Pengaruh Product Quality Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dengan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Ud Anggi Thrifting) Rantau Prapat
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan gaya hidup fashion terhadap keputusan pembelian konsumen di UD Anggi Thrifting, dengan pengalaman konsumen sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, dan data dikumpulkan dari 60 responden yang pernah berbelanja di toko tersebut. Analisis dilakukan menggunakan SmartPLS dengan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fashion lifestyle dan pengalaman konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara kualitas produk tidak berpengaruh langsung tetapi memiliki pengaruh tidak langsung melalui pengalaman konsumen. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengalaman konsumen sebagai mediator dalam membentuk keputusan pembelian. Pengalaman positif dapat memperkuat dampak fashion lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen. Oleh karena itu, strategi pemasaran UD Anggi Thrifting perlu difokuskan pada peningkatan pengalaman belanja dan pemenuhan ekspektasi konsumen terhadap gaya dan kualitas produk.
Kata Kunci: Product Quality, Fashion Lifestyle, Pengalaman Konsumen, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Annaufal, M. A., Prastowo, S. L., & Syah, H. (2023). Pengaruh Tren Produk, Store Atmosphere, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 19(3), 116–125. https://doi.org/10.23960/jbm.v19i3.1879
Assayakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. a, & Afgani, M. W. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif Mutia. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9.
Brito, C. (2018). Persepsi Remaja Mengenai Aplikasi Whatsapp Messenger Sebagai Media Representasi Diri Dan Gaya Hidup (Studi Kasus Pada Remaja Di Jalan Alfons Nisnoni Kelurahan Airnona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang). https://api.semanticscholar .org/ CorpusID: 194318531
Butar, R. B. (2013). Analisis tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan produk internet banking di bank danamon (danamon online banking). https://api.semanticscholar. org/CorpusID:115051964
Dede, W. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada juanda restoran kubang system. https://api.semanticscholar. org/CorpusID:192239139
Defsindi, M. (2017). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Udang Segar Di PasarTradisional Blimbing Dan Pasar Modern Giant Dinoyo MalangSerta Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:150211238
Dimithri, A. A. (2020). Proses pengambilan keputusan pembelian makanan generasi z melalui media sosial (Studi Deskriptif Komunitas JKTFoodbang di Instagram). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:226169190
Elfida, D., Milla, M. N., Mansoer, W. W. D., & Takwin, B. (2021). Adaptasi dan uji properti psikometrik The perma-Profiler pada orang Indonesia. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 81–103. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4986
Fadjri, A., & Silitonga, P. (2018). The Influence of Product Quality, Price Perception and Digital Marketing on Customer Satisfaction at Pizza Marzano Pondok Indah Mall 2. Eduturisma, 3(2), 1–20.
Fika, N., Nabilla, A., Studi, P., Komunikasi, I., Indonesia, U. I., & Korespondensi, P. (2023). Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Personal Branding Celebrity Endorser terhadap Kesadaran Vaksinasi Covid-19 The Influence of Persuasive Communication and Celebrity Endorser Personal Branding on Covid-19 Vaccination Awareness. 3(July 2022), 61–86. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss1.art5
Jayanti, M. (2011). Gaya hidup dunia gemerlap malam (dugem) di semarang(Studi Kasus Mahasiswa UNNES tentang Filosofi Hidup Dugem Kaitannya dengan Nilai dan Norma Sosial). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:140810627
Juliana, J., & Johan, J. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening. Journal of Business and Banking, 9(2), 229.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing.
Kurnia, I. H., & dan Andre Rahmanto, D. S. (2013). Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:202668142
Laksana, H. R. P. (2021). Analisis pengaruh kualitas produk, pelayanan, harga, dan ketersediaan produk terhadap pengambilan keputusan pembelian. 2021.
logi munaf Rifal. (2015). Analisis kualitas produk dan citra merek dalam mempengaruhi keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas merek laptop. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:194982745
Mu’Tasimbillah, M. (2019). Proses pengambilan keputusan pembelian belalang goreng oleh isatawan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:203133998
Ningsih, D. P. (2013). Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Mie Sedaap (Studi pada Mahasiswa Reguler Jurusan Matematika Angkatan 2011 FMIPA UM). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:147590745
Rahmadian, M. I., Mukhtar, Y., & Kamener, D. (2018). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada aki gs astra di kota padang. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:232573225
RAIS, A. A. (2022). "Kegiatan Pemasaran Media Sosial, Pengaruh Aktivitas Ekuitas Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Pakaian Thrifting Di Yogyakarta. 2022.
Rivaldo, Y., & Yusman, S. (2021). Pengaruh Physical Evidence , Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sanford Pada Indomaret Sungai Harapan Batam. Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdaullah Said Batam, 1(1), 13.
Saepudin S, A. K., & Oktaviani, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Rasa Percaya Diri Terkait Citra Tubuh Generasi Z Di Kota Cimahi. Janaloka : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2 DESEMBER), 81. https://doi.org/10.26623/janaloka.v1i2desember.8143
Septiana, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pembeli Online Lazada. co. id di MG Group). 2019.
Siregar, I. F. (2019). Ethical assessment manager against a conflict of interest the corporate social interest the corporate social.https://api.semanticscholar.org/ CorpusID : 2 1 3970832
Sri, S. R., & Astuti, T. K. (2013). Di dalam dunia bisnis semakin lama semakin berkembang, dimana perkembangan pesat tersebut juga mengalami metamorfosis yang berkesinambungan. Perkembangan bisnis tersebut juga mengakibatkan adanya perubahan pola dan cara para pesaing dalam mempertahankan b. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:55346918
Suherli. (2012). Analisis strategi pengembangan bisnis pt bank syariah bukopin. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:192501921
Tambunan, L. A. (2021). "Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Di Masa Pandemi Covid-19. 02, 6.
Triasari. (2020). Dakwah pada hijabers community (Studi Kasus Hijabers Community Jakarta) Di. Kaos GL Dergisi, 8 (75),147–154. https ://doi.org/10.1016/j.jnc .2020. 125798%0Ahttps:// doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi. iley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp:// .sciencedirect . com/science /article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Utami, R. P. (2010). Analisis hubungan antara bauran harga, promosi dan distribusi teradap dimensi ekuitas merk indoeskrim di kota bogor. https://api.semanticscholar.org/ CorpusID:193625218
Wardani, L. K. (2017). Pengaruh linimasa instagram terhadap gayabusana santriwati pondok pesantrenali maksum krapyak yogyakartaskripsi. https://api.semanticscholar. org/CorpusID:194850068
Widodo, I. K. T. (2019). Pengaruh Product Authenticity Dan Shopping Experience Terhadap Willingness To Purchase Melalui Consumer Love Pada Kopi Lokal Indonesia. Agora, 7(2), 287302.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8609
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional