Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Rindu
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen, kualitas layanan, dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian di Warung Rizki. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif yang bertujun untuk mengukur serta menganalisis hubungan dan pengaruh antar variable. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap konsumen yang memiliki pengalaman berbelanja di Warung Rizki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen persepsi konsumen, kualitas layanan, dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara ketiganya, nilai pelanggan merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, diikuti oleh persepsi konsumen dan kualitas layanan. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman terhadap nilai yang dirasakan konsumen serta konsistensi dalam pelayanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan daya saing usaha kuliner
Kata kunci: Persepsi konsumen, kualitas layanan, nilai pelanggan, keputusan pembelian, Warung Rizki.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Damayarsi, D., & Marisa Sutanty. (2023). ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA XL DI SUMBAWA BESAR. Samalewa: Jurnal Riset Dan Kajian Manajemen, 3(2).
Elliyana, E., Agustina, T. S., Kadir, H., Imanuddin, B., YulianI, Mohdari, H., Dwita, F., Bachtiar, N. K., Lidiana, Sedyoningsih, Y., Abdurohim, Ardyan, E. E., Marlinah, L. G., & Rachman, S. (2022). DASAR-DASAR PEMASARAN (Pertama). Ahlimedia Press.
Estamarinda, E., Akila, & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manivestasi, 3(1), 69–82.
Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 53–60.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (dasar dan konsep) (Q. Media (ed.)). CV. Penerbit Qiara Media.
Wang C, Liu T, Zhu Y, Wang H, Wang X, Zhao S. The influence of consumer perception on purchase intention: Evidence from cross-border E-commerce platforms. Heliyon. 2023 Oct 27;9(11):e21617. doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e21617. PMID: 37942167; PMCID: PMC10628707.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Terapan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5
Kurniawan, R. S., Juhari, Zufriady, & Holanda, S. (2024). Efektivitas Seruan Aksi Boikot Produk Pro Israel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Bagi Produk Lokal. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2).
NGUYEN, D. T., PHAM, V. T., TRAN, D. M., & PHAM, D. B. T. (2020). Impact of Service Quality, Customer Satisfaction and Switching Costs on Customer Loyalty. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(8), 395–405. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO8.395
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3).
Priansa, D. J. (2021). PERILAKU KONSUMEN : Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Sarifuddin, T., Raheni, C., Putra, S. M., & Lilik, N. N. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Makeup. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Susanti, Mulyono, H., & Syamsuri, A. R. (2021). Pengaruh Ketersediaan Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Sumber Perintis Jaya Dolok Masihul. JURNAL BISNIS MAHASISWA, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.15
Smith, J. A. (1996). Beyond the divide between cognition and discourse: Using interpretative phenomenological analysis in health psychology. Psychology & Health, 11(2), 261–271. https://doi.org/10.1080/08870449608400256
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8672
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional