Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Airmadidi.
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 2 Airmadidi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung serta memberikan pembinaan profesional bagi guru, yang pada akhirnya berdampak pada mutu pendidikan. Dalam praktiknya, ditemukan berbagai permasalahan terkait kinerja guru, seperti rendahnya kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran, kurangnya variasi metode dan media pembelajaran, serta minimnya kesiapan mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kompetensi manajerial maupun supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 9,062 + 0,080X₁ + 1,002X₂, yang berarti peningkatan kompetensi manajerial (X₁) dan supervisi kepala sekolah (X₂) secara simultan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru (Y). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan efektivitas kepala sekolah demi mutu pendidikan yang lebih baik.
Kata kunci: kompetensi manajerial, supervisi kepala sekolah, kinerja guru, pendidikan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bandura, A. (2001). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.
Depdiknas. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
Glickman, C.D. (2010). Leadership for learning: How to help teachers succeed. Alexandria, VA: ASCD.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). Supervisi dan kepemimpinan pembelajaran: Pendekatan perkembangan (Edisi ke-9, Terj.). Jakarta: Indeks.
Goldhammer, R. (2010). Supervisi Klinis: Metode Khusus untuk Supervisi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, R., Dyah, V. M., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Abad 21. Core.ac.uk.
IBM Corp. (2017). IBM SPSS Statistics for Windows, Version 25.0. Armonk, NY: IBM Corp.
Lolombulan, J. (2017). Statistika bagi Peneliti Pendidikan. Manado: ANDI.
Margono. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Manab, A. (2013). Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Makawimbang, J. H. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa. (2013). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Permendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Permendiknas. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Purwanto, M. N. (2010). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rivai, V. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2006). Organizational behavior (10th ed.). Upper Saddle River. NJ: Prentice Hall.
Sagala, S. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A redefinition (8th ed.). McGraw-Hill.
Stoner, J. A. F. (2006). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugianto. (2007). Pengolahan Data Statistik dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru: Konsep, Teori, dan Pengukurannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suparlan. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru. Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zazin, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. IAIN Kediri.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.1.8823
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional