Analisis Pengaruh Responsiveness Dan Reliability Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Serasi Karya Motor Sumbul Kabupaten Dairi

Yeyen Aprilia Munthe, Agus Rahmadsyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Responsiveness dan Reliability terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Serasi Karya Motor Sumbul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen bengkel serasi karya motor Sumbul dan mendapat sampel sebanyak 100 sampel. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Resoinsiveness  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, variabel Reliability  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudian Responsiveness  dan Reliability secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Keywords : Responsiveness, Reliability  dan Kepuasan Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M. A. (2023). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mirai Management , 321-334.

Amrudin. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Group.

Aridiyanto, M. J., & Penagsang, P. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi (Studi kasus: Koperasi Di Surabaya Utara). Ekonomi&Bisnis, 31.

Armine, J., & Dewi, L. (2021). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Strart Up Bisnis, 661.

Chandra, Dkk. (2020). Service Quality, Cunsumer Satisfaction, Dan Consumer Loyality, : Tinjauan Teoritis. Malang: CV IRDH.

Hermawan, Dkk. (2022). Buku ajar penelitian kuantitatif. jawa tengah: EUREKA MEDIA AKSARA.

Herudiansyah, Dkk. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9-17.

Hutabarat , R. D., & Rahmadsyah, A. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap kepuasan konsumen pada usaha royal coffee kecamatan medan denai kota medan. Jurnal Ekonomi Revolusioner, 335-342.

Indartini, M., & Multamainah. (2024). Analisis Data Kuantutatif. Jawa Tengah: Lakeisha.

Irma, A., & Saputra, H. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel. NIAGAWAN, 164-171.

Japlani, A., & Suryadi. (2022). Pengaruh Tangibles, Responsiveness, Dan Reliability Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengiriman Di Lampung. Jurnal Manajemen, 332-340.

Kharisma, Dkk. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. JUMANSI, 35.

Lusiana, Dkk. (2020). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen GrabBike. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 34-40.

Maharjan, K., & raya, R. (2024). An Empirical Study: Understanding The Influence of Responsiveness, Reliability, And Assurance On Customer Satisfaction in Online Banking Services. People’s Journal of Management (Nepal), 17-35.

Maknunah, L. U., & Astuningtyas, E. (2021). The Influence Of Service Quality On Consumer Satisfaction Course And Training Institution (Lkp) ) Citra Jelita Wonorejo Village, Srengat District Blitar District. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 339-361.

Maulidiah, Dkk. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 128-738.

Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyususnan Skala Sikap Model Likert Untuk Mengukur Sikap Siswa. 292-304.

Ramadhani, Dkk. (2021). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Air Bersih Tirtoyoso Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 17-27.

Rifai, K. (2023). Kepuasan Konsumen. Jawa Timur: UIN KHAS Press.

Riyadi, A. (2019). Analisis Pengaruh Reliability, Responsiveness , Assurance, Empaty, Tangibles Dan Keragaman Menu, Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus Storia Caffe di Sampit). Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 270-286.

Riyadi, A. (2020). Analisis Pengaruh Reliability, Responsiveness , Assurance, Empaty, Tangibles Dan Keragaman Menu, Terhadap Kepuasaan Pelanggan . Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 270-286.

Rohman , I. Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Atmosfer Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Ritel. Jurnal Manajemen, 10-19.

Sattar, Dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Bahagia Samarinda. Indonesian Journal Of Economy, Business, Entrepreneuship And Finance, 98-107.

Sayekti, Dkk. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemakai Layanan Jasa. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing, 16-27.

Sella, Dkk. (2022). The Influent Of Responsiveness And Empathy on Customer Satisfaction at . Jurnal Pesona Sriwijaya, 16-20.

Setiono, B. A., & Hidayat, S. (2022). Influence of Service Quality with the Dimensions of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangibles on Customer Satisfaction. International Journal of Economics, Business and Management Research, 330-341.

Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. Jakarta Timur: UKI PRESS.

Siswanto, Dkk. (2023). Pengaruh Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Auto2000 Semarang. 153.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, & Saudi, I. A. (2022). Metode Riset Praktir Regresi Berganda Dengan SPSS. Palangkaraya: Bobby Digital Center.

Zain, Dkk. (2021). Dampak Reliability Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Spbu Gowa . 8-19.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8813

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter