Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor

Nine Inten Suryani, Reminta Lumban Batu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, ekuitas merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dengan data diperoleh dari kuesioner kepada konsumen yang telah membeli Smartphone iPhone. Data sekunder yang diperoleh disesuaikan dengan literature yang berkaitan dengan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 konsumen yang diambil dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, ekuitas merek dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Ekuitas Merek, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract
This study aims to examine the impact of product quality, brand equity, and lifestyle on purchasing decision of iPhone Smartphone in Bogor City. This study uses primary data, namely data obtained from questionnaires to consumers who have purchased iPhone Smartphone and living in Bogor City. Secondary data obtained relates to the literature relating to researchers. The sample in this study was 150 consumers, taken by purposive sampling method. The analytical method used in this study is to use the Structural Equation Model (SEM) analysis with the help of the IBM SPSS AMOS 26 program. The results of the study show that product quality, brand equity and lifestyle have a positive and significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Product Quality, Brand Equity, Lifestyle, Purchasing Decision

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, D. R., Budiwati, H., & Irwanto, J. (2019). Pengaruh Gaya Hidup , Kualitas Produk dan Variasi terhadap Keputusan Pembelian Keputusan Pembelian Produk Peneng ( Studi Kasus pada Konsumen CV MILI ARTA Lumajanga ). 17–21.

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Arianto, N., & Albani, A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(3), 1–14. https://doi.org/10.32493/frkm.v1i3.2545

Bilgies, A. F. (2017). Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 78–90. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.7

Camelia, S. B., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Keragaman Menu, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Restoran Dâ€TMCost Seafood Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 6(3), 426–432.

Darmasari, R., & Wijayanto, G. (2014). Pengaruh Brand Equity Dalam Membentuk Lifestyle Dan Customer Value Pada Pengguna Merek Smartphone Di Kota. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VI(2), 86–98.

Deccasari, D. D., & Amin, A. (2021). TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA SEPATU MEREK SKETCHERS ). DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1).

Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). ANALISIS CITRA MEREK, HARGA PRODUK DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG PADA SELURUH GERAI – GERAI SELULER DI IT CENTER MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20997

Edwar, D. I. P. dan M. (2014). E-JOURNAL UNESA PENGARUH GAYA HIDUP, FITUR PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL TWITTER DI SURABAYA SELATAN Dwi Ilham Prasetya dan Muhammad Edwar. E-Journal Unesa Pengaruh, 2(2).

Fadhlirridho, E., & Widodo, T. (2020). Anteseden keputusan pembelian produk iphone pada brand apple (studi kasus pengguna iphone di kota bandung). EProceedings of Management, 7(1), 150–160.

Fajri, F. Al, Bagaskara, B., Wijayanti, R. M., Christi, Y. B., & Suhud, U. (2020). ntesedenyang Mempengaruhi Repurchase IntentionKonsumenpada SmartphoneBuatan Korea. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 1(1).

Fitroh, R., & Suyono, H. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Konstruk Resiliensi Ego Menggunakan SEM. Psyche 165 Journal, 13(02), 205–210. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.29165/psikologi.v13i2.1343

Habib, M. D., & Sarwar, M. A. (2021). After-sales services, brand equity and purchasing intention to buy second-hand product. Rajagiri Management Journal, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/ramj-07-2020-0033

Hanike, Y., & Damirah, D. (2018). Modifikasi Model Analisis Structural Equation Model (Sem) pada Reaksi Pasar di Perusahaan Bursa Efek Indonesia Melalui Modification Indices. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 127. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.665

Hendro, chardika R., & Hidayat, W. (2018). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2018, Hal. 1-8 http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/ Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.

Lingkan, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.16(No.01), 493–502. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913

Mananeke, L., Tawas, H., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Analisis Faktor Determinan Keputusan Pembelian Digerai Starbucks Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4). https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26022

Nasution, A. E., & Nio, S. R. (2019). Hubungan dimensi gaya hidup dengan keputusan pembelian pakaian second hand. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 026, 1–10.

Novianti, T. A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2018), 43–50.

Nurkhin, A. (2017). Pengujian Dimensi Konstruk Literasi Keuangan Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 727–736.

Parandani, X. A., & Budiman, A. S. (2014). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manfaat Bersih dan Kepuasan Pengguna E-Procurement. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 1(1), 85–96.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870

Prasetyaningsih, E., & Sukardiman, D. F. (2015). PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS BRANDED TIRUAN PADA WANITA KARIR DI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Purnama, R., & Pralina, A. R. (2016). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran the Centrum Bandung. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1), 973. https://doi.org/10.17509/thej.v6i1.2008

Purwanti, N. D., Sugiono, & Hardiningtyas, D. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: PT.PLN (Persero) Rayon Malang Kota). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 3(2), 244–255.

Qalati, S. A., Wenyuan, L., Kwabena, G., Erusalkina, D., & Pervaiz, S. (2019). Influence of Brand Equity on Brand Performance : Role of Brand Reputation and Social Media. International Journal of Research and Revision, 3(9), 304–317. https://doi.org/10.4444/ijrr.1002/1382

Qazzafi, S. (2019). CONSUMER BUYING DECISION PROCESS TOWARD PRODUCTS. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2(5).

Raharjo, S. T. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6(ISSN 2337-3792), 1–12.

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Cakrawala, XVII(2), 139–145.

Sahir, S. H., Ramadhani, A., & Tarigan, E. D. S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1–15), 130.

Sari, E., & Mangoting, Y. (2014). Pengaruh Keadilan dan Komunikasi Terhadap Kepatuhan Sukarela Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pajak Dan Akuntansi, 4(1), 1–14.

Sari, N. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy. Journal of Chemical Information and Modeling, 17(9), 1689–1699.

Setiyana, Y., & Widyasari, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, ekuitas merek dan gaya hidup terhadap proses keputusan pembelian produk honda vario. Prosiding SENDI_U 2019, 978–979.

Shriedeh, F. B. (2019). Strategic Factors for Building Brand Equity: Jordan Medical Tourism. Jurnal The Messenger, 11(1A), 121. https://doi.org/10.26623/themessenger.v11i1a.821

Sofiani, S., & Colline, F. (2017). PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE(Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana). Ilmiah Manajemen Bisnis, 18(2), 89–108.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Pembelian Produk Iphone ( Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi ). Cakrawala, 3(1), 1–10.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Lion Star di Modern Market Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 21.

Suharyani, K. (2015). Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), 1–13.

Sujana, Y. T. S. and. (2018). The Influence of Hedonic Shopping Motivation , Impulsif Buying , and Lifestyle on Purchase Decisions The Influence of Hedonic Shopping Motivation , Impulsif Buying , and Lifestyle on Purchase Decisions. (August).

Tawas, H., & Pandensolang, J. (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Pada Pt. Bangun Wenang Beverges Company Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1113–1124.

Winatapradja, N. (2013). Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Donat J.Co Donuts & Coffee Di Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 958–969. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.1905

Sumber Website :

(https://www.idc.com, diakses pada Tanggal 92 Februari 2021, Pk 13.43 W

IB).

(https://mediaindonesia.com, diakses pada Tanggal 27 April 2021, Pk 17.09 WIB)

(https://www.topbrand-award.com, diakses pada Tanggal 05 Februari 2021, Pk 14.26 WIB).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.875

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter