Pengaruh Konsistensi Cita Rasa, Kualitas Pelayanan dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian di Majestyk Bakery and Cake ShopTebing Tinggi.

Aprina Septauli Manurung, Syahrizal Chalil

Sari


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisisย  pengaruh konsistensi cita rasa, kualitas pelayanan dan social media marketing terhadapkeputusan pembelian di Majestyk Bakery and Cake Shop Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner kepada konsumen di Majestyk Bakery and Cake Shop Tebing Tinggi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 158 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji hipotesis mellaui ujiโ€“t dan uji-f, uji koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial konsistensi cita rasa, berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-โ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›g (8,236) > t-tabel (1,975). Dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian,ย  hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-โ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›g (3,219) > t-tabel (1,975). Serta variabel social media marketing berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian,ย  hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-โ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›g (2,183) > t-tabel (1,975). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel konsistensi cita rasa, kualitas pelayanan dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai f-โ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›g (57,514) > f-tabel (2,66). Dan diperoleh nilai R 0,727, serta nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini adalah 0,519. Kemudian sisanya sebesar 48,1%ย  dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

ย 

Kata Kunci : Konsistensi Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(2), 108.

Arifah,M., S. Suryoko. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Produk pada Boy's Cake and Bakery Mojolaban, Sukoharjo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10 (1), 849-856.

Arifin, Samsul, and Ali Ali. (2023). Peran Customer Involvement Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 7(1), 82-112.

Ariska, V., Maduwinarti, A., dan Nasution, U. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada roti pada Prima Bakery di Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis, 1 (1), 128-138.

Budiarto. (2020). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Bakery And Cake Pada Masyarakat Di Citra Raya Cikupa Kabupaten Tangerang 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pengembangan Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 66-69.

Dewi, Ni Made Puspita, Gusti Ayu Imbayani, and Pande Ketut Ribek. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas, 2(3), 66-74.

Drummond, K. E.., Brefere. L. M. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professionalโ€™s. Seventh Edition. New jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Erpurini, W., Irawan, N., Nurlela, W. (2023). The Influence of Price and Service Quality on the Purchase Decision at Holland Bakery Lembang, West Bandung Regency. Journal of Management and Business, 7(3), 556-569.

Fadillah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 10-12.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) : Deepublish

Ferrinadewi, E. 2016. Merek dan psikologi konsumen : Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunelius, S. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. New York: McGraw-Hill

Hasan, S. W., Nur, Y., & Bahasoan, S. (2023). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Roti Bakar Yappay Di Sungguminasa. Nobel Management Review, 4(1), 131โ€“141.

Kotler., Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2018). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (4th ed). Jakarta : Erlangga.

Maitsu U., Faiha U. (2024). The Effect of Consistency of Taste and Price of HIMAJAS Products for Consumers to Make Repeat Purchases. International Journal Administration Bussines and Organization, 3(3), 25-28.

Melda, Eti Arini, And Ade Tiara Yulinda. (2020). โ€œPengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.โ€ Jurnal Enterpreneur Dan Manajemen Sains (Jems) 1(2),143โ€“49.

Moehyi, S. (2014). Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nasrullah, R. 2018. Khalayak media, Identitas, ideologi, dan perilaku pada era digital. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Novita Sari A., Hendrarini H., Wijayanti P. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kopi Kenangan Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen (Vol. 6 , Issue 07).

Nurhayati, T. (2017). Pengembangan Produk Pangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursiwad, R. (2023). Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Mixue Cabang Mojosari. Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 1(4), 111-117.

Purwanto, A. (2020). Digital Marketing: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rahayu, W. (2019). Manajemen Mutu Pangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Saputri, S., Sukoco, H., Farisi, H. (2024). Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Toko Kue keikeu). Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara, 1(5), 304-456.

Sangadji., Etta, M., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Sardi, W., Adinansyah, R. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Asia Baru Cake & Bakery Kendari. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 117-223.

Septiawan, R., Pramutoko, B., Mahaputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rotiโ€œJava Bakeryโ€ di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Journal of Economics and Business Management, 2(3), 196-206.

Subianto, T. (2017). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernsasi , 3(3), 165โ€“182

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suryanto, B. (2022). Inovasi pengolahan produk lokal: Meningkatkan daya saing UMKM di era globalisasi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 18(1), 55-70.

Sutisna, T. (2018). Digital Marketing: Strategi dan Implementasi. Bandung: Refika Aditama.

Tamaya, D., Mulyono, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Cita Rasa, Harga, Dan Pemasaran Terhadap Minat Pelanggan Di Hasan Bakery Cikarang. Jurnal Mirai Management, 8(2), 437-454.

Tjiptono, F. 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter