Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo di Toko Erafone Kota Gorontalo

Fardila Oktaviani Husa, Hapsawati Taan, Umin Kango

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan 96 sampel responden pengguna smartphone vivo di Erafone kota gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0.162 atau 16.2%, Kualitas Produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0.638 atau 63.8%. variabel Brand Image dan Kualitas Produk bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0.572 atau 57.2% sedangkan sisanya 42.8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti di dalam penelitian ini

 

Kata Kunci: brand image, kualitas produk, keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaloedin, M., Taan, H., Biantoro, T. S., Effendi, R., Hamriono, N., Suharto, S., ... & Krismawan, L. (2024). Dasar–dasar manajemen. Penerbit Tahta Media.

Asari, A., Taan, H., Sucandrawati, N. L. K. A. S., Wijayanto, G., Sartika, S. H., Mustari, M., ... & Sitorus, A. N. (2023). Manajemen Pemasaran di Era Digital.

Citra Rizkiana, Edy Suryawardana, Putri Pratiwi, Aprilia Santoso, 2023. Pengaruh Brand Image, Promosi dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian smartphone infinix. Journal of Economics and Accounting Vol. 3, No 3, Maret 2023

Didin Mauludin, 2017. Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas

Fallah Athallariq, 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian handphone oppo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.11, No. 4, April 2022

Ferlita Yulia Jansen, Frederik G Worang, Fitty Varie, 2020. Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian konsumen Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSRAT. Jurnal EMBA Vol. 10 No. 1, Januari 2022.

Kuengo, F. A., Taan, H., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 54-65.

Muh. Ichwan Musa, 2017. Pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian smartphone samsung pada mahasiswa universitas negeri makassar. Jurnal Economic Vol. 5 No. 1, Juni 2017.

Muhamad Bagus Mulianto, Joko Widodo, Sriwahyuni, 2021. Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone samsung( studi kasus pada mahasiswa FKIP universitas Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 15 No. 1, 2021.

Mohamad, R., Taan, H., & Niode, I. Y. (2024). Analisis Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Pada Pengguna Iphone Di Kota Gorontalo). Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 831-838

Muthia Shafitri, Lina Aryani, Nobelson, 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap minat beli konsumen Smartphone Vivo. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Volume 2, 2021.

Renil Septiano, 2022. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian smartphone pada mahasiswa S1 Akuntansi Padang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Vol 2. No 9 Februari 2022.

Rijal Setiawan, 2020. Pengaruh Citra Merek dan Atribut Produk terhadap keputusan pembelian produk handphone vivo pada PT Salim Surya Phone di Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, Volume 8, No 1, 2020.

Setiawan Tri Saputri, Kadarisman Hidayat, Sunarti, 2017. Pengaruh kualitas Produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pengguna iphone. Jurnal Administrasi Vol. 50 No. 6, September 2017.

Sheila Wijayanti, 2022. Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo/Oppo pada mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Akuntansi.

Supriyadi, Wahyu Wiyani, Ginanjar Indra K.N, 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 4 No. 1, Januari 2017

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Mosi, I. M. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 315-330.

Taan, H. (2016). Peran riset pemasaran dalam pengambilan keputusan manajemen. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 11(2).

Taan, H. (2021). Konsep dasar perencanaan pemasaran dan proses penyusunannya. Jurnal Manajemen, 5(2), 344-â.

Tjiptono, 2016. Jurnal EMBA

Ujang Setiawan, Patricia Dhiana P, Andi Tri Haryono, 2015. Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap keputusan pembelian handphone Blacberry Gemini. Jurnal manajemen pemasaran 2015.

Veni Saniyatul Mubarokah, 2021. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo. jurusan Ekonomi Syariah.

Verensia Octavia, Retno Budi lestari, 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone vivo di kota palembang. Jurusan Manajemen STIE Multi Data Palembang




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter