Pengaruh Brand Ambassador Terkenal Dan Persepsi Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan Skincare Scarlett Dengan Variabel Moderating Kepercayaan Konsumen Di Kota Rantauprapat
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador terkenal dan persepsi konsumen terhadap tingkat penjualan produk skincare Scarlett, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei terhadap 100 responden pengguna aktif Scarlett di Kota Rantauprapat. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Ambassador terkenal berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, namun tidak berpengaruh langsung terhadap peningkatan penjualan. Sebaliknya, pengaruh Brand Ambassador terhadap penjualan bersifat tidak langsung melalui mediasi kepercayaan konsumen. Persepsi konsumen terbukti menjadi variabel paling dominan yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan melalui kepercayaan konsumen sebagai mediator. Kepercayaan konsumen memiliki peran penting sebagai jembatan dalam membentuk hubungan antara strategi pemasaran (Brand Ambassador dan persepsi konsumen) dengan hasil penjualan. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya perusahaan mempertahankan figur Brand Ambassador yang relevan dan terpercaya, serta terus membentuk persepsi positif terhadap merek dan produk. Kepercayaan konsumen perlu dibangun melalui kualitas produk, transparansi informasi, dan pengalaman konsumen yang konsisten agar mampu meningkatkan penjualan secara berkelanjutan.
Kata Kunci: isi; Brand Ambassador, Persepsi Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Tingkat Penjualan, Scarlett Skincare
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aulia, H. (2016). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SONG JOONG KI , BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLET WHITENING DI SUKABUMI. 1–23.
Awalia, P. (2023). MEMILIKI JAMINAN HALAL PADA PRODUK SKINCARE MERK YOU ( Studi Desa Tumbubara Kec . Bajo Barat Kab . Luwu ). Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62. Https://Doi.Org/10.55606/Jurima.V2i2.253
Erna Ferrinadewi. (2005). Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), Pp.139-151. Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Man/Article/View/16360
Filicia. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NATURE REPUBLIC ALOE VERA DI KOTA.
Fitri Anggraini Gunawan, D. D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi Dan Endorser Terhadap Purchase Intention Pond’S Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–14.
Galang, T. (2021). Galang, Tanjung. Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Viewers Youtube Wardah Channel Suhay Salim) . Diss. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 2021. 2021.
Haryati, R. (2024). ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE GENERASI Z. 18(April).
Herry, G., & Widjaja. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Pada Brand Scarlett Whitening). Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 2(3), 184–199. Https://Doi.Org/10.55606/Jimas.V2i3.3075
Hutabarat, N., & Malau Rumondang, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Body Lotion Scarlett Di Kota Medan. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4(1), 1–27.
Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i6.754
Lesmana, T. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Berbelanja Online. Jurnal EBI, 5(2), 46–56. Https://Doi.Org/10.52061/Ebi.V5i2.175
Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Korea Lee Minho, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 174–186.
Mina, C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Dengan Taste Sebagai Variabel Moderasi. 1–23.
Nur, A. (2023). Asyikin, Nur. Pengaruh Iklan, Persepsi Kualitas Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Scarlett Di Batam . Diss. Prodi Manajemen, 2023. 2023.
Priya Zenita, B., & Restuti, P. (2024). Kepercayaan Konsumen Terhadap Produk Skincare Melalui Endorsement Dari Influencer Muslim Purchasing Confidence In Skincare Products Through Endorsements From Muslim Influencers. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(2), 143–160. Https://Doi.Org/10.37366/Ekomabis.V5i02.1407
Putri, A. A., & Masreviastuti. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Media Sosial Terhadap Kepercayaan. 56–62.
Setiadi, Nugroho J., And M. M. S. (2019). Setiadi, Nugroho J., And M. M. Se. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga . Vol. 3. Prenada Media, 2019. 3, 2019.
Sirait, N. C. S., Arif, A., & Sulaiman, F. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Niat Beli Konsumen Scarlett Whitening ( Studi Kasus Gereja Korps Polonia ). JAMAK: Jurnal Aplikatif Manajemen Akuntansi Dan Kewirausahaan, 01(01), 8–17.
Tjahyadi, R. Arlan. (1838). BRAND TRUST DALAM KONTEKS LOYALITAS MEREK: PERAN KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN KARAKTERISTIK HUBUNGAN PELANGGAN-MEREK. The Lancet, 30(767), 231–232. Https://Doi.Org/10.1016/S0140-6736(02)95882-4
Yulistiara, E. (2021). PENGARUH BRAND SCARLETT, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI ERA NEW NORMAL ( Studi Pada Konsumen Scarlett Di Kabupaten Pringsewu). Skripsi, 62.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8611
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional