Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Listrik Di Kecamatan Kalianda

Hazli Rahmita, Herwanto Herwanto

Sari


Perkembangan teknologi semakin inovatif guna mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan. Namun perkembangan teknologi tidak lepas dari sumber energi yang digunakan. Contohnya hampir semua kendaraan bermotor di dunia menggunakan energi bahan bakar minyak (BBM). Sumber energi semakin hari semakin menipis, maka dibutuhkan energi lain sebagai alternatif sumber energi baru untuk mengurangi krisis energi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan manusia..

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Masyarakat Penggna Sepeda Listrik yang berada di Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. Sampel yang digunakan adalah Penggna Sepeda Listrik yang berada di Kecamatan Kalianda dengan menggunakan metode Prposional sampling. Uji validitas instrumen menggunakan pearson product moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik  analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, pearson product moment. Secara Parsial  1). Ada Pengaruh antara Harga  terhadap keputusan pembelian sepeda listrik di Kecamatan  Kalianda 2). Ada Pengaruh antara citra  merek  terhadap keputusan pembelian sepeda listrik di Kecamatan  Kalianda  3). Ada Pengaruh antara gaya  hidup terhadap keputusan pembelian sepeda listrik di Kecamatan  Kalianda    4). variabel X1 (Harga), X2 (Citra Merek) dan X3 (Gaya Hidup)  Secara Simultan Berpengaruh Signifikan Terhadap keputusan pembelian sepeda listrik di Kecamatan  Kalianda. dan terbukti pada derajat kebebasan 95% serta dapat diterima.

Kata Kunci : Harga, Citra Merek dan Gaya Hidup dan Keputusan Pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anandita, F. B. A., Saputra, S. D. 2015. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Jurnal, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Aufa, Z. D., & Kamal, M. 2015. “Analisis Pengaruh Ragam Menu, Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Soto Sedeep Banyumanik Cabang Ambarawa.” Diponegoro Journal of Management. Ambawara.

Ayudahlya, R., & Kusumaningrum, F. A. (2019). Kebersyukuran dan kesejahtraan subjektif pada guru sekolah luar biasa . Pemikiran & Penelitian Psikologi,

-26, Vol 24, No 1.

Basu dan Hani. 2004. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga.

Yogyakarta : Liberty.

Basu Swastha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis

Perilaku.Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan

Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Camelia, S. B., dan Suryoko, S. 2017. Pengaruh Keberagaman Menu, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Restoran D’Cost Seafood Semarang). Journal Of Social And Political. 1

Drummond & brefere. (2010). Buku ajar ahli gizi. Penerbit buku kedokteran.

Istianto, J.Hendra dan Tyra, M.Josephine. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah makan KETTY RESTO. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Volume 1, Nomor 3, September 2011.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition,

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

Mariska Fadilah, Mariska (2021). Pengaruh Cita Rasa, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Puyo Desserts Di Grand Galaxy Park Bekasi (Studi Kasus Puyo Desserts di Grand Galaxy Park). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Melda Agarina, Sutedi. (2020). Penerapan Data Mining dalam Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Menggunakan Naïve Bayes Classifier (Studi Kasus: IIB Darmajaya). Jurnal Teknika Volume 14 (2), 165-174. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Njoto, Tommy Kurniawan. 2016. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Prawirosentono. Suyadi. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia : Kebijakan Kinerja Karyawan : Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Era Perdagangan Bebas Dunia. Rajawali Press : Jakarta.

Rangkuti, Freddy, Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated

Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010.

Rikhi Wahyu Nugroho, Dian Triyani, Lulus Prapti N.S.S (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Riilfians And Bistro Pati. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universinas Negeri Semarang.

Shaharudin, M.R.,Mansor, S.W., Elias, S.J. (2011). Food Quality Attibutes Among Malaysia’s Fast Food Customer. International Business and Management. Vol. 2, No. 1. 2011. Sumarwan, Ujang, 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan PenerapannyaDalam

Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Tjiptono. (2012). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.

Wahyudi Angga, Prayoga (2019). Pengaruh Cita Rasa, Keragaman Menu, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Ayam Solo Talangsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9100

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter