Studi Komparatif Efektivitas Iklan Berbayar di Media Sosial Facebook dan Instagram

Vita DD Soemarno

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas iklan berbayar di dua platform media sosial terbesar, yaitu Facebook dan Instagram, dalam meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kepada 150 responden pengguna aktif media sosial yang pernah berinteraksi dengan iklan berbayar di kedua platform tersebut. Data dianalisis menggunakan teknik uji beda (independent sample t-test) untuk mengetahui perbedaan signifikan antara efektivitas iklan di Facebook dan Instagram.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berbayar di Instagram memiliki tingkat engagement rate yang lebih tinggi dibandingkan Facebook, terutama pada segmen usia 18–34 tahun. Namun, iklan di Facebook lebih efektif dalam menghasilkan konversi penjualan untuk kategori produk dengan target usia di atas 35 tahun. Secara statistik, terdapat perbedaan signifikan dalam efektivitas iklan antara kedua platform (p < 0,05), di mana Instagram unggul dalam membangun brand awareness sementara Facebook lebih unggul dalam mendorong pembelian langsung.

 

Implikasi dari temuan ini adalah bahwa pemilihan platform iklan harus disesuaikan dengan segmentasi target pasar dan tujuan kampanye. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemasar digital dalam mengoptimalkan strategi iklan berbayar untuk meningkatkan hasil pemasaran.

 

Kata Kunci: Digital Marketing, Facebook Ads, Instagram Ads, Efektivitas Iklan, Media Sosial


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Belch, G. E., & Belch, M. A. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley.

Statista. (2024). Number of Monthly Active Users of Facebook and Instagram Worldwide as of January 2024. Retrieved from www.statista.com

We Are Social & Kepios. (2024). Digital 2024: Global Overview Report. Retrieved from www.datareportal.com

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Statista. (2024). Number of Monthly Active Users of Facebook and Instagram. Retrieved from www.statista.com

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

We Are Social & Kepios. (2024). Digital 2024: Global Overview Report. Retrieved from www.datareportal.com

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley.

Statista. (2024). Number of Monthly Active Users of Facebook and Instagram Worldwide as of January 2024. Retrieved from www.statista.com

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Media Marketing (3rd ed.). Sage Publications.

We Are Social & Kepios. (2024). Digital 2024: Global Overview Report. Retrieved from www.datareportal.com

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education Limited.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Media Marketing (3rd ed.). Sage Publications.

We Are Social & Kepios. (2024). Digital 2024: Global Overview Report. Retrieved from www.datareportal.com

Daryati, Yanthi dkk. (2024). Pengaruh Faktor Individu, Dukungan Organisasi danDukunganManajemen Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Humas danBagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi. Vol.4, No.1, November 2024.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter