Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty Dimediasi Oleh E-Satisfaction Pada Pengguna Dompet Digital Gopay

Anisa Mauta Liani, Abdul Yusuf

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh E-Trust terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction pada pengguna dompet digital Gopay. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dan data sekunder yang diperoleh disesuaikan dengan literature yang berkaitan dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun twitter Gopay yang berjumlah 40.000 ribu orang dengan jumlah sampel sebanyak 380 orang yang dihasilkan dari perhitungan sampel menggunakan rumus Kerjcie dan Morgan dengan taraf kesalahan 5% dan ditentukan dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan pendekatan purpossive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu analisis software SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ashghar, S. A., & Nurlatifah, H. (2020). Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived

Usefulness, dan Perceived Risk terhadap Keinginan Membeli Kembali melalui e-Trust

dan s-Satisfaction (Studi Kasus Pengguna Gopay pada Transaksi UMKM). Jurnal Al

Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 40.

Ayu, R. R., & Valentina, N. (2020). Pengaruh E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty degan E-

Trust Sebagai Variable Intervening Pada Aplikasi Fintech OVO. Journal Strategi

Marketingketing.

Cheung, C. M. K., Chan, G. W. W., & Limayem, M. (2005). A critical review of online

consumer behavior. Contemporary Research in E-Branding, 3(December), 262–279.

https://doi.org/10.4018/978-1-59904-813-0.ch017

Depari, R. C. T. B. S. (2020). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan ovo di medan skripsi.

Febianty, D. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen dan E-Loyalty terhadap E-

Wallet OVO.

Fitriani, A. (2018). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-

Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Commerce C2C Shopee).

Hanifati, U. M., & Samiono, B. E. (2018). Analisis Pengaruh Website Quality dan EWOM

Terhadap Purchase Decision Melalui Online Trust Pada Situs Tiket Travel dan

Reservasi Hotel Online di Indonesia (Studi Kasus Pada Traveloka.com, Tiket.com dan

PegiPegi.com). TRANSformasi, 11(9), 1689–1699.

Kaabachi, S., Mrad, S. Ben, & Fiedler, A. (2020). The moderating effect of e-bank structure on

French consumers ’ trust. 38(2), 501–528.

Kartono, R. A., & Halilah, I. (2018). Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller

Di Bukalapak). Polban Irwns, 1(1), 1204–1213.

Kasih, O. L., Avriyanti, S., & Rahman, T. (2019). Pengaruh E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty

Pengguna Website Traveloka di Kabupaten Tabalong. 2(1), 194–206.

Kusumawati, I., Hartono, S., & Kustiyah, E. (2020). Kemudahan, Kepercayaan, dan Persepsi

Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Dompet Digital OVO di Surakarta. 11(1), 19–




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.911

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter