Analisis Inovasi dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen pada UMKM Tahu Krispi Ajib Pamanukan

Fajar Nugraha Yusman, Abdul Hafidz, Tarinih Tarinih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada UMKM Tahu Krispi Ajib di Pamanukan. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan yang diduga disebabkan oleh kurangnya inovasi dan ketidakkonsistenan kualitas produk. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-verifikatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 92 orang, yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, inovasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan nilai thitung 2,592 > ttabel 1,662 dan signifikansi 0,011 < 0,05. Kualitas produk juga memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung 2,883 > ttabel 1,662 dan signifikansi 0,005 < 0,05. Secara simultan, inovasi dan kualitas produk memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai Fhitung 14,385 > Ftabel 3,099 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengelolaan inovasi dan kualitas produk secara berkelanjutan dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen pada sektor UMKM.

Kata kunci: : inovasi, kualitas produk, loyalitas konsumen, UMKM, tahu krispi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cesariana, Carmelia, Fadlan Juliansyah, and Rohani Fitriyani. 2022. “MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN).” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 3(1):211–24. doi: 10.38035/jmpis.v3i1.867.

Curatman, Aang. 2016. “Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon.” LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon 18(3):61–75.

Kotler and Philip. 2016. “Prinsip-Prinsip Pemasaran.” Https://Www.Scribd.Com/Document/425529173/Buku-Prinsip-Prinsip-Pemasaran-Philip-Kotler-Gary-Armstrong-Jilid-1-Edisi-12-Pdf. Retrieved April 25, 2025 (https://www.scribd.com/document/425529173/buku-prinsip-prinsip-pemasaran-philip-kotler-gary-armstrong-jilid-1-edisi-12-pdf).

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016a. Marketing Management. 15e [edition]. Boston: Pearson.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016b. Marketing Management. Pearson Education Limited.

Philip Kotler and Kevin Keller. 2022. Marketing Management. 16e ed. New York.

Yusman, Fajar Nugraha. 2024. “Keterampilan Manajemen Ekonomi, Pendidikan Era Digital, Tantangan Dan Peluang Di Era Digital.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 7(2):1–13. doi: 10.26858/jekpend.v7i2.61249.

Zhang, Jonathan Ardian, and Christina Whidya Utami. 2023. “PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ELLY BAKERY.” PERFORMA 8(5):559–70. doi: 10.37715/jp.v8i5.3803.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter