Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Kedai Titik Temu
Sari
Dalam perkembangan bisnis di era sekarang, terdapat banyak sekali bisnis-bisnis yang bermunculan dengan berbagai ciri khas tertentu. Perkembangan bisnis yang sangat pesat ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat dari para pebisnis, khususnya bisnis di bidang food & beverage. Salah satu usaha pada bidang food & beverage yang mempunyai cukup persaingan adalah usaha kedai. Kedai Titik Temu adalah kedai makanan dan minuman yang terutama menjual produk makanan dan minuman. Permasalahan yang biasanya dijumpai dari usaha kedai adalah kurangnya minat pelanggan untuk membeli produk kedai yang ditawarkan. Masalah ini pun juga terdapat pada salah satu usaha kedai yaitu Kedai Titik Temu yang terletak di kota Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat strategi pengembangan bisnis dengan membuat model transformasi bisnis dengan bisnis model kanvas pada Kedai Titik Temu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif menjelaskan dan menggambarkan situasi atau proses Kedai Titik Temu yang diteliti. Informan kunci untuk penelitian ini adalah Pemilik Kedai Titik Temu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan bisnis model kanvas Kedai Titik Temu. Analisis pada desain transformasi bisnis menggunakan pendekatan bisnis model kanvas. Hasil dari strategi pengembangan bisnis Kedai Titik Temu adalah mengembangkan bisnis Kedai Titik Temu agar mampu bersaing dan mengatasi permasalahan yang ada. Peningkatan nilai dalam sembilan elemen model bisnis canvas menghasilkan strategi baru dari segmen pelanggan hingga aliran pendapatan Kedai Titik Temu.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Desain Transformasi Bisnis, Strategi Pengembangan Bisnis.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hambali. (2021). FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ANALYSIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PIRING SENG COFFEE & CO TUNJUNGAN SURABAYA. In repository.upnjatim.ac.id (Vol. 75, Issue 17).
Hutamy et al. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i1.453
Kristanti, M., & Indrayanti, T. (2022). Presuposisi dalam Video Wawancara Tokoh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal Ilmiah Fonema, 5, 69–81. https://doi.org/10.25139/fn.v5i1.4770
Maftahah, R., Wijayantini, B., & Setianingsih, W. E. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Inovator, 11(2), 300–310. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/index%0Ahttp://repository.unmuhjember.ac.id/11042/18/J. Artikel Riif Maftahah %281710411174%29.pdf
Makkarennu, M., & Rahmadani, I. (2021). Penerapan Business Model Canvas pada pengembangan Usaha Gula Aren: Studi Kasus Di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(1), 1–18. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i1.13175
Prawita, D., & Dwi Cahya, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Observasi Umkm Dan Digital Marketing Terhadap Intensi Mahasiswa Berwirausaha Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-191. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 569–580.
Susilowati, I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Perspektif, 19(2), 113–121. https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11183
Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: (Studi Kasus UMKM Arabar Shop di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung). Journal Management, Business, and Accounting, 19(3), 320–330.
Wardana, M. H., & Sitania, F. D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Kedai Kabur Bontang. Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.30872/jatri.v1i1.492
Zulkarnain, Z., Saputra, M. G., & Silvia, D. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Pt Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Servicess, 6(1), 55. https://doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9476
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8995
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional