Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Produk Skincare Azarine Di Al Store Kalianda)

Adelia Putri, Saodin Saodin

Sari


Pekermbangan teknologi yang semakin canggih memudahkan masyarakat dalam mencari berbagai informasi, termasuk mudahnya budaya asing berbaur dengan budaya lokal. Dampak masuknya budaya asing membawa perubahan pada perilaku individu khususnya dalam memenuhi kebutuhan seperti membeli produk kecantikan. Setiap masyarakat pasti memiliki gaya hidup dan pilihan yang berbeda. Akses dari media sosial sangat luas hingga apapun hal yang viral di masyarakat pasti mengetahui, seperti halnya trend glow-up challange atau merawat diri. Salah satu dampaknya adalah banyak masyarakat yang mulai membeli produk kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari gaya hidup dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk skincare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Azarine di Al Store Kalianda. Data diperoleh dengan menyebar angket yang telah disusun secara terstruktur kepada responden. Untuk mencari Uji Validitas menggunakan r Product Moment, sedangkan Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan dengan Uji Asumsi Klasik. Metode Analisis yang digunakan untuk menjawab penelitian ini adalah Uji Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi dan  Uji Instrumen menggunakan model Uji t dan Uji F. Arah koefisien regresi positif dan signifikan maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel Independent yaitu gaya hidup dan  kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara simultan variabel gaya hidup dan  kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada Produk Skincare Azarine di Al Store Kalianda.

Kata Kunci : Gaya Hidup, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adri, Welli, dkk. (2013). “Pengruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Merek Levis di Kota Padang”, dalam E-journal Universitas Bung Hatta Padang, Vol.1, No.2.

Amelia, Yunita dan Dewi Sukmasari. (2022). “Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Starbucks Coffee”, dalam Journal of Economic and Business Research, Vol.2, No.1.

Amir, M Taufiq. (2005). “Dinamika Pemasaran.” Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, H. 66.

Amri, A. I. S., Hasbullah, H., & Tan, M. I. (2019). Minat Konsumen Membeli Produk Online Shop ditinjau dari Kepercayaan Konsumen. 2, 26–34.

Amrullah, Hanif. (2018). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, Harga Emas Dunia, Harga Minyak Mentah Dunia,Tingkat Suku Bunga, Dan Indeks Dow Jones Industrial Avergae Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Periode 2008-2017. Skripsi. Kudus:Program Studi Akuntansi. Universitas Muria Kudus.

Andi. Zakariah, M Askari, Vivi Afriani, And K H M Zakariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Andriani, Arwita Dwi dan Christina Menuk Sri. (2021). "Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya ", dalam Journal of Sustainability Business Research, Vol.2, No.1.

Angkasa, Rea Rili. (2013). "Konsep Perencanaan dan Perancangan Pengembangan Komplek Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Purwokerto dengan Penekanan pada Sistem Keamanan", Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Anoraga, Bintang Jalasena dan Sri Setyo Iriani. (2014). "Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy", dalam Jurnal BISMA (Bisnis Dan Manajemen), Vol.6, No.2.

Assael, Henry. (1992). Consumer Behavior and Marketing Action 4th ed. USA: PWS-KENT Publishing Company.

Dwiyantoro, Arik dan Sugeng Harianto. 2014. "Fenomenologi Gaya Hidup Mahasiswa UNESA Pengguna Pakaian Bekas", dalam Jurnal Paradigma, Vol.2, No.3.

Fandy Tjiptono, (2018). Strategi Pemasaran, Edisi Ke-4. Andi. Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono, Gregorius Chandra, And Dadi Adriana. (2012). “Pemasaran Strategik.” Yogyakarta: Andi.

Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy).

Fitinline. (2021). “Sering dianggap sama, berikut perbedaan thrift dan preloved”, https://fitinline.com/article/read/sering-dianggap-sama-berikut-perbedaan- thrift-dan-preloved/ diakses pada 17 Juni 2022.

Ghozali, Imam. (2013). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21 (Edisi 8)(Edisi 8).” Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23.”

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Paham, And Syafrizal Helmi Situmorang. (2008). “Filsafat Ilmu Dan Metode Riset.” Terbitan Pertaman. Medan Usupress.

Habibi, Mukhamad. (2014). “Pengaruh Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry Di Purworejo.” Segmen: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 10 (1. A).

Hakim, Abdul. (2000). “Statistik Induktif Untuk Ekonomi Dan Bisnis.” Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.

Halim, Clyde Morita dan J.E. Sutanto. (2021). “The Relevance of Price, Lifestyle and Social Media Towards Purchase Decisions of Motato Product”, dalam International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), Vol.5, No.4.

Harahap, Dedy Ansari. (2015). "Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan", dalam Jurnal Keuangan Dan Bisnis,Vol.7, No.3.

Haryanti, Intisari dan Herry Nurdin. (2019). “Fashion Trends and Hedonic Lifestyle on Decisions Purchase of Hijab Dresses in Bima”, dalam Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.4, No.2.

Hasan, Ali. (2018). “Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan.”

Hikmat, Mahi M. (2011). Metode Penelitian: Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Graha Ilmu.

Isna, Alizar dan Warto. (2013). Analisis Data Kuantitatif dengan IBM SPSS Statitics 23. Purwokerto: STAIN Press.

Istiqhfariana, Wanda Arfiyah. (2018). “Pengaruh gaya hidup, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian”, dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.7, No.8.

Janna, Nilda Miftahul, And H Herianto. (2021). “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.”

Kadeari, Ni Luh Eni, And Komang Krisna Heryanda. (2021). “Pengaruh Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Layanan ‘Music Spotify Premium’ Studi Kasus Pada Generasi Milenial Di Bali.” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9 (2): 276–83.

Kartikasari, Yuliana. (2017). “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Impor Dengan Persepsi Kualitas Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb 5 (2).

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Katadata. Burhan, Fahmi Ahmad. (2020). "Riset KIC: Perempuan Lebih Sering Belanja di E-Commerce Ketimbang Pria", https://katadata.co.id/ agustiyanti/digital/5f297dd1ae890/riset-kic-perempuan- lebih-sering-belanja-di-e-commerce-ketimbang-pria diakses pada 17 Juni 2022.

Katadata. Laily, Iftitah Nurul. (2021). "Tren Thrift Shop yang Membawa Dampak Positif Bagi Lingkungan", https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/ 611e01f0031c2/tren-thrift-shop-yang- membawa-dampak-positif-bagi-lingkungan diakses pada 12 Juni 2022.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2 edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15th ed.

Kotler, Philip, And Gary Armstrong (2015). “Marketing An Introducing Prentice Hall.” England: Pearson Education Inc.

Kotler, Philip, And Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Vol. 1. Jilid.

Kotler, Philip, And Kevin Lane Keller. (2009). “Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas.” Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2007). “Manajemen Pemasaran, Jilid 2.

Kusumodewi, Gandes. (2016). “Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik Mirota Surabaya”, dalam Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol.4, No.3.

Lemeshow, Stanley, David W Hosmer, Janelle Klar, Stephen Kaggwa Lwanga, And World Health Organization. (1990). Adequacy Of Sample Size In Health Studies. Chichester: Wiley.

Mailina, Ika Nia, And Rosmita Rosmita. (2023). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada CV. Mutiara Madu Kuansing.” Jiabis: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Dan Sosial 1 (2): 13–33.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mandey, Silvya L. (2009). “Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal 6 (1).

Manopo, Carasucia, Johny R E Tampi, And Tinneke M Tumbel. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Kota Manado.” Productivity 2 (6): 499–502.

Martini, Aldini Nofta, dkk. 2021. "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo di Kota Pagar Alam", dalam Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, Vol.2, No.3.

Media Indonesia. Nurcahyadi, Ghani. 2021. "Riset: 74,5% Konsumen Lebih Banyak Berbelanja Online daripada Offline", https://m.mediaindonesia.com/ekonomi/441793/riset-745-konsumen- lebih- banyak-berbelanja-online-daripada-offline diakses pada 17 Juni 2022.

Mujiyana, Mujiyana, And Ingge Elissa. (2013). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online.” J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri 8 (3): H. 143.

Nasution, M.N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement).

Nasution, Siti Lam'ah. (2019). "Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang", dalam Jurnal Ecobisma, Vol.6, No.1.

Nitisusastro, Mulyadi. (2012). “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan.” Bandung: Alfabeta, H. 96.

Noor, Sugian. (2020). “Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 Sman 7 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Hayati 6 (1): 1–7.

Nurdin, Ismail, And Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Philip, Kotler, And K Kevin Lane. (2009). “Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Jakarta: Erlangga.” Hal.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Purnama, Nursya’bani. (2006). “Manajemen Kualitas Edisi Pertama.” Yogyakarta: Ekonisia.

Rorong, Gitania A, dkk. (2021). "Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan" dalam Jurnal Productivity, Vol.2, No.3.

Samoeri, Hanifah Juniati. (2021). “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Wajah.” Universitas Islam Riau.

Sangadji, Etta Mamang, And S Sopiah. (2010). “Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian.” Yogyakarta: Cv Andi Offset.

Saputro, Rivaldi L. (2018). "Thriftstore Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mempertahankan Eksistensi Pakaian Bekas Sebagai Budaya Populer di Surabaya)", dalam Jurnal AntroUnairdotNet, Vol.7, No.3.

Sarfina, dkk. (2016). "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian engaruh Kualitas Produk, Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pakaian Bekas Di Kota Kendari", dalam Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.1, No.1.

Setiadi, Nugroho J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2016). “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: CV. Alfabet.

Sugiyono, (2013). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.”

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono.. (2017). “Statistika Untuk Penelitian.” Bandung: Alfabeta Bandung. Sujarweni, V Wiratna. 2014. “Spss Untuk Penelitian Pustaka Baru Press.” Yogyakarta.

Sujarweni, V Wiratna. (2015). “Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi.”

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan-Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarwan, Ujang, dkk. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: Penerbit IPB Press.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2006). “Manajemen Jasa, Edisi Pertama.” Yogyakarta:

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8968

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter