Pengaruh Ketersediaan Barang, Personal Selling Dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Safari Collection

Khairunnisa Siregar, Yudi Prayoga

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh ketersediaan barang, personal selling, dan display produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Safari Collection. Dalam situasi persaingan ritel yang semakin ketat, pemahaman terhadap faktor-faktor penentu keputusan konsumen menjadi krusial dalam mendukung strategi bisnis perusahaan. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen dan dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, ketersediaan barang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ini menunjukkan bahwa ketika produk tersedia dengan cukup, kemungkinan konsumen untuk membeli akan meningkat. Personal selling juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, menandakan bahwa komunikasi langsung antara tenaga penjual dan konsumen mampu mempengaruhi keputusan akhir pembelian melalui pendekatan yang persuasif dan interaktif. Demikian pula, display produk terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Safari Collection, artinya display produk berperan dalam menarik perhatian konsumen dan memicu minat beli, sehingga berdampak positif terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut ketersediaan barang, personal selling, dan display produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Safari Collection. Temuan ini menekankan pentingnya penerapan strategi pemasaran ritel yang terintegrasi dan berfokus pada pengalaman konsumen untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Kata Kunci: Ketersediaan Barang, Personal Selling, Display Produk, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. (2014). Electronic Word-Of-Mouth (E-Wom) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Dan Kafe di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa , 1–13.

Amin Wijaya Tunggal, 2014, Manajemen Kontemporer, Jakarta : Harvindo

Chandra, Gregorius. 2019. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Elvira Ismagilova. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing. Context. Springer Briefs in Business.

Erna Listyaningsih dan Amalia Vika Launi, (2024). Pengaruh Harga, Diskon Shopee, Iklan Media, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Online Dengan Literasi Keuangan Digital Sebagai Variabel Moderasi Pada Marketplace Shopee. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan dan Tata Kelola Perusahaan (JAKPT) Volume 1, No 3 – Maret 2024.

Estiawan, Yulivio, Belva, Andrian, Anas, , Haryudi dan Nursal, Fadhli, M., (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Saluran Distribusi, Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Pada Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen Vol.2, No.7 Juli 2024.

Faroji, R. & Rifuddin, B. (2021) “Pengaruh Display Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Bina Agramulya di Cimone,” Jurnal Tadbir Peradaban, 1(1), hal. 42–47. Tersedia pada: https://doi.org/10.55182/jtp.v1i1.9.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (dasar dan konsep) (Q. Media (ed.)). CV. Penerbit Qiara Media.

Fitrotin, R. R., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Keputusan Pembelian Produk Near Expired Kecap Bango yang Dimediasi oleh Minat Beli (Studi Kasus di Transmart Rungkut Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 09(03), 1492–1500.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN: Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. YUME : Journal of Management, 4(2), 155–161. https://doi.org/Volume 4 Issue 2 (2021) Pages 155 - 161 YUME : Journal of Management

Immanulell, D. M., & Maharia, M. A. (2020). Elngaging Pulrchasel Delcision of Culstomelrs in Markeltplacel Channell: A Stuldy of Fashion Onlinel Reltail. Julrnal Bisnis Dan Manajelmeln, 7(2), 106–117.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kurniawan, K. 2020. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli, Projasa Web:https://projasaweb.com/

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip 2018, Manajemen Pemasaran , jilid I dan II, Edisi 9, PT.Indeks, Gramedia, Jakarta.

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Juni Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 4(1), 45–58. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/453/384

Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Ratnasari, D. D. (2022). Strategi Komunikasi Personal Selling Merchandiser Display General Trade dalam Memenuhi Target Penjualan Di PT Kalbe Nutritional Cabang Bekasi: Studi Deskriptif Produk Diabetasol. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3).

Ocu, Asimilubti, Herry dan Nurhazizah, Eva., (2024). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasar Tanah Abang. Economics and Digital Business Review. Volume 5 Issue 2 (2024) Pages 258 – 269.

Pearly Angeline Sasela, Tin Agustina Karnawati, M. B. (2023). Pengaruh Display Product Danstore Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Indomaret 2 Di Sukorejo – Pasuruan. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen(JIRAM), 1(1), 67–82.

Rahayu, F., Fitri, I. A., Sarwoto, & Cen, C. C. (2024). Pengaruh Ketersediaan Barang Dan Display Produk Terhadap Store Atmosphere Serta Implikasi Pada Impulse Buying. Berajah Journal : Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 4(4).

Renata, M. (2020). Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Dalam Study Kasus Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Cleo Di Kelurahan Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Swasta DH, Basu. 2018. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa -Prinsip, penerapan dan penelitian (II). Andi Publisher.

Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran, Edisi ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran strategik : mengupas pemasaran strategik, branding strategik, customer satisfaction, strategi kompetitif hingga e-marketing (Edisi 3). Andi.

Tonce, Yosef & Rangga, Yoseph DP. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep Dan Studi Kasus). Indramayu: Penerbit Adad.

Viona Aldina Permatasari, Awanis Linati Haziroh, Mahmud, Roymon Panjaitan, (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Scarlett Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Kampus Swasta Di Kota Semarang). Economics and Digital Business Review. Volume 5 Issue 1 (2024) Pages 236 – 247.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8671

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter