Pengaruh Kualitas Produk, dan Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (Qris), dan Citra Merek Terhadap Pendapatan Penjualan UMKM di Kota Gorontalo

Rajul Murslim, Sahmin Noholo, Mattoasi Mattoasi

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, penerapan sistem pembayaran Qris dan Citra merek terhadap penjualan pendapatan umkm. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dengan menggunakan uji t statistic, uji f statistic, dan uji koefisien determinasi (adjusted R Square dengan menggunakan IBM SPSS for windows. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh prositif terhadap pendapatan penjualan umkm dikota Goronralo, dan Penerapan sistem pembayaran Qris berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan penjualan umkm dikota Gorontalo, Serta Citra merekberpengaruh positif dan signifikan terhdap pendapatan penjualan Umkm serta secara simultan kualitas produk, sistem penerapan Qris, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan penjualan umkm dikota Gorontalo dengan nilai determinasi sebesar 42,1% sedangkan sisanya 57,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Sistem Pembayaran Qris, Citra Merek Pendapatan UMKM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Fauzi, Shifa Ashila Salwa, & Aniar Safitri. (2022). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Digital Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.409

ASPI Indonesia. (2022). QRIS. ASPI Indonesia.

Ernawati, D. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HI JACK SANDALS BANDUNG. In Jurnal Wawasan Manajemen (Vol. 7, Issue 1).

Fauziah, N., Abdul, D., & Mubarok, A. (2019). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI : STUDI PADA PRODUK KECANTIKAN. In Journal IMAGE | (Vol. 8, Issue 1).

Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME (Vol. 2).

Herawati, A. (2022, October 5). Sistem Pembayaran: Definisi, Komponen, Prinsip, Jenis, Ruang Lingkup, dan Contoh. Kledo.Com.

Hutabarat, A. K., Rasmi, I., Nababan, H., Vany, A., Hutabarat, E., Valencia, A., Hutabarat, M., Kevin, A., Hutabarat, S., Alwin, A., & Hutabarat, V. R. (2022). Pengaruh Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Produsen (Studi Kasus UKM Kota Medan).

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kota_Gorontalo

Nikmah, S. (2023). Pengaruh Mnafaat, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Strandard (QRIS) pada Pelaku UMKM di Purbalingga. 31–41

Netashah, & Ibrahim, M. (2024). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Sektor Kuliner Di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Novelia, E., Effendi, I., & Syahputri, Y. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Linkaja Dengan Technology Acceptance Model Pada Grapari Telkom Group Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(2), 117–128. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.453

Nurliyanti, N., Arnis Susanti, A., & Hadibrata, B. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). 2(2). https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2

Pangastuti, R. L., Yap, N., Kadiri, U., & Id, K. A. (2023). Socialization and Assistance in the implementation of the Digital Payment System Through QRIS at KSM “APEL” Sosialisasi dan Pendampingan penerapan Sistem Pembayaran Digital Melalui QRIS pada KSM “APEL.” In ARSY :Aplikasi Riset kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 1). http://journal.al-matani.com/index.php/arsy,Online

Puriati, N. M., Sugiartana, I. W., & Mertanigrum, N. P. E. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Umkm Di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 13.

Putro, S. W., Semuel, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2014). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS KONSUMEN RESTORAN HAPPY GARDEN SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2, 1–9.

Roy, A. (2024). Analisa Pengaruh Antara Rencana Belajar, Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar SMA BSM 1 Tahun 2024. Journal on Education, 06.

Royhanah Arrasyd, A. (2023). Pengaruh Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Strandard terhadap Pendapatan dalam perspektif Bisnis Syariah

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 124. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11104

Tarantang, J., Awwaliyah, A., & Astuti, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442

Wahyu Pril Ranto, D. (2016). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM BIDANG KULINER DI YOGYAKARTA. III(2).

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter