Pengaruh Variasi Produk, Citra Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Gerai Mixue Anjungan Mall Pelabuhan Eksekutif Bakauheni)
Sari
Mixue merupakan salah satu bisnis waralaba yang berasal dari Tiongkok yang menawarkan beberapa varian cream and tea. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel Variasi Produk, variabel Citra Merek, dan variabel Inovasi Produk Terhadap variabel Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Gerai Mixue Anjungan Mall Pelabuhan Eksekutif Bakauheni). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode survei, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah membeli Gerai Mixue di Anjungan Mall Pelabuhan Eksekutif Bakauheni. Dengan jumlah populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 190 responden. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa: secara parsial variabel Variasi Produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, dan variabel Inovasi Produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Secara simultan menunjukkan variabel Variasi Produk, variabel Citra Merek, dan variabel Inovasi Produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Saran bagi pelaku usaha seperti Gerai Mixue Anjungan Mall Pelabuhan Eksekutif Bakauheni tetap aktif dalam menciptakan menu baru yang unik, menjaga citra merek melalui pelayanan yang baik, serta konsisten melakukan Inovasi Produk agar tetap diminati konsumen dan mampu bersaing dengan Gerai serupa.
Kata Kunci: Variasi Produk, Citra Merek, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al Awaludin, QR, & Yusuf, A. (2024). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Mixue Cabang Karawang. Jurnal Tinjauan Ekonomi, 3 (3), 1239-1246.
Adel Andila Putri. (2023). 10 Provinsi dengan Gerai Mixue Terbanyak di Indonesia.Data.Goodstats.
https://data.goodstats.id/statistic/adelandilaa/10-provinsi-denganGerai Mixue-terbanyak-diindonesia-yfFmV.
Al Sukri, S., Prihastuti, A. H., & Miran, I. (2024). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. Jurnal Pajak dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 5(2), 463- 472.
Azizah, Y. N., Rizal, M., & Mahardani, A. S. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Lifestyle Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 4546-4555.
Baskara, A., Nurlenawati, N., & Triadinda, D. (2023). Pengaruh Variasi Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kulo Galuh Mas Karawang. Economicus, 17(2), 112-123.
https://www.bukalegal.com/artikel/45/mengenal-dua-saingan-serupa-Mixue- bingxue-dan-momoyo.
Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar.PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 219–232.
Chrysnaputra, R. D. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Trust terhadap Purchase Intention pada Jasa Umroh di Malang. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 68–89
Dita, A. V., Septianingsih, W. E., & Rahayu, J. (2024). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario Di Kecamatan Ambulu. Growth, 22(1), 1-16.
Ernawati, S., & Haryati, I. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Di Mixue Kota Bima. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 7(2), 177-190.
Firdaus Surya Putri, A., Muhtarom,A., & Kusbandono, D. (2023). Determinasi Variasi Produk,.kualitas pelayanan,.word of mouth dan lokasi terhadap. Peningkatan volume penjualan dimediasi loyalitas pelanggan pada toko oleh-oleh khas lamongan Hj. Fatimah (analisis metode-partial-least square (pls) – Structural Equation M. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(1), 99–114.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andi. Kojongian, A. S., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2022). Pengaruh Variasi
Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou. id pada Media Sosial Instagram. Productivity, 3(2), 157-161.
Karuniawan, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik Promosi dan Kualitas Produk terhadap Kesediaan Membeli Ulang Konsumen Body Lotion Scarlett Whitening/Marcell Karuniawan/26180336/Pembimbing: Bilson Simamora.
Kurniawan, KJ, Wahyudi, R., & Hellyani, CA (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kota Malang. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi , 1 (3), 231-242.
Lidia, L. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mixue di Kota Palembang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1).
Lionitan, W., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Word of Mouth dan Customer Satisfaction terhadap Purchase Intention Pelanggan Mixue di Cibubur. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 805–813.
Liyono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, electronic word of mouth (E-WOM) dan harga terhadap Keputusan Pembelian produk air minum galon crystalline pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73-91.
Mavilinda, E. S. D., & Susanti, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian tolak angin pada masa pandemi di surakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 213-221.
Megasari Manik, C., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Starbucks di Kota Medan. Journal of Social Research, 1(7), 694–707.
Parinussa, R., Salhuteru, A. C., & Pattipeilohy, V. R. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli Minyak Goreng Camar Pada Minimarket Indomaret Cabang Diponegoro Kota Ambon. Jurnal Administrasi Terapan, 3(1), 27- 35.
Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ: International Journal of Business, 4(2), 62-69.
Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), 121-134.
Putri, V. S., Febriansah, R. E., & Sari, D. K. (2024). Pengaruh Citra Merek, Electronic Word Of Mouth dan Harga terhadap Purchase Intention pada Produk Mixue di Kecamatan Sidoarjo. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 1490-1508.
Purwianti, L., Agustin, I. N., Syaharni, D. S., Fauzi, E. G., Then, L., Sirait, S., & Flesya, V. (2023). Analisis Pengaruh Marketing Mix dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Mixue di Kota Batam. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 6(3), 229.
Putra, EY, & Chou,V (2022). Analisis niat membeli layanan streaming online di kota batam pada masa pandemi Covid-19. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16 (2), 286-298.
Regindratama, A. (2023). Pengaruh Variasi Produk dan tata letak tampilan terhadap Keputusan Pembelian melalui word ofmouth sebagai variabel mediasi di toko SRC Jumasri. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi , 7 (2).
Saputro, SH, & Widyastuti, M. (2022). Analisis Minat Dan Keputusan Pembelian Melalui Harga, Kualitas Dan Inovasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis , 92- 102.
Septiani, S., & Prambudi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 153–168.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syahputri, AZ, Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berpikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran , 2 (1), 160-166.
Syofyandi, S. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Iphone (Studi Pada Masyarakat Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Vianita, R., Hidayati, N., & Zamzam, NAN (2025). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada GTT Pusat Oleh-Oleh Kediri. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis , 16 (01), 132-146.
Yusuf, A. (2021). Pengaruh inovasi produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada produk smartphone Oppo di Kota Tangerang Selatan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2 (1), 472–481.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9242
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional