Dampak Keberadaan Multimart Terhadap Pendapatan Dan Keuntungan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan)

Nurmaysah Nurmaysah, Tamam Tamam

Sari


Perkembangan bisnis retail modern di Indonesia telah mengubah preferensi masyarakat dalam berbelanja, sehingga memicu pergeseran dari pasar tradisional ke retail modern. Fenomena ini berdampak pada penurunan pendapatan dan keuntungan pedagang tradisional, termasuk di Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, setelah kehadiran Multimart. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kehadiran retail modern terhadap pendapatan dan keuntungan pedagang pasar tradisional di wilayah tersebut.

Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pedagang pasar tradisional di Sidomulyo. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran Multimart berdampak signifikan pada penurunan pendapatan dan keuntungan pedagang tradisional. Sebelum kehadiran Multimart, pendapatan harian tertinggi pedagang mencapai Rp1.000.000, sedangkan pendapatan terendah sebesar Rp100.000. Setelah kehadiran Multimart, pendapatan tertinggi menurun menjadi Rp500.000, sementara pendapatan terendah tetap sebesar Rp100.000. Selain itu, keuntungan harian pedagang juga mengalami penurunan, di mana keuntungan tertinggi sebelumnya mencapai Rp500.000 dan keuntungan terendah Rp100.000, sementara setelah kehadiran Multimart keuntungan tertinggi turun menjadi Rp200.000, dan keuntungan terendah hanya Rp50.000 per hari.

Kata kunci : Dampak, retail modern, pendapatan, keuntungan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aan Komariah, dan Djam’an Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung, alpabeta: 2017), hlm. 220-221.

Abdul Halim. 2018. Teori Ekonomi Makro Edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media.

AC, Nielsen. 2013. Pasar Rakyat. Balikpapan : Dinas Pasar Balik Papan.

Afridhonal, A., & Effendi, E. (2021). Pengembangkan Bahan Ajar Elektronik LKPD yang Terintegrasi STEM-PjBL pada Materi Termokimia di SMAN 1 Gunung Talang. Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia, 18.

Aji, Anugrah Restu. (2018). DAMPAK SOSIAL EKONOMI KEBERADAAN RITEL MODERN BERJARINGAN TERHADAP PEDAGANG RITEL TRADISIONAL DI DESA SRUWEN KECAMATAN TENGARAN.

Surakarta:

Akramunnas & Syarifuddin. (2021). Ekonomi Islam: Suatu Pengantar: Vol. Cet.1.Edu Publisher.

Aliyah, Istijabatul. 2020. Pasar Tradisional: Kebertahanan Pasar Dalam Kontelasi Kota. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Anshori dan Santoso, 2017. Evaluasi dan penataan pasar tradisional, Pusat Pembelanjaan dan toko modern di kabupaten blora.

Arianto, M. (2021). Komunikasi Efektif dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Pustaka Harapan.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). (2020). Perkembangan Ritel di Indonesia Tahun 2020. Diakses melalui : https://www.aprindo.org/

Astuti, S.M., Sakinah A.M.M, Andayani B.M.R dan Risch, A. 2011. Determination od saponin compound from Andredera Cordifolia, (Ten) Steenis plant (binahong) to potential treatment for several diseases. Journal of Agricultural Science 3(4):224-232.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang:

Universitas Diponegoro.Bachtiar, R. (2020). Pengaruh Kebijakan Pemerintah Terhadap Pedagang Kecil. Surabaya: Alamsyah Press.

Barbara Azalya sarifudin, Tri Murti Andayani, and Achmad Fudholi, “Factors Affecting the Compliance of Hypertensive Patients of Askes Pathwayers and Its Impact On Costs,” J. Info Kesehat., vol. 15, no. 2, pp. 267–282, 2017.

Basu Swastha. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. (edisi 2), yogyakarta : Penerbit Liberty-Yogyakarta

Budiono. 2002. Ekonomi Mikro Seri Sinopsis: Pengantar Ilmu Ekonomi No.1. BPFE, Yogyakarta.

Budi, R. (2019). Pedagang Kaki Lima dan Dinamika Ekonomi Kota. Jakarta: Sinar Grafika.

Budiman, A. (2019). Peran Pedagang dalam Perekonomian Lokal. Jakarta: Pustaka Ekonomi.

Christian Widya Utami. 2014. Manejemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta : Salemba Empat.

Daga, R., Samad, A., & Mardana, A. Smart Register.2023. UMKM dan Pendapatan Asli Daerah. Penerbit Adab.

Dewi, R. (2022). Sistem Perdagangan Grosir di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Abadi.

Dewi, S. (2020). E-commerce dan Digital Marketing bagi Pedagang Modern. Jakarta: Pustaka Solusi.

Disnakkanla Kabupaten Garut. 2014. Standar Operasional Pasar Ternak Kabupaten Garut. Tidak diterbitkan

Fikri, S. (2020). Pentingnya Keahlian Narasumber dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Ilmu.

Fitroh, Mochammad Arif Awaludin. (2019). Pengaruh Pendapatan , Harga dan Selera Masyarakat Terhadap Permintaan Kartu Brizzi. Skripsi.

Gafar et al. (2023). Dampak Retail Modern Terhadap Toko Tradisional di Kecamatan Suela. Universitas Gunung Rinjani

Hadi, Drs. Waluyo dan Dini Hastuti, SE. 2011. Kamus Terbaru Ekonomi dan Bisnis Edisi Lengkap. Surabaya : Reality Publishe

Hadi, S. (2021). Peran Narasumber dalam Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Mandiri.

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23.

Handayani, M. (2021). Sistem Distribusi dan Logistik di Indonesia. Yogyakarta: Media Nusantara.

Harahap Sofyan Syafri (2009), Analisis Kritis atas Laporan Keuangan Edisi Ke satu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harnanto. 2019. Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta: ANDI

Hartini, L. (2022). Strategi Bertahan Pedagang di Pasar yang Kompetitif. Yogyakarta: Pustaka Karya.

Haryanto, E. (2021). Manajemen Risiko dalam Usaha Perdagangan. Jakarta: Aswaja Press.

Hendra, M. (2021). Pengelolaan Sumber Daya dalam Usaha Perdagangan. Jakarta: Indokarya.

Hermawan, A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Pedagang di Era Digital. Malang: Alfabeta.

Husna, L. (2020). Strategi Kolaborasi dalam Usaha Perdagangan. Jakarta: Erlangga.

Hentiani, Tri. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Informal Di Pajak Sentral Medan. Skripsi. Medan: Repository Usu.

Indrawati, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Pedagang dalam Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Abadi.

Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari.2012.Strategi Pembelajaran Tepadu.Yogyakarta: FAMILIA.

Kementerian Perdagangan RI. (2019). Siaran Pers Kementerian Perdagangan Mengenai Indonesia-Bangladesh. Retrieved from Kementerian Perdagangan RI.

Kotler, Keller. (2016). “Marketing management”. 15e, Boston, Pearson Education.

Kuncoro, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif Dan R&D. Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Kusuma, T. (2021). Produk Lokal dan Peluang Usaha di Era Konsumerisme. Bandung: Penerbit Pustaka Cendekia.

Lestari, I. (2022). Pergeseran Perilaku Konsumen di Era Digital. Yogyakarta: Kreasi Utama.

Lidiawati, (2019). Analisis Dampak Usaha Ritel Tradisiona (Studi Kasus di wilayah kabupaten Sumbawa Barat). Universitas Cordova

Lukito, Yulia N. 2018. Revitalisasi Ruang Pasar Tradisional Melalui Pendekatan Desain Dan Interaksi Pengguna Ruang. Yogyakarta: Deepublish.

Mardawani, Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif (Sleman: Deepublish, 2020), Hal. 52.

Mariana, P. (2021). Keterampilan dan Keberhasilan Pedagang di Era Digital. Bandung: Pustaka Sains.

Marwati, A. (2021). Personalisasi Layanan dalam Dunia Perdagangan. Yogyakarta: Alfabeta.

Margono, Metode Penelitian Pendidikan, ( Jakarta: Rineka Cipta, 2010 ), h.317

Menteri Perdagangan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 70/M-Dag/Per/12/2013 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat

Mulyani, D. (2009). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja, Rosdakarya.

Nazir, M. (2019). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia

Njonjie Dkk.(2022). Dampak Keberadaan Pasar Modern (Alfamidi) Terhadap Pendapatan Pedagang Tradisional di Kabupaten Halmahera Utara. Universitas Hein Namotemo Tobelo.

Nuryadi et. All. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Pamfilia, Westim Ratang, & Arius Kambu. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Optimalisasi Pemanfaatan Aset Tetap (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD). Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah.

Peraturan Bupati malang Nomor 60 Tahun 2016

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern

Pratama, E. (2020). Peran Pedagang Kecil dalam Ekonomi Lokal. Surabaya: Inti Sains.

Pratiwi, S. (2020). Diversifikasi Produk untuk Mengurangi Risiko Usaha. Bandung: Pustaka Mandiri.

Pratama,Vicky. (2021). Keberadaan Ritel Modern dan Dampaknya Terhadap Pasar Tradisional di Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung

Pujiastuti L. Diakui Dunia, Ekspor Batik RI Meningkat Setiap Tahun. 2015.

Risch, Ernest H. (1991). Retail merchandising. USA: MacMillan Publishing Company.

Sari GAPLP. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jurnal Sains & Kesehatan, 2(4), 549-552.

Pujiastuti, Y.Sri dkk. (2007). IPS Terpadu 2A untuk SMP dan MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Esis

Putri, L. (2022). Pemanfaatan Teknologi untuk Bisnis Pedagang Kecil. Malang: Sumber Ilmu.

Siregar. (2022). Dampak Kehadiran Ritel Modern Terhadap Pendapatan Pedagang Tradisional di Kota Sibolga. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Rachmawati, S. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Pelanggan bagi Pedagang. Surabaya: Pustaka Utama.

Ramadhan, M. (2020). Keuletan Pedagang dalam Menghadapi Persaingan Pasar. Surabaya: Insan Cendekia.

Rini, F. (2023). E-Commerce: Tren Perdagangan Online di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Rizki, T. (2021). Kredibilitas dan Reputasi Narasumber dalam Penelitian. Surabaya: Mitra Sejahtera.

Saputra, P. (2021). Persaingan Pasar dan Strategi Bertahan Pedagang. Bandung: Mandiri Sejahtera.

Sari, D. (2021). Inovasi Produk dalam Pengembangan Usaha Pedagang. Malang: Bintang Cendekia.

Sari, I. (2021). Pedagang Keliling: Peluang dan Tantangan. Bandung: Alamsyah Press.

Sari, T. (2020). Menghadapi Krisis Ekonomi: Tantangan Bagi Pedagang Kecil. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Setiawan, A. (2020). Fluktuasi Harga dan Dampaknya pada Pedagang. Bandung: Bina Ilmu.

Suryani, R. (2020). Kolaborasi dengan Influencer untuk Meningkatkan Penjualan. Jakarta: Bukune.

Susanto, D. (2020). Pasar Tradisional dan Kehidupan Sosial. Bandung: Gema Insan.

Sutarto, W. (2020). Layanan Konsumen dan Pengembangan Usaha. Surabaya: Mitra Sejahtera.

Sutrisno, H. (2022). Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil Menengah. Jakarta: Indosatria.

Sutrisno, W. (2020). Pentingnya Komitmen Narasumber dalam Pengumpulan Data. Malang: Alfabeta.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D ),( Bandung: Alfabeta, 2013 ), hlm. 330

Sugiyono, (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Hal. 368.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutrisno Hadi, Methodologi Research, (Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM, 2002), hlm. 141-142

Sujarweni, V. Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan : Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumar’in, & Sarianti, (2024). Manajemen Bisnis Ritel.

Soemarso S.R, 2010, Akuntansi : Suatu Pengantar , Cetakan Keempat, Jakarta Salemba Empat.

Wahyuni, D. (2020). Keterampilan Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Wahyuni, D. (2020). Pengelolaan Keuangan dalam Usaha Perdagangan. Bandung: Pustaka Cendekia.

Wijayanti, S. (2020). Pengelolaan Modal dalam Usaha Perdagangan Kecil. Jakarta: Alam Semesta.

Wulandari, P. (2021). Tren Bisnis Makanan Sehat dan Organik. Bandung: Satu Nusa.

Yuniarti, A. (2020). Keragaman Narasumber dalam Penelitian Sosial. Jogjakarta: Pustaka Abadi.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9054

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter