Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Peningkatan Kompetensi SDM di Era Digital
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di era digital. Kompetensi SDM menjadi elemen kunci dalam menjaga daya saing organisasi di tengah transformasi digital yang semakin cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 150 responden yang merupakan karyawan di sektor jasa yang telah mengikuti pelatihan e-learning dalam enam bulan terakhir. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert, dan data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (e-learning) dan variabel dependen (kompetensi SDM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi SDM, terutama dalam aspek penguasaan teknologi, kemampuan komunikasi digital, dan pemecahan masalah berbasis data. Temuan ini memperkuat peran e-learning sebagai alternatif strategis dalam pengembangan SDM yang adaptif dan berkelanjutan di era digital. Implikasi praktis dari penelitian ini mendorong organisasi untuk mengintegrasikan sistem e-learning yang interaktif dan berbasis kebutuhan kerja aktual guna meningkatkan kapabilitas karyawan secara konsisten.
Kata Kunci: e-learning, kompetensi SDM, transformasi digital, pengembangan karyawan, teknologi pembelajaran
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Mamary, Y. H., Shamsuddin, A., & Abdul Hamid, N. A. (2015). The impact of e-learning on human resource development. Journal of Computer Science, 11(3), 456-465.
Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development (8th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Jadhav, R., & Patankar, M. (2021). Role of e-learning in skill enhancement of employees in digital age. International Journal of Management, 12(4), 103-110.
Lee, S. H., & Lee, C. Y. (2022). E-learning effectiveness in corporate training: A study on learner satisfaction and skill acquisition. Human Resource Development International, 25(2), 167–183.
Margherita, A., & Bua, I. (2021). The role of human resource practices for digital transformation: A review. The International Journal of Human Resource Management, 32(20), 4321–4345.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). Wiley.
Jadhav, R., & Patankar, M. (2021). Role of e-learning in skill enhancement of employees in digital age. International Journal of Management, 12(4), 103–110.
Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. McGraw-Hill.
Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. Wiley.
Daryati, Yanthi dkk. (2024). Pengaruh Faktor Individu, Dukungan Organisasi danDukunganManajemen Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Humas danBagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi. Vol.4, No.1, November 2024.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8666
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional