Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Inpres Luaan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SD Inpres Luaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Bebrbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SD Inpres Luaan sudah berjalan baik (1) penerapan manajemen berbasis sekolah dalam bidang kurikulum dimulai dari penyusunan visi, misi, tujuan sekolah, program pembelajaran, pembagian tugas, kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) bidang kesiswaan, sudah sesuai dengan program meliputi penerimaan siswa baru, (3) peningkatan profesional guru dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan, (4) dalam pengelolaan keuangan dilakukan dengan penetapan sumber dana, menganalisis kebutuhan, alokasi anggaran, pengawasan dan pelaporan dengan melibatkan stakeholder sekolah; dan (5) dalam bidang hubungan dengan masyarakat sudah berjalan dengan baik, diarahkan untuk mencapai tujuan sekolah dan melakukan sosialisasi tentang manajemen berbasis sekolah sebagai upaya melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif membantu sekolah. Kemudian faktor pendukung pelaksanaan yakni adanya peningkatan kedisiplinan guru di sekolah dan membuat program sekolah, demokratisasi dalam setiap pengambilan keputusan atau kebijakan. Ketiga adanya komitmen dan profesionalisme kerja Tenaga pendidik dalam usaha mengembangkan SD Inpres Luaan. Faktor penghambat pertama terbatasnya pengetahuan Tenaga pendidik tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), adanya pengaruh dari pusat dalam pengambilan keputusan sekolah terakhir
Kata kunci: Manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan, Sekolah Dasar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Departemen Agama RI. (2005). Departemen, Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah,
Jakarta: Direktoran Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Arcaro, S. James, 2010, Pendidikan Berbasis Kualitas, Prinsip-Prinsip dan Tata Langkah Penerapan, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi, 2008, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, (Edisi Revisi III), Rineka Cipta, Jakarta.
Asad A. From bureaucratic-centralism management to school based management: managing human resources in the management of education program. IRJE [Internet]. 2021. 5(1):201-25.
Barmawi dan M.Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.
Yogjakarta: Ar-Ruz Media.
Capacite RD. School-Based Management Practices as Predictors of School Performance in Public Elementary Schools amid the Pandemic. Gnosi : Interdiscip. J. Human Theo. Praxis [Internet]. 2022; 4(3):126-3.
Creswell, John W. 2015. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Darmaningtyas, 2012, Pendidikan, Pada dan Setelah Krisis (Evaluasi Pendidikan di Masa Krisis), LPIST, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Djoemad, T. (2010). Model Stratejik Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta.
Disertasi. Universitas Widyatama di Kota Bandung
Djohar, 2012, Pendidikan Strategik Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan, LESFI, Jakarta.
Dunn, 2003 …
Efriani, E., Ahyani, N., & Fattah, A. H. (2021). Implementasi Manajemen Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 14(2), 117- 121.
Fajrin, R. (2018). Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 125-156.
Fattah, Nanang. (2005). Konsep MBS dan Dewan Sekolah. Jakarta: Pustaka Bani Quraisy
Halimah, Siti. (2010). Telaah Kurikulum, Medan: Perdana Publishing.
Hardiansyah, F. (2022). The Implementation of School-Based Management in Improving Quality of Education in Primary School. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 148-162.
Masyhud, M. Sulthon, 2004. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.
Mukminin A, Fridiyanto, Hidayat M, Habibi A, Haryanto E, Harto K, Makmur, Muazza, Masbirorotni. The reform of national final exam policy in indonesia: jurisdiction, policyalternatives, and policy feasibility. Library Philosophy and Practice. 2019; 3110. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/3110/
Mukminin A, Habibi A, Prasojo LD, Idi A, Hamidah A. Curriculum reform in indonesia: moving from an exclusive to inclusive curriculum. [Kurikularna prenova v Indoneziji: Prehod od izključujočega k vključujočemu kurikulum] Center for Educational Policy Studies Journal. 2019; 9(2): 53-72. Available from:doi:10.26529/cepsj.543
Mukminin A, habibi a. Promoting access and success for disadvantaged students in Indonesian basic education: Social Justice in Education. Handbook of Research on SocialInequality and Education. 2019; 403-413.
Mukminin A. Ethics in education: An ethical analysis of the national standardized exam policy in indonesia. Logos (Lithuania). 2021; 109: 172-179. doi:10.24101/logos.2021.88
Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu.
Malang: UIN-Maliki Press
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep Strategi dan Implementasinya, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi dan Implementasi), Bandung, PT. Remaja Rosda Karya, cet. 3 & 4
Nurkolis, 2009. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 Tahun 2009 tentang ….
Pujiastuti, E. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 700-711.
Ratri, D. K. (2014). Implementasi Peraturan Walikota Nomor 36 Tahun 2013 Tentang Kebijakan Kota Layak Anak. Brawijaya University.
Rozikun, Ahmad dan Najamuddin. (2008). Strategi Perencanaan Manajemen Berbasis Madarasah (MBM) di Tingkat Menengah. Jakarta: Lista Fariska Putra.
Sahabuddin, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 97-108.
Sudaryanto, 2019. Pengaruh pola kepemimpinan terhadap kinerja guru dalam kerangka manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah (MPMBS) di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Jawa Timur
Sujanto, Bedjo. 2007. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah Model Pengelolaan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Sujoko. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja dalam Penerapan MBS terhadap Kinerja Guru SMU Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan ProVitae Vol VII/6/Juni 2019.
Sukarti, S., & Wibowo, U. B. (2013). Implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SEKOLAH DASAR Negeri di Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 269-284.
Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah Dari Teori Sampai Dengan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutisna, N. (2020). Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sma Negeri 1 Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).
Umaedi. (2004). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah. CEQM
Usman B, Muslem A, Nur E, Saiful, Yunus M Md. A strategic performance of school-based management for high schools in Aceh, Indonesia. Academy of Strategic Management Journal. 2019; 18(3) 1-8.
Usman, A., Harun, C. Z., & Murniati, A. R. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).
Utami, A. C. P., Winaya, I. K., & Prabawati, N. P. A. (2021) Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 5 Denpasar. Jurnal Administrasi Publik.
Wibowo, W. A. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 1 Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Disertasi, Universitas Lampung.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.1.8822
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional