Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Nagari Cabang Tapan Di Pesisir Selatan

Juarsa Badri, Yovanda Dwi Putra, Romi Susanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Nagari Cabang Tapan Pesisir Selatan, 2. Pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada Bank Nagari Cabang Tapan Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan pada Bank Nagari Cabang Tapan di Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 78 responden diperoleh dari populasi 347 nasabah. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik sampel yang digunakan adalah melalui teknik probability sampling yang diperoleh langsung dari responden melalui penyebaran kuesioner (angket). Analisis data menggunakan metode uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikansi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah secara parsial. Kepuasan berpengaruh tetapi tidak signifikansi terhadap loyalitas nasabah secara parsial. Kualitas layanan dan kepuasan berpengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah pada Bank Nagari Cabang Tapan. 

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdillah, A., & Rachmat, B. (2023). Pengaruh Service Quality, Customer Trust Dan Customer Loyalty Terhadap Word of Mouth Pada Nasabah Bank Bri Di Surabaya. Jurnal Perbanas, 3(2), 1–21. http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/5551

Afifah, A., & Kurniawati, N. A. (2021). Influence of service Quality Dimensions Of Islamic Banks On Customer Satisfaction And Their Impact On Customer Loyalty. Journal of Islamic Economic Laws, 4(2), 105–136.

Ahmad, M., Siswadhi, F., & Sarmigi, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Religiusitas Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pt. Bank Nagari. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship, 4(1), 49–62. https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/bee/article/view/411

Angely, G., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 51.

Badri, J., & Sepriyanti, R. (2024). Pengaruh Kepercayaan Nasabah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Menabung Di Bank Rakyat Indonesia Cabang Tapan. Ensiklopedia of Journal, 6(3), 48-57.

Badri, J., & Putri, S. E. (2021, July). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Lubuk Gadang. In Social Humanities and Economic 1.

Budaharini, I. A. P., Kusuma, I. G. A. T., Widyani, A. A. D., Sujana, I. W., & Villaceran, I. (2022). The effect of service quality and customer satisfaction on customer loyalty with customer trust as intervening variables in cv power hearing Bali. International journal of sustainability, education, and Global creative economic (ijsegce), 5(2), 107–124

Darmawan, D. (2018). The effect of service quality, customer satisfaction and corporate image on customer loyalty in the banking sector in Indonesia.

Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19.

(5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.

Badan Penerbit Undip.

Hamzah, Z., & Purwati, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 3(1), 98–105.

Herry Novrianda. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Studi Manajemen & Organisasi, 13 (1)(1), 71–85.

https://www.banknagari.co.id/

Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., Maulana, A., Safitri, K., Fahlevi, M., & Sulistyo, A. (2022). The role of customer trust, service quality and customer satisfaction on customer loyalty. International journal of data and network science, 6(2), 477–486.

Naini, N. F., Santoso, S., Andriani, T. S., & Claudia, U. G. (2022). The effect of product quality, service quality, customer satisfaction on customer loyalty. Journal of consumer sciences, 7(1), 34–50.

Ningsih, V., Adam, R. P., & Kornelius, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa “Rumah Laundry” Di Kecamatan Palu Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 1(1), 71–84.

Marlius, D. (2017). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE '''KBP''' Jurnal Iptek Terapan, 2, 116-128

Marlius, D. (2017). Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi Dilihat Dari Kualitas Pelayanan. 01(03), 237-250.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal Emba, 4(1), 575–584.

Prasetya, A. A., & Indiani, N. L. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Bali Semesta Agung Denpasar. Andhika Arie Prasetya, 12(1), 72.

Pérez-Morón, J., Madan, S., Cheu, J. Y., Kee, D. M. H., Cheong, L. C., Chin, R., Cheng, J., & García, A. P. M. (2022). Effect of service quality and customer satisfaction on customer loyalty: a case study of Starbucks in Malaysia. International journal of tourism and hospitality in Asia Pacific (IJTHAP), 5(1), 62–74.

Puji Lestari, F. A. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio EKons, 10(1), 87.

Putra, S. D., & Hasmawaty, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Kepuasan Nasabah Tabungan Prioritas Bank Negara Indonesia. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(1), 117.

Risma, R., Muhyidin, S., & Pratiwi, I. E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Resto & Café Rumah Laut Jayapura. EL MUDHARIB : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1), 1–

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.

Satria, F., & Diah Astarini. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1911–1924.

Septiana, N. M., Artiningsih, D. W., & ... (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8793

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter