Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Keripik Ubi Nenek Medan Marelan

Yochi Cristhofen Laia, Agus Rahmadsyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada produk Keripik Ubi Nenek Marelan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Keripik Ubi Nenek Marelan, dan diperoleh sebanyak 133 responden sebagai sampel. Data dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara parsial. Begitu juga dengan variabel Kualitas Produk yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan, kedua variabel tersebut, yaitu Harga dan Kualitas Produk, memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen.Kata kunci ; Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen

 

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albadiah, I., & Syukur, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart Di Lebak. Aksioma Al-Musaqoh, 5(1), 22–41.

Ananda, F., Putra, R. D., & Hendrastyo, V. S. (2017). Kesuksesan Implementasi System Application Product (SAP) Studi Di PT. Semen Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 1–10.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok :

RajaGrafindo Persada.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23.

Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunarsih, M. C., Kalangi, & Tamengkel. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi, 2(1), 69–72.

Hendrawan, Y. M., & Ibrahim, H. (2024). “Analisis Pengaruh Faktor Budaya terhadap prilaku keputusan Pembelian Konsumen dalam bisnis Internasional.” JREA : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI, 2(1), 96–105.

Herlambang, S. A., & Komara, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 7(2), 56–64.

Hidayatulloh, F. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Suryamas Sport Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kotler, K. (2023). Marketing Management. Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1237–1245.

Lestari, A. D., & Widajanti, E. (2024). Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Statistical Quality Control untuk Mengurangi Produk Rusak pada UMKM Gethuk Anyar di Ngawi. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 328–355.

Ma’ruf, N., Alfalisyado, Purwindianti, W., & Randikaparsa, I. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK, CITRAMEREK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN. JIMEA | Jurnal Ilmiah

MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8 (2), 1314–1330.

Melinda, R., Yusuf, M., & Nurrahman. (2022). Hubungan Kualitas, Harga Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tulang Muda Sapi Sinar. Prosiding Seminar UNIMUS, 5, 8–20.

Monroe, K. B., & Krishnan, R. (2023). Pricing And Perceived Value. Journal Of Consumer Research.

Mulyadi. (2022). The Effect of Pricing on Consumer Purchase Decisions at Nanostores in Kabupaten Subang. International Journal Administration, Business & Organization, 3(2), 1–10.

Nasution, E. A., Putri, P. L., & Lesmana, T. M. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakter Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. www.jurnal.umsb.ac.id

Prasetia, K. H. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa UMMagelang). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Prayogi, S., & Santosa, A. (2019). The Influence of Product Quality, Prices and Promotions on Interest in Buying Sri Sulastri’s Batik. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), 9–17.

Putro, S. W., Semuel, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.

Saputra, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Silitonga, S. D. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Di Ukm Cap Rumah Adat Minang Medan. Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sustriyani, E. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dunkin Donuts Bandar Lampung. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Swastha, B. (2017). Manajemen Penjualan (3rd ed.). Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta : Andi. Yasir, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Herbal Habbatussauda Hpai Di Halal Mart Business Center 1 Medan. Universitas Negeri Medan.

Yogie, D. S. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Pada Mini Market Shiva Pasir Pengaraian. Universitas Islam Riau.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang : Yayasan Prima Agus Teknik




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8878

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter