital). Sonpedia Publishing.

Tasia, A. A., Sulistyandari, & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 74–85.

Tetania, N. selly, & Susanto, A. H. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pt Zzz. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 46–60. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.254

Vierdwiyani, D., & Syafarudin, A. (2020). Analysis Of Service Quality And Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchase Decisions As Intervening Variable (Case Study E-Commerce Shopee At Villa Galaxy Housing Rt 002). DIJMS, 2(1), 112–124. https://doi.org/10.31933/DIJMS

Yi, H. T., Cho, Y., & Amenuvor, F. E. (2023). Internal marketing and salespeople’s out-of-role behaviour: The mediating role of job satisfaction. European Research on Management and Business Economics, 29(2). https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2023.100216




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter