Pengaruh Aksesibilitas Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik Pada Objek Wisata Way Tebing Ceppa Taman Baru Penengahan Lampung Selatan

Desi Marlina, Lukman Nuzul Hakim, Susilawati, Titiek Sutriningsih

Sari


Di era masa kini pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam mendukung perekonomian Negara Indonesia, dengan keindahan alam serta kekayaan budaya Indonesia menjadi Negara dengan potensi wisata yang sangat baik. Objek wisata Way Tebing Ceppa merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Variabel Aksesibilitas dan Variabel Citra Destinasi terhadap Variabel Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik pada objek wisata Way Tebing Ceppa Taman Baru Penengahan Lampung Selatan baik secara parsial maupun simultan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non-Probability Sampling, jenis data yang digunakan yaitu berupa kuesioner (angket). Populasi pada penelitian ini adalah jumlah pengunjung objek wisata Way Tebing Ceppapada tahun 2024. dengan jumlah sampel 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji koefisien korelasi danuji koefisien determinasi dengan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini  menunjukanbahwa Variabel Aksesibilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik pada objek wisata Way Tebing Ceppa Taman Baru Penengahan Lampung Selatan, sedangkan Variabel Citra Destinasi tidak berpengaruh terhadap Variabel Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik pada objek wisata Way Tebing Ceppa Taman Baru Penengahan Lampung Selatan. Variabel Aksesibilitas dan Variabel Citra Destinasi secarabersama-sama memilikipengaruhpositif dan signifikan terhadap Variabel Minat Berkunjung Kembali wisatawan domestik.

 

Kata Kunci: Aksesibilitas, Citra Destinasi, Minat Berkunjung Kembali


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ABDULLAH, S. B. S., & Purwono, P. (2023). Pengaruh Fasilitas, Citra Destinasi, Dan Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Umbul Pelem Klaten (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Abdullah, R., Teniwut, R. M. K., & Susanty, I. I. D. A. R. (2024). Pengaruh Atraksi, Fasilitas, Dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Kembali Generasi Z Pantai Di Ngurbloat Maluku Tenggara. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(1), 1-11.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749- 5978(91)90020-T

Allameh, S. M. (2015). Factors Influencing Sport Tourists’ Reviisit Intentions.

Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics, 27(2), 191–207.

Anggiani, S., Lubis, A., & Siregar, M. A. (2024). Studi Empiris: Dampak Aksesibilitas Dan Citra Destinasi Terhadap Keinginan Berkunjung Kembali Ke Pemandian Alam Sembahe. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2307-2314.

Astuti, S. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Mepet Sawah Di Desa Pematang Sikek Kec. Rimba Melintang Kab. Rokan Hilir Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar manajemen pemasaran. Deepublish. Bafadhal, A. S. (2021). Perencanaan Bisnis Pariwisata. Malang. Media nusa creative.

Cahyani, N., Safitri, M., & Mahmud, M. (2024). Pengaruh Media Sosial, Citra Destinasi, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Pantai Bandengan Jepara. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 132- 141.

Charli, C. O. (2020). Pengaruh social media marketing, fasilitas wisata dan citra destinasi wisata terhadap minat wisatawan berkunjung. Jurnal Ekobistek, 40- 48.

Delamartha, A., Yudana, G., & Rini, E. fitria. (2021). Kesiapan Aksesibilitas Wisata Dalam Mengintegrasikan Obyek Wisata (Studi Kasus :

Karanganyar Bagian Timur). Jurnal Plano Buana, 1(2), 78–91. https://doi.org/DOI:10.36456/jpb.v1i2.3229.

Destorina, B. V., & Pattaray, A. (2024). Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi terhadap Keinginan Berkunjung Kembali ke Danau Biru Karang Sidemen Lombok Tengah. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 237-244.

Dita, R. F., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan di Pulau Kumala Kabupaten Kutai Kartanegara. ETNIK: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 1(4), 271-282.

FADOLI, M. A. Pengaruh Citra Destinasi, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan.

Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1).

Feni, M. (2019). Pengaruh daya tarik wisata dan citra destinasi terhadap minat berkunjung ulang dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening (studi pada objek wisata villa gardenia). Institut informatika dan bisinis darmajaya bandar lampung.

Gainau, M. B. (2016). Pengantar metode penelitian. PT Kanisius.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan., (2015). Manajemen pemasaran lanjutan. IPB Press.

Hanafi, M. H. (2023). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Kembali Ke Geosite Hutaginjang Di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1644-1657.

Iranita, I., & Alamsyah, P. (2019). Pengaruh citra destinasi, aksessibilitas wisata terhadap minat kunjung ulang wisatawan ke wisata bahari desa benan. Bahtera Inovasi, 2(2), 102-110.

Kawatu, V. S., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Tempat Wisata Bukit Kasih Kanonang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 400–410. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30221

Kumala, D. N. T., Sidanti, H., & Setiawan, H. (2023, September). Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas, Dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat Madiun Yang Pernah Berkunjung Ke Tempat Wisata Telaga Ngebel). In Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (Vol. 5).

Lestari, A. A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali (Study kasus pada Objek Wisata Budaya Taman Tujuh Desa Hiang Sakti). Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 153-66.

Lestari, S., Yulita, I. K., & Prabowo, T. H. E. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan). EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 5(1), 1-28.

Majdina, N.I., et.al., (2024). Menentukan Ukuran Sampel Menggunakan Rumus Bernaulli dan Slovin : Konsep dan Aplikasinya. Journal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika(JMP) 16(1), 73-84.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.

Payangan, O. R. (2013). Pemasaran Jasa Pariwisata. PT Penerbit IPB Press. Pratama, T. A. R. R. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas Terhadap

Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan. Ejournal Kawasa, 10(2), 29-37.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (1996). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.

Piris, R., & Meliala, W., (2023). Pengantar pembelajaran manajemen pemasaran.

CV Amerta media.

Pratiwi, D. A., & Uripi, C. R. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial, Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Air Bojongsari. Majalah Imiah Manajemen dan Bisnis, 20(2), 55-66.

Qu, H., Kim, L. H., & Im, H. H. (2011). A Model of Destination Branding: Integrating The Concepts of The Branding and Destination Image. Tourism Management, 32(3), 465–476. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2010.03.014

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2023). Analisis Data Kuantitatif dengan Program Lisrel 8.8. Deepublish.

Rahmawati, E. D., (2022). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta. Pustakabarupress.

RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor

Jakarta: Sekretariat Ri.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Saragih, M. G., Sri Rahayu, Mesra, B. (2022). Manajemen Pariwisata. Medan. CV Tungga Esti.

Sari, D. R. (2022). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80-90.

Soetomo. 2006. Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekadijo, R.G. (2003). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama

.

Sulistyanda, B., Sulistiyowati, L. N., & Fauzi, R. U. A. (2022, October). Pengaruh pengalaman pengunjung dan citra destinasi terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada wisatawan Telaga Sarangan. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Sugiyono. 2011, metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R & D. Bandung. Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Penerbit

CV alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2018, metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R &D. Penerbit C Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(1), 36-46.

Suwastika, I. W. K., Budiman, C., Megawati, I., Rahman, R. S., Oroh, F. N., Nasution, Y., ... & Hanafiah, H. (2023). MANAJEMEN

Tantriana, D., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Aksesibilitas, Experiential Marketing dan Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 173-183.

Wisnawa, I., Sutapa, I. K., & Prayogi, P. A. (2021). Manajemen Pemasaran Pariwisata Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan. Deepublish.

Winarni, E. D. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitaf Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas Research and Development. Bumi aksara.

Wulandari, R. W., Sidanti, H., & Kadi, D. C. A. (2022, October). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga, dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Zain, N. A. M., Zahari, M. S. M., & Hanafiah, M. H. (2018). Food and tourism destination image: Moderating effect of local food consumption. E-Review of Tourism Research, 15(1), 21–36.

Zaqiatun, R. (2023). Pengaruh Aksesibilitas, Fasilitas Dan Citra Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Kidung Kampoengku Karangnangka Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter