Hubungan Antara Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Warung Bakso Sari Mekar Sei Kasih
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di Warung Bakso Sari Mekar Sei Kasih. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden melalui metode sampling insidental. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, promosi, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas produk memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh harga dan promosi. Koefisien determinasi sebesar 63,2% menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama mampu menjelaskan variabilitas loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini mengindikasikan pentingnya konsistensi dalam kualitas produk, strategi harga yang kompetitif, serta promosi yang efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Warung Bakso Sari Mekar Sei Kasih disarankan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk serta mengembangkan strategi pemasaran yang inovatif dan berkelanjutan.
Kata Kunci: promosi, harga, kualitas produk, loyalitas pelanggan, warung bakso
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. (2014). Electronic Word-Of-Mouth (E-Wom) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Dan Cafe di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa , 1–13.
Amin Wijaya Tunggal, 2014, Manajemen Kontemporer, Jakarta : Harvindo
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chandra, Gregorius. 2019. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Dewi, E. K., Salehawati, N., & Susanto, E. (2023). Manajemen Pemasaran Produk. Sulur Pustaka.
Elliyana, E., Agustina, T. S., Kadir, H., Imanuddin, B., YulianI, Mohdari, H., Dwita, F., Bachtiar, N. K., Lidiana, Sedyoningsih, Y., Abdurohim, Ardyan, E. E., Marlinah, L. G., & Rachman, S. (2022). DASAR-DASAR PEMASARAN (Pertama). Ahlimedia Press.
Elvira Ismagilova. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing. Context. Springer Briefs in Business.
Erna Listyaningsih dan Amalia Vika Launi, (2024). Pengaruh Harga, Diskon Shopee, Iklan Media, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Online Dengan Literasi Keuangan Digital Sebagai Variabel Moderasi Pada Marketplace Shopee. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan dan Tata Kelola Perusahaan (JAKPT) Volume 1, No 3 – Maret 2024.
Estiawan, Yulivio, Belva, Andrian, Anas, , Haryudi dan Nursal, Fadhli, M., (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Saluran Distribusi, Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Pada Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen Vol.2, No.7 Juli 2024.
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). BAURAN PEMASARAN. Penerbit Deepublish.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (dasar dan konsep) (Q. Media (ed.)). CV. Penerbit Qiara Media.
Fitrotin, R. R., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Keputusan Pembelian Produk Near Expired Kecap Bango yang Dimediasi oleh Minat Beli (Studi Kasus di Transmart Rungkut Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 09(03), 1492–1500.
Griffin, J. (2016). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Penerbit Erlangga
Haeril. (2023). Memahami Perilaku Konsumen. In Muh Asdar (Ed.), Manajemen Pemasaran Perusahaan. Lajagoe Pustaka.
Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Penerbit Insania.
Immanulell, D. M., & Maharia, M. A. (2020). Elngaging Pulrchasel Delcision of Culstomelrs in Markeltplacel Channell: A Stuldy of Fashion Onlinel Reltail. Julrnal Bisnis Dan Manajelmeln, 7(2), 106–117.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip 2018, Manajemen Pemasaran , jilid I dan II, Edisi 9, PT.Indeks, Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kurniawan, K. 2020. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli, Projasa Web:https://projasaweb.com/
Miguna, A., & Nurhafifah, M. (2020). Manajemen Pemasaran : UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Mubyl, M. (2023). Mewujudkan Loyalitas Pelanggan. In Muh Asda (Ed.), Manajemen Pemasaran Perusahaan. Lajagoe Pustaka.
Ocu, Asimilubti, Herry dan Nurhazizah, Eva., (2024). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasar Tanah Abang. Economics and Digital Business Review. Volume 5 Issue 2 (2024) Pages 258 – 269.
Putri, I. A., Fauzi, A., Renaldy, A., Syaridwan, A., Ningrum, D. A., Putri, N. M., & Putri, S. A. (2022). Pengaruh Strategi Viral Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Literatur Review). Jemsi, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i2
Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., & Susilowati, H. (2021). Brand Marketing. Widina Bhakti Persada.
Ristia, N. D., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja). YUME : Journal of Management, 5(1), 1–16.
Satdiah, A., Siska, E., & Natal Indra. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1).
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. Harlow: Pearson Education.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swasta DH, Basu. 2018. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andy Offset
Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran, Edisi ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, & Satisfaction. Yogyakarta: Percetakan Andi
Tonce, Yosef & Rangga, Yoseph DP. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep Dan Studi Kasus). Indramayu: Penerbit Adad.
Viona Aldina Permatasari, Awanis Linati Haziroh, Mahmud, Roymon Panjaitan, (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Scarlett Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Kampus Swasta Di Kota Semarang). Economics and Digital Business Review. Volume 5 Issue 1 (2024) Pages 236 – 247
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8606
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional