Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Tanaman Hias di Mekar Hurip Nursery

Wilsam Akbar Rabbani, Doni Sahat Tua Manalu, Farhan Fauzul Azhim, Thoifatul Munawwaroh, Wiwik Wiqoyatun Nisa, Diana Shinta Rahayu, Zikra Rayhan Arief, Andini Wulandari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen saat membeli tanaman hias di Mekar Hurip Nursery. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2025. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode Gay dan Diehl dengan jumlah minimum sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan Google Form. Kuesioner terdiri dari beberapa pernyataan yang dinilai responden menggunakan skala Likert dengan rentang nilai 1 hingga 5. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, seluruh pernyataan dinyatakan valid karena memiliki nilai validitas > 0,361 dan reliabel karena nilai reliabilitasnya > 0,7. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Beberapa variabel independen dimasukkan dalam model regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel produk sebesar -0,163 dengan nilai signifikansi 0,725, variabel harga sebesar 0,972 dengan signifikansi 0,028, variabel tempat sebesar 0,192 dengan signifikansi 0,602, dan variabel promosi sebesar 0,352 dengan signifikansi 0,338. Berdasarkan hasil tersebut, hanya variabel harga yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan signifikansi di bawah 0,05 dan koefisien regresi positif sebesar 0,972. Selain itu, nilai R-square sebesar 0,51 menunjukkan bahwa variabel independen menjelaskan 51% variasi keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Faktor-Faktor; Keputusan Pembelian; Tanaman Hias.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A. 2021. Penggunaan dan Nilai Ekonomi dari Aglaonema sp. di Kalangan Pedagang Tanaman Hias Sekitar Cengkareng dan Pulo Gadung. Jurnal Bios Logos Vol 11. No. 2 11(2), 122–128.

Alfiani, L., Wahyuningsih, S., Wibowo, H., & Fachriyan, H. A. 2023. Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tanaman Hias (Studi Kasus Di Erista Garden, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta). Prospek Agribisnis Vol. 2. No. 1. (17 - 23).

BPS. 2023. Produksi Tanaman Hias Menurut Jenis Tanaman di Kabupaten Bogor, 2023. (https://bogorkab.bps.go.id/id/statist ics-table/ . diakses pada 1 Maret 2025).

Damayanti R P, Susanti A. 2021. Antesenden Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Masa Pandemi di Surakarta. Jurnal Lentera Bisnis Vol 10, No 2. (172-181).

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26, Edisi 4, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah N, dan Lubis S. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada CV. Paris Garden Medan. Undergraduate thesis, Universitas Medan.

Hunter, Eric J dan Bakewell, KGB 1991. Katalogisasi. London: Library Association Publishing.

IPB News. 2023. Kebun Percobaan IPB University di Sukamantri Jadi Pusat Nursery Tanaman Hias ( https://www.ipb.ac.id/news/index/20 23/07/. diakses pada 27 Februari 2025).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Mardiyanah, Cipto R C P. 2022. Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Syar’i di Toko Khadijah Balikpapan. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani Vol. 8. No. 1. (25 - 39).

Maryam S. 2009. Analisis Pendapatan Dan Efisiensi Usahatani Aglaonema (Aglaonema Sp.) Di Samarinda (Studi Kasus Pada Usaha Agribisnis Salma Shofa Samarinda). EPP Vol.6 .No.1. (17-23).

Masrida, L. P. W. 2023. Implementasi Strategi Marketing Mix 4P Dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kurnia Madu Kedir. 1– 14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books /NBK558907/

Pitaloka, D. 2020. Hortikultura: Potensi, Pengembangan Dan Tantangan. Jurnal Teknologi Terapan: G-Tech, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33379/gtech.v1i1. 260

Putri A A, Jannah A L, Samrotulaeni, dan Diki. 2024. Analisis Prospek Budidaya Tanaman Hias Sebagai Ekonomi Alternatif Pasca Pandemi COVID-19 di Pulau Jawa (Surabaya, Bekasi dan Bogor). Seminar Nasional Sains dan Teknologi "SainTek" Vol. 1 No. 1. (731-746).

Putri D, Saleh K, Siregar R. 2021. FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tanaman Hias di Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Pertanian (JIPERTA). 3. 138-147. https://doi.org/10.31289/jiperta.v3i2 .752

Rahayu, S. 2023. Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 2(1), 109–113. https://doi.org/10.47233/jppisb.v2i1. 705

Sanaky, M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. 2021. Jurnal Simetrik Vol 11, No. 1, Juni 2021. Jurnal Simterik, 11(1), 432–439.

Silalahi, U. 2006. Metode Penelitian. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 216. Sitepu, R. K.-K., & Sebayang, V. br. 2019. Metode Kuantitatif untuk Manajemen Dilengkapi dengan Contoh Penggunaan Aplikasi Excell - SAS dan Quantitaive Methods. 335–353.

Sitorus, A. 2022. Mekanisme Penetapan Harga (Price) Dan Kebijakan Penentuan Keuntungan (Profit) Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Attanmiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam , 1(1), 44–59. https://creativecommons.org/licens es/by-sa/4.0/

Wardhana A. 2024. Perilaku Konsumen di Era Digital. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Widyana S F, Naufal A D. 2018. Analisis Kualitas Operasional Produksi (Survei Terhadap PT Aerofood Indonesia). Jur Jurnal Bisnis dan Pemasaran Vol. 8. No. 3. (53 – 6).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8799

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter