Pengaruh Pemasaran Online, Harga, Pelayanan Dan Etika Bisnis Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Faisal Akbar Zaenal, Ramlawati Ramlawati, Suriyanti Suriyanti

Sari


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk; 1. mengetahui dan menganalisis pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian, 2. mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, 3. mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan terhadap keputusan pembelian, 4. mengetahui dan menganalisis pengaruh etika bisnis terhadap keputusan pembelian, 5. mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan pemasaran online, harga, pelayanan dan etika bisnis terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini sebanyak 472.000 jiwa, sedangkan sampel peneltian ini ditentukan dengan penentuan sampel minimum pendekatan Ferdinand (2006) sebanyak 118 responden yang terdiri dari profesi dokter, dosen, PNS, swasta dan mahasiswa. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran online berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun demikian, penelitian tidak dapat membuktikan bahwa harga, pelayanan dan etika bisnis berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada produk fashion melalui media internet. Kata Kunci: Pemasaran Online, Penetapan Harga, Layanan, Etika Bisnis, dan Keputusan Pembelian Abstract This research aims to; 1. knowing and analyzing the influence of online marketing on purchasing decisions, 2. knowing and analyzing the effect of price on purchasing decisions, 3. knowing and analyzing the effect of service on purchasing decisions, 4. knowing and analyzing the influence of business ethics on purchasing decisions, 5. knowing and analyze the simultaneous influence of online marketing, price, service and business ethics on purchasing decisions. The population of this study was 472,000 people, while the sample of this study was determined by determining the minimum sample of the Ferdinand (2006) approach as many as 118 respondents consisting of doctors, lecturers, civil servants, private sector and students. The collected data is processed and analyzed using multiple regression analysis (multiple regression). The results showed that online marketing has a positive effect on purchasing decisions. However, this research cannot prove that price, service and business ethics have a significant effect on consumer decisions in making purchases of fashion products through the internet. Keywords: content; formatting; article.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (2011, 2 November 11.50 wib), “ Tabel Perkembangan Jumlah Pelanggan dan Pemakai Internet Kumulatif”.

http://www.apjii.or.id/index.php?option=com_content&view=article d=59&Itemid=53

Assauri, Sofjan, (2007). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi”, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Adityo, Benito dan Imroatul Khasanah. (2009), Analisis Pengaruh kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara On Line Di Situs Kaskus.

Bartens, K. (2000). Pengantar Etika Bisnis, Penerbit Kanisius (Anggota IKAPI), Yogyakarta.

Bhatnagar, A., Misra, S. and Rao, H.R. (2000), On Risk, Convenience, and Internet Shopping Behaviour, Journal Retailing 77, 511-535.

Chandra, Robby. (2000), Mengenal Konsumen di Dunia Digital, Proses Belanja Konsumen melalui Internet. Jurnal Managemen Prasetya Mulya. Volume V.

De George, Richard, (1987), The Status Of Business Ethics : Past and Future, Journal Of Business Ethics, Vol. 6, No. 3, April 1987. Hal 201-211.

Dalimunthe, Ritha F. (2004), Jurnal Etika Bisnis. Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara.

Djaslim, Saladin, (2003). Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran, Cetakan 3, Penerbit Linda Karya, Bandung.

Engel, James F., (1994). Perilaku Konsumen. Jilid I, Jakarta : Binarupa Aksara.

Engel, JF,. Blackwell, RD., & Miniard, PW. (1993). Consumer Behavior. Seventh Edition. USA : The Dryden Press.

Febrian, J., Mengenal Internet. CV. Informatika, Bandung, 2003.4. http://www.internetworldstats.com/asia/id.htm, 24 Januari 2012, pukul 05.46 WIB.

Ferdinand. Augusty, (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam., (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Google, (2014). Etika Bisnis. Dalam http://quickstart-indonesia.com/Etika-Bisnis/

Hawes, J. and Lumpkin, J. (1986), Perceived Risk and The Selection Of a Retail Patronagen Mode, Journal of The Academy of Marketing Science. Vol. 14, No.4, pp. 37-42.

Istijanto, (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing”, Edisi Revisi Cetakan kedua, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kasali, Rhenald (2000). “Peluang Pasar e-Commerce dan Bagaimana Menyiasatinya.” Makalah Seminar Sukses Berbisnis di era Internet: Kiat Membangun Situs Web yang Populer. Hyatt Regency, Surabaya.

__________ 2011). Cracking Zone.. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kertajaya, Hermawan, (2003). Marketing in Venus. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong, (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

___________ (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 2, Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

__________ (2006), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta.

Lytle, (1996). What Do Your Customer Really Want (Cara Jitu Memuaskan Pelanggan). Alihbahasa Agus S. Jakarta.

Mahmoedin, (1996). Etika bisnis. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

Malhotra, Naresh, (2010). Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Terjemahan, Edisi Keempat, Indeks Gramedia Group, Jakarta.

McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku-1. Penerbit PT. Salemba Emban Raya, Jakarta.

Modding, Basri. (2012). “Pemasaran Strategik”, Edisi I, cetakan I, PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar

Mowen, John C. dan Minor Michael, (2002). Perilaku Konsumen, Jilid I, Jakarta : Erlangga.

Mujiyana, dan Ingge Elissa, (2013). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Via Internet Pada Toko Online. J@ty Undip, Vol. VIII, No. 3, September.

Newholm, T., McGoldrick, P., Keeling, K., Macaulay, L. and Doherty, J., (2004), Multi-Story Trust and Online Retailer Strategies, International Review of Retail, Distribution & Consumer Research, Vol. 14, No. 4, pp. 437-456

Poerwadarminta, (2003). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Rahmayanti, Nina, (2000). Manajemen Pelayanan Prima, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. (2000). Flexible Marketing. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sari, Gendis Tunjung, (2009). Correlation Between Of Fashion Product Quality and Purchasing Intention Via Website.

Sekaran. Umar, (2000). Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustka Utama, Jakarta.

Setiadi, J. Nugroho, (2002). Perilaku Konsumen. Kencana Jakarta.

Siagian, Sondang, P. (1996). Etika, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Stanton, WJ. (2006). Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, (2010). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Cetakan 9, Penerbit CV Alfabeta, Bandung

Sutisna, (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Suyanto, M, (2007). “Marketing Strategy Top Brand Indonesia”, Penerbit CV Andi Offset, Yogyakarta..

Swastha, Basu (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta BPFE.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, (1997). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta : Andi.

Randal, N. and C. Latulipe (1995). Plug and Play Internet. Sams Publishing. Indianapolis.

Rianto, James (2002). Pemanfaatan Internet Untuk Bisnis.

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit CV Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein, (2010). “Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen”, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Bekerjasama dengan Jakarta Business Research Centre (JBRC), Jakarta.

Velasquez, M.G., dan C. Rostankowski, (1985). Ethics: Theory and Practice. Eaglewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall.

Wandanaya, Anita B. (2011), Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian. Tangerang.

Wijaya, Kusumah (2008). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.http://wijayalabs.wordpress.com/2008/03/08/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia/.Diakses tanggal Agustus 2014.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v1i2.900

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter