Transisi Menuju Kendaraan Listrik di Indonesia: Strategi Pengurangan Emisi, Pengelolaan Limbah, dan Peningkatan Pelayanan Publik Berkelanjutan

David Anugrah Lumban Gaol, M.B. Zubakhrum Tjenreng

Sari


Penelitian ini mengkaji upaya Indonesia dalam transisi menuju kendaraan listrik sebagai bagian dari komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sesuai dengan Paris Agreement. Dalam konteks ini, sektor transportasi menjadi kontributor utama emisi karbon, dengan kendaraan darat menyumbang lebih dari 80% dari total emisi sektor energi. Indonesia menargetkan penurunan emisi sebesar 32% dengan usaha sendiri dan 41% dengan bantuan internasional pada tahun 2030. Kendaraan listrik dipandang sebagai solusi untuk mengurangi emisi, namun tantangan lingkungan muncul terkait pengelolaan limbah baterai yang mengandung material berbahaya seperti litium, nikel, dan kobalt. Penelitian ini mengidentifikasi pentingnya kebijakan yang mendukung ekosistem kendaraan listrik, termasuk pembangunan infrastruktur hijau, pengelolaan limbah baterai, dan penguatan regulasi ekonomi sirkular. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur, penelitian ini menekankan perlunya langkah-langkah strategis seperti pembangunan stasiun pengisian daya berbasis energi terbarukan, insentif untuk produksi lokal, serta literasi publik untuk mendukung transisi energi yang berkelanjutan. Selain itu, penerapan prinsip good governance termasuk transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik dianggap krusial dalam memastikan kebijakan ini berjalan efektif. Dengan langkah-langkah tersebut, Indonesia dapat mencapai target emisi global sambil memastikan pelayanan publik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta memperkuat posisi negara dalam mitigasi perubahan iklim dan perlindungan hak asasi manusia terhadap lingkungan hidup yang sehat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nation Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim)

Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan

Andrian, B., & Marpaung, J. V. (2019). Studi perancangan kendaraan listrik E-BSW yang ramah lingkungan. Jurnal Inosains, 14(2), [halaman tidak disebutkan]. Jakarta.

Wijaya, F., dkk. (2024). Powering the future – An assessment of energy storage solutions and the applications for Indonesia. Institute for Essential Services Reform.

Mera, & Bieker. (2023). Perbandingan daur hidup emisi gas rumah kaca dari kendaraan bermotor mesin bakar dengan kendaraan listrik pada kendaraan penumpang dan roda dua di Indonesia. The International Council on Clean Transportation.

Andrian, B., & Marpaung, J. V. (2019). Studi perancangan kendaraan listrik E-BSW yang ramah lingkungan. Jurnal Inosains, 14(2).

PRCF Indonesia. (2025, Maret 9). Emisi gas rumah kaca: Definisi, penyebab, dan cara mengatasinya. Diakses dari https://prcfindonesia.org/emisi-gas-rumah-kaca-definisi-penyebab-dan-cara-mengatasinya/

Lestari Kompas. (2025, Februari 20). Penetrasi kendaraan listrik bisa hadirkan 1,7 juta lapangan kerja. Diakses dari https://lestari.kompas.com/read/2025/02/20/140000186/penetrasi-kendaraan-listrik-bisa-hadirkan-1-7-juta-lapangan-kerja

Money Kompas. (2023, Desember 1). Industri kendaraan listrik diyakini dapat ciptakan lapangan kerja baru. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2023/12/01/063000826/industri-kendaraan-listrik-diyakini-dapat-ciptakan-lapangan-kerja-baru

Ferlia, S. A., Sudarti, S., & Yushardi, Y. (2023). Analisis efisiensi kendaraan listrik sebagai salah satu transportasi ramah lingkungan pengukuran emisi karbon. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2). https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3282Uniflor E-Journal

Nauri, M. M. A., Aziz, M. S., Pratama, M. Y. Z. Z., Kamal, U., & Fikri, M. A. H. (2024). Strategi penanganan limbah baterai kendaraan listrik demi masa depan Indonesia yang lebih bersih. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 2(5), 177–194. https://doi.org/10.572349/kultura.v2i5.1436Kolibi Journal

Syarawie, M. M., Subagiada, K., & Natalisanto, A. I. (2024). Proyeksi emisi gas rumah kaca sektor energi transportasi kendaraan dinas Universitas Mulawarman. Progressive Physics Journal, 5(2), 404–416. https://doi.org/10.30872/ppj.v5i2.635jurnal.fmipa.unmul.ac.id

Putri, L. P. R. M., Rachmaddi, A., Pradana, A., & Sasue, R. R. O. (2023). Analisis penanganan limbah baterai mobil listrik untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, 10(1), 379–385. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/45238Jurnal UNEJ

Wicaksono, S. A., Huboyo, H. S., & Samadikun, B. P. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kendaraan listrik di Pulau Jawa sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca. Journal Serambi Engineering, 9(1), 8133–8139. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jse/article/view/1134Serambi Mekkah Journal

Damayanti, A., Rohman, A., & Dhokhikah, Y. (2024). Emisi gas rumah kaca (GRK) dari kendaraan bermotor di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Jurnal Proteksi: Jurnal Lingkungan Berkelanjutan, 4(1), 22–34. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PROTEKSI/article/view/49226Jurnal UNEJ

Rahayu, M. T. M., Karmiadji, D. W., & Firman, L. O. M. (2023). Studi kelayakan jenis baterai kendaraan listrik roda empat dengan metode weighted objective untuk program kendaraan listrik di Indonesia. Teknobiz: Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 13(2). https://doi.org/10.35814/teknobiz.v13i2.5292Universitas Pancasila Journal

Ayuningtyas, U., Yani, M., & Maimunah, S. (2023). Emisi gas rumah kaca penggunaan listrik pada kereta rel listrik Jabodetabek dengan metode life cycle assessment. Jurnal Standardisasi, 25(2). https://js.bsn.go.id/index.php/standardisasi/article/view/792js.bsn.go.id

Putri, C. D. W., Hayati, K. S. N., Widitya, I. W. O., Ramadhani, M. H., Nurdiansyah, D. W., Sanjaya, A. K., Fuadi, M. K., & Afanin, R. H. (2024). Penggunaan kendaraan listrik terhadap pengurangan emisi karbon di Indonesia. Jurnal Angka, 2(1). https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka/article/view/970​:contentReference[oaicite:16]{index=16}




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter